4 Produk Asuransi untuk Motor Yamaha

asuransi motor yamaha

Yamaha merupakan salah satu merek sepeda motor favorit masyarakat Indonesia. Sama seperti kendaraan roda dua lainnya, motor yang asalnya dari Jepang ini juga tidak bebas dari risiko rusak atau kehilangan. Salah satu cara agar tabungan dana darurat Anda tidak terkuras untuk biaya perbaikan adalah dengan menggunakan asuransi sepeda motor Yamaha berikut ini.

Manfaat Memiliki Asuransi Motor

asuransi motor yamaha

Sama halnya dengan asuransi mobil yang melindungi nasabah dari kerugian finansial akibat perbaikan atau kehilangan kendaraan, asuransi motor juga demikian.

Tiap perusahaan asuransi menawarkan perlindungan dari kerusakan akibat benturan, tabrakan, tubrukan sampai dengan kehilangan karena pencurian.

Jadi, beban Anda akan lebih ringan ketika mengalami risiko tersebut karena risiko telah dibagi dan dialihkan ke pihak asuransi.

Selain itu umumnya, dengan memiliki asuransi motor Anda pun juga sudah dilengkapi dengan asuransi jiwa. Biasanya bentuk klaimnya berupa santunan dengan catatan pemegang polis mengalami kecelakaan yang berakibat pada cacat permanen hingga tak mampu bekerja, atau kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa pemegang polis.

Manfaat lain memiliki asuransi motor adalah sepeda motor Anda akan terlindung secara finansial. Misalnya ketika mengalami tabrakan yang mengakibatkan motor rusak parah Anda hanya perlu menghubungi pihak asuransi.

Nanti pihak asuransi akan membantu dan motor Anda akan langsung ditangani. Berbeda jika Anda tidak memiliki asuransi, dana darurat terpaksa harus terkuras.

Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Motor Yamaha

 

Premi asuransi motor adalah biaya asuransi yang harus dibayarkan untuk mendapatkan manfaat pertanggungan untuk sepeda motor Yamaha Anda.

Besaran harganya berbeda-beda, tergantung kondisi kendaraan, wilayah, jenis polis, dan jaminan tambahan.

Besaran premi asuransi sepeda motor sendiri sangat bergantung pada tiga hal, yaitu:

  • Kisaran harga motor
  • Wilayah tempat kita tinggal
  • Perluasan yang diinginkan

Asuransi Motor All Risk

Asuransi Motor All Risk atau Comprehensive umumnya memberikan perlindungan terhadap motor apabila terjadi kecelakaan kecil, besar, hingga kehilangan.

Uang Pertanggungan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Semua uang pertanggungan 3,18% – 3,50% 3,18% – 3,50% 3,18% – 3,50%

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Asuransi Motor TLO

Asuransi Motor Total Loss Onlye atau TLO memberikan perlindungan pada motor dari risiko kehilangan. TLO menjamin risiko akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Uang Pertanggungan Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Semua uang pertanggungan 1,76% – 2,11% 1,80% – 2,16% 0,67% – 0,80%

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Asuransi Motor Yamaha

asuransi sepeda motor yamaha

Saat ini terdapat sejumlah perusahaan asuransi umum yang menawarkan produk asuransi untuk sepeda motor dengan manfaat yang menarik. Berikut adalah rekomendasi dari CekPremi.

1. Asuransi Zurich Motopro (sebelumnya Adira Motopro)

Produk asuransi sepeda motor, Motorpro, dari Zurich memberikan perlindungan Total Loss Only (TLO) terhadap sepeda motor Yamaha kesayangan Anda. Perlindungan ini memberikan ganti rugi jika motor hilang atau kerusakan total lebih dari 75 persen.

Produk ini juga dapat dilengkapi dengan perluasan jaminan kecelakaan diri, biaya perawatan medis, dan jaminan tanggung jawab pihak ketiga.

Paket perlindungan yang ditawarkan ada dua yakni Motopro Classic  dan Motopro Classic Plus yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Adapun syarat dan ketentuan untuk menggunakan Asuransi Zurich antara lain: maksimal kendaraan usia tujuh tahun, penggunaan kendaraan bisa pribadi dan dinas, periode pertanggungan satu tahun, dan perlengkapan tambahan tidak dapat dijamin dalam produk ini.

Keduanya sama-sama memberikan manfaat berupa:

  • Penggantian sebesar 100% uang pertanggungan atas kerusakaan / kerugian total (>75%) dari kecelakaan, kebakaran, maupun pencurian
  • Perluasan jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga maksimal Rp10 juta

Selain itu, Anda juga dapat memilih perluasan jaminan yang meliputi:

Kecelakaan Diri

Jaminan karena kecelakaan yang dialami pengemudi. Penggantian maksimal sebesar harga pertanggungan bagi pengemudi yang menyebabkan kematian atau cacat tetap total.

