Apa Itu Biodiesel, dan Manfaatnya untuk Lingkungan

bio diesel

Apa itu biodiesel? Biodiesel adalah salah satu bahan bakar alternatif menjanjikan dan bersifat ramah lingkungan. Hal ini disebabkan kebutuhan bahan bakar minyak yang terus meningkat, sehingga dapat menyebabkan eksploitasi dan konsumsi energi minyak bumi semakin tinggi.

Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan cadangan pada minyak bumi menjadi semakin menipis. Berikut ini adalah penjelasan rinci mengenai biodiesel agar kamu dapat mengetahui lebih jelas.

Apa itu Biodiesel?

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan pengeksploitasian energi dari minyak bumi, yaitu dengan cara mencari sumber energi terbarukan. Agar sumber energi tersebut dapat diproduksi secara terus menerus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Contohnya seperti pengembangan bahan bakar nabati atau dikenal dengan nama biodiesel. Biodiesel adalah bahan bakar nabati untuk aplikasi mesin diesel, yang terbuat dari minyak nabati atau lemak hewani melalui proses esterifikasi atau transesterifikasi.

Sehingga biodiesel dapat menjadi salah satu pilihan bahan bakar alternatif pengganti diesel. Bahan bakar ini juga dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan solar. Agar dapat menjadi bahan bakar, tentu pengolahan minyak nabati diimplementasikan dengan komposisi khusus.

Hadirnya biodiesel dapat membantu untuk menggantikan minyak bumi sebagai penggunaan bahan bakar mesin diesel. Karena minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, jika diambil terus menerus tentu akan segera habis dalam waktu yang singkat.

Karena biodiesel menjadi pilihan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan, tentunya memiliki banyak manfaat baik. Apa saja manfaat biodiesel bagi lingkungan?

Apa itu Biodiesel dan Manfaatnya Bagi Lingkungan?

Manfaat bagi lingkungan yang didapat dari apa itu biodiesel, yaitu:

  1. Mengurangi emisi karbon monoksida
  2. Berkurangnya limbah nabati
  3. Aman dalam penyimpanan karena tidak mengandung racun
  4. Tidak membutuhkan teknologi tinggi saat proses pembuatannya
  5. Limbah proses pengolahan biodiesel adalah zat cair yang dapat diolah kembali menjadi bahan utama untuk pembuatan sabun
  6. Tidak memiliki efek samping bagi kesehatan karena dapat menurunkan emisi

Keenam manfaat tersebut berdampak baik bagi lingkungan. Biodiesel tidak memiliki efek bagi kesehatan karena dapat menurunkan emisi jika dibandingkan dengan minyak diesel. Penggunaan bahan bakar ini dapat kamu gunakan secara murni atau dicampur.

Namun hanya kendaraan dengan mesin diesel saja yang dapat menggunakan bahan bakar alternatif biodiesel ini. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun penggunaan biodiesel juga memiliki tantangan tersendiri, yaitu:

Tantangan dari Apa itu Biodiesel

  • Ketersediaan

Biodiesel dan bahan bakar nabati lainnya dapat diperbaharui, namun untuk menghasilkan bahan bakar ini dibutuhkan lahan