Apa Asam Lambung itu? Simak Tips agar Asam Lambung Tidak Naik!

Sakit Perut karena Asam Lambung

Sudah sangat akrab dengan istilah asam lambung bukan? Ya, sering kali kita mendengar jawaban “maaf, asam lambungnya sedang naik” dari teman,keluarga atau kerabat terdekat saat ditawarkan makanan atau minuman.

Lalu, apa itu sebenarnya asam lambung? Kenapa sering kali kita mendengarnya bisa naik? Yuk, simak beberapa penjelasan berikut ini!

  • Pengertian

Sebenarnya, pengertian asam lambung adalah cairan asam yang terdiri dari kalium klorida, natrium klorida, dan asam klorida yang berfungsi mencerna makanan dan enzim pencernaan untuk memecah protein.

Tetapi, istilah asam lambung sering kali disalah artikan sebagai penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Pasalnya, cairan asam dalam tubuh harus seimbang, tidak kurang atau lebih. Normalnya, pH di lambung berkisar antara 1 – 3. 

Sehingga apabila lambung menghasilkan jumlah asam yang terlalu banyak, gangguan lambung pun dapat terjadi. Hal ini dapat menyebabkan aliran balik asam lambung yang naik ke kerongkongan. Sebagian besar orang biasa menyebutnya juga sebagai penyakit magh atau GERD.

  • Penyebab dan Gejala 

Penyakit ini terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi ini berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), penderita obesitas, ibu hamil, perokok, pengonsumsi beberapa golongan obat dan penderita riwayat penyakit, seperti gastritis, GERD, infeksi H. pylori, IBD, tukak lambung, kanker lambung, dan sebagainya.

Gejala utama dari penyakit ini naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini, dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, maag, sesak napas, mulut terasa asam, kembung, dan rasa kenyang yang berlebihan.

  • Pencegahan

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah agar asam lambung tidak naik adalah dengan membiasakan pola hidup sehat.

Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dari rumah dengan cara makan pada waktu yang teratur, tidak makan berlebihan, konsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak, melakukan aktivitas yang cukup, olahraga, istirahat saat kelelahan, dan mengelola stress.

Beberapa metode lainnya yang juga dapat dilakukan sebagai pencegahan, antara lain:

  • Makan dengan porsi yang lebih kecil, tetapi lebih sering dan ubah jenis makanan yang dikonsumsi
  • Hindari makanan pedas dan asam
  • Kurangi asupan coklat dan tomat
  • Konsumsi beberapa tanaman herbal seperti jahe
  • Jauhi minuman berkafein seperti kopi, serta minuman beralkohol dan minuman berkarbonasi
  • Berhenti merokok
  • Tidur dengan menggunakan alas kepala yang lebih tinggi dari badan
  • Makan paling tidak 2–3 jam sebelum tidur
  • Tidur di kursi saat tidur siang
  • Tidak langsung berbaring setelah makan
  • Saat alami obesitas, ada baiknya kurangi berat badan 

 

  • Pengobatan

Cara mengobati penyakit yang kerap disebut sebagai maag ini bergantung pada beragamnya penyebab dan tingkat keparahan. Jika kamu sudah melakukan upaya  pencegahan tetapi masih merasakan gejalanya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan penghambat juga pengurang asam lambung yang disesuaikan dengan gejala dan penyebabnya pada penderita, seperti antasida, H2 blocker, proton pump inhibitor (PPI) dan antibiotik.

Dokter juga dapat memberikan obat untuk meredakan maag. Jika cara tersebut belum dapat mengatasi penyakit ini, operasi dapat dilakukan.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu jadi overthinking apabila jatuh sakit di waktu yang akan datang? Tenang, agar aman dari pusing yang terjadi karena membutuhkan biaya untuk pengobatan saat sakit, kamu sangat bisa untuk gunakan penawaran layanan asuransi kesehatan dari Cekpremi.

Dengan menggunakan asuransi kesehatan Cekpremi, kamu bisa dapatkan cashback sebesar 10% dari premi yang kamu bayarkan. Kamu hanya perlu budget sebesar Rp600.000 untuk mulai membayar premi per tahunnya lho!

Selain itu, Cekpremi juga telah bekerja sama dengan Mitra yaitu perusahaan-perusahaan asuransi ternama dalam memberikan layanan asuransi kesehatan untuk keluarga maupun karyawan. 

Teruntuk kamu yang ingin menghemat budget untuk asuransi kesehatan keluarga, kamu bisa menggunakan layanan dari Pacific Cross Malacca Trust untuk produk asuransi M-Safe yang ditawarkannya. Kamu juga bisa memilih Lippo Healthplus, jika punya budget lebih dan ingin mendapatkan proteksi maksimal. Yuk langsung saja kunjungi Cekpremi dan dapatkan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik!

Pertanyaan Seputar Kesehatan

Berikut adalah pertanyaan dan jawaban yang pastinya sering kamu ajukan.

Apa itu penyakit asam lambung?

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang diakibatkan oleh terlalu banyaknya produksi cairan asam di dalam lambung, sehingga akan terjadi gangguan pada lambung.

Apa itu layanan asuransi kesehatan Cekpremi?

Layanan asuransi kesehatan Cekpremi adalah layanan asuransi kategori kesehatan yang ditawarkan oleh Cekpremi, yang mana telah bekerja sama dengan Mitra yakni perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan ternama.