Biaya Pengobatan

Penggantian biaya pengobatan bagi pengemudi akibat kecelakaan saat berkendara. Biaya pengganti maksimal sebesar 10 persen dari limit kecelakaan diri, selama periode asuransi.

Angin Topan, Banjir, Badai, Hujan Es, Genangan Air, dan Tanah Longsor

Penggantian dengan persentase mencapai 75 persen atau lebih dari nilai pasar kendaraan tersebut.

Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga

Ganti rugi karena tuntutan pihak ketiga atas kendaraan yang dipertanggungkan akibat sebuah kejadian atau peristiwa yang terjadi secara langsung.

2. Asuransi Simas Motor

Simas motor adalah produk asuransi kendaraan bermotor dari PT Asuransi Sinar Mas yang memberikan perlindungan khusus untuk kendaraan roda dua Yamaha kesayangan Anda. Jaminan dasarnya adalah TLO.

Kendaraan roda dua yang dapat diasuransikan dalam simas motor adalah kendaraan roda dua yang digunakan untuk keperluan pribadi atau dinas (kendaraan ojek tidak bisa) dengan maksimum usia motor Yamaha Anda 10 tahun.

Untuk preminya dibayarkan pertahun atau sesuai dengan periode polis. Produk simas motor dapat dibeli melalui beberapa cara :

  • Secara online melalui website www.sinarmas.co.id
  • Melalui Call Center Simas di nomor 021 5050 9999, atau
  • Datang langsung ke kantor cabang Asuransi Sinar Mas terdekat.

Terkait besarnya OR (Own Retention/Resiko Sendiri) bila terjadi klaim simas motor  adalah sebesar 10 persen dari Nilai pertanggungan, minimal Rp 750.000,-.

3. Asuransi Sahabat Insurance

Per 31 Maret 2020 PT Bess Central Insurance berganti nama menjadi PT Asuransi Sahabat Artha Proteksi atau Sahabat Insurance.  Sahabat Insurance menjamin kendaraan roda dua seperti sepeda motor termasuk Yamaha, skuter, dan kendaraan sejenis lainnya.

Risiko yang ditanggung oleh Sahabat Insurance antara lain kerusakan akibat tabrakan, pencurian huru-hara, bencana alam, dan risiko atas tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Proses klaimnya diklaim cepat, profesional, dan didukung oleh jaringan bengkel rekanan yang luas.

4. Astra Garda Motor

Garda Motor merupakan produk unggulan dari Asuransi Astra. Produk ini dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk sepeda motor Yamaha kesayangan Anda.

Garda Motor hanya menawarkan asuransi sepeda motor berjenis TLO yang menjamin bila motor Anda membtuhkan biaya perbaikan lebih dari 75 persen atau hilang karena pencurian.

Produk ini juga dapat diperluas dengan jaminan seperti Perluasan Jaminan Kecelakaan Diri Pengemudi atau Perluasan Jaminan Kecelakaan Diri Pengemudi dan Penumpang.

Simulasi perhitungan premi Asuransi Garda Motor untuk motor Yamaha sebagai berikut.

Tertanggung A memiliki motor Yamaha seharga Rp20.000.000 untuk produk Garda Motor dengan jaminan TLO dan tarif 1,80%.

Maka besarnya premi adalah Rp20.000.000 x 1,80% = 410.000 ditambah biaya administrasi polis.

Apabila pada masa periode Asuransi terjadi kerusakan atau kerugian total yang setelah diestimasi harga motor sesaat sebelum terjadinya kerugian sebesar Rp19.500.000, maka Tertanggung A akan memperoleh penggantian sebesar Rp19.500.000 dikurangi risiko sendiri sesuai yang tercantum dalam Ikhtisar Pertanggungan.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengujungi website Astra Garda Motor atau menghubungi Call Center Garda Akses di 1500112.

Terkait prosedur klaimnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melaporkan kejadian dengan membawa fotokopi KTP dan SIM serta surat keterangan polisi. Setelah itu, pihak Astra akan melakukan investigasi kejadian dan hasil investigasi tersebut akan diinformasikan kepada Anda. Setelah itu, kompensasi akan dibayarkan.

Itulah beberapa rekomendasi asuransi motor Yamaha yang bisa Anda cek dan pertimbangkan.

Dengan memiliki asuransi motor Yamaha terbaik tersebut, Anda dan motor kesayangan Anda akan mendapat perlindungan dari risiko kerusakan atau kehilangan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir menguras tabungan apabila motor Yamaha Anda rusak atau bahkan hilang.

Sebagai gantinya, Anda hanya wajib membayar premi asuransi tepat waktu sesuai dengan ketentuan polis.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai produk asuransi motor, Anda bisa mengunjungi Asuransi Motor di CekPremi untuk informasi selengkapnya.

 

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →