Alternator, Seberapa Penting Bagi Mobil

alternator

Mobil kita suka bermasalah namun kita menganggapnya adalah aki dari kendaraan ini yang bermasalah. Padahal bisa saja itu bermasalah pada alternator kendaraan.

Alternator juga biasa disebut dengan dinamo. Dinamo sendiri merupakan suatu alat atau komponen pembangkit listrik yang ada dalam setiap kendaraan bermotor, termasuk mobil.

Kendaraan sendiri membutuhkan listrik yang merupakan komponen penting dalam kendaraan tersebut.

Nah, alternator atau dinamo ini berperan sebagai alat pembangkit listrik bagi komponen dalam kendaraan yang membutuhkan listrik ini seperti lampu, AC mobil, tape mobil, dan juga wiper.

Fungsi Alternator

Alternator pada kendaraan yaitu sebagai alat pembangkit listrik bagi komponen-komponen kendaraan bermotor yang membutuhkan tenaga listrik.

Kita yang kurang mengerti tentang hal seperti ini, mungkin hanya mengetahui bahwa sumber dari kelistrikan berasal dari aki.

Maka dari itu ketika ada komponen-komponen kendaraan sedang bermasalah, pasti kita mengiranya adalah aki yang rusak atau bermasalah.

Faktanya, ternyata dinamo ini lah yang berfungsi sebagai penyuplai listrik ke semua komponen dalam mobil.

Nah, fungsi utama dari alat ini yaitu mengubah energi kinetis menjadi energi listrik dan akan berfungsi ketika kendaraan dalam keadaan hidup.

Setidaknya ada 6 bagian alternator yang bekerjasama sehingga komponen ini bisa berfungsi optimal.

Komponen-komponen dalam Alternator

Untuk menunjang perubahan energi kinetis menjadi energi listrik, dinamo ini tidak bisa bekerja dengan optimal jika sendirian.

Ada komponen-komponen lain yang menunjang pengoptimalan kerja dari alat ini.

Apa saja komponen-komponen yang membantu fungsi pembangkit listrik ini?

  • Cover Alternator

Komponen-komponen dinamo atau pembangkit listrik berada pada bagian ini. Bentuknya seperti lubang dan itu juga memiliki fungsi sendiri.

Komponen ini memiliki fungsi sebagai sebagai alat pendingin untuk mencegah mesin mengalami overheat, rusak, atau bisa saja terbakar.

  • Pulley Alternator

Komponen ini memiliki bentuk seperti roda. Roda ini akan dihubungkan dengan sebuah belt. Terhubungnya dua alat itu akan menyebabkan pulley ini bisa berputar dan memutar rotor oil yang ada pada di bagian dalam.

  • Bearing

Bearing merupakan tumpuan dari ujung-ujung rotor coil untuk berputar. Bearing ini juga terdapat lebih dari satu.

  • Regulator

Regulator ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi pengoptimalan fungsi kerja dari alternator. Dengan menggunakan regulator, tegangan yang dihasilkan oleh pembangkit listrik ini akan tetap stabil meskipun rpm dari kendaraan naik dengan cepat. Regulator juga berfungsi untuk mesin tidak akan cepat rusak akibat tegangan listrik yang naik dan turun.

  • Dioda

Tegangan listrik yang dihasilkan oleh alternator biasanya merupakan arus bolak balik. Melalui alat dioda ini arus listrik bisa diubah menjadi arus searah yang akan dialirkan ke dalam komponen yang membutuhkan listrik.

  • Rotor Air

Rotor air ini berbentuk gulungan yang berfungsi untuk mengubah energi magnet menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan ini lah yang nantinya akan diolah dan kemudian disalurkan ke brush dan dioda. Nah dari sinilah tenaga listrik yang dibutuhkan komponen mobil akan didapatkan.

Komponen-komponen yang ada pada pembangkit listrik atau dinamo ini akan bekerja dengan baik jika komponen-komponen itu berfungsi juga.

Bila satu komponen yang membantu pengoptimalan fungsi alternator tidak berfungsi dengan baik, maka akan berpengaruh pada kerja alat ini secara keseluruhan, dan dengan demikian fungsinya juga tidak akan menjadi sempurna.

Cara Kerja Alternator

Pasti pagi orang awam juga ingin tau, bagaimana sih caranya alat ini bekerja?

Alat ini bekerja sama dengan komponen-komponen lain yang sudah disebutkan di atas.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, alat ini akan bekerja jika mesin dari kendaraan sudah dinyalakan.

Pertama, ketika mesin sudah dinyalakan pulley alternator akan mulai bekerja dan memutar rotor coil yang ada di dalamnya.

Pada waktu ini lah diode akan mengubah tegangan bolak balik yang dihasilkan menjadi tegangan searah. Tegangan yang dihasilkan ini juga akan dialirkan ke aki.

Dari hasil kerja itu, biasanya juga tegangan yang dihasilkan tidak stabil. Hal ini bisa berakibat merusak mesin karena mesin bisa menjadi panas, terbakar, dan juga overheat.

Mak dari itu, fungsi regulator lah yang nanti menstabilkan tegangan listrik yang dihasilkan dengan bantuan rectifier dan kipas yang menghasilkan sirkulasi udara.

Itu tadi fungsi dari alternator kendaraan dan cara kerjanya. Selain mengetahui hal-hal tersebut, kamu juga perlu memberikan perlindungan seluruhnya terhadap mobil kamu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]