Aman Berkendara Dikondisi Jalan Yang Basah

Jan - 24
2019
Tips Aman Berkendara

Aman Berkendara Dikondisi Jalan Yang Basah

Tips Aman Berkendara

Berkendara dalam kondisi hujan dan jalanan yang basah membuat pengemudi dituntut untuk lebih berhati – hati karena kondisi permukaan jalan yang basah dan licin membuat pengendalian kendaraan menjadi lebih sulit.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

 

Berikut adalah tips aman berkendara dikondisi cuaca hujan dan jalan basah.

 

Kurangi kecepatan

 

Hal pertama yang harus dilakukan pengendara di kondisi jalan basah adalah mengurangi kecepatan agar tidak tergelincir.

 

Memperlambat laju kendaraan dapat membuat ban memiliki kontak yang lebih besar dengan permukaan jalan sehingga daya cengkram ban menjadi  lebih optimal.

 

Pemeriksaan rutin pada ban

 

Pengendara harus memeriksa tekanan ban secara berkala karena kondisi ban kempes atau terlalu keras tidak hanya membuat mobil tergelincir di permukaan basah, namun juga berbahaya di kondisi jalan kering.

 

Kembang ban juga harus diperhatikan, karena kembang yang bagus dapat mencegah ban tergelincir akibat aquaplaning saat menerjang genangan air.

 

Jaga jarak aman

 

Cuaca basah menuntut pengemudi untuk ekstra hati-hati dalam berkendara serta selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

 

Jaga jarak sangatlah penting dilakukan karena rem membutuhkan waktu lebih lama untuk berhenti di jalanan basah daripada di jalanan kering.

 

Tetap tenang & Jangan panik

 

Jika sampai terjadi selip yang mengakibatkan mobil tergelincir di atas permukaan licin maka hal yang harus diingat adalah tetap tenang dan jangan panik.

 

Pengemudi harus tetap tenang agar bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mengendalikan kendaraan dengan cara menginjak pedal rem secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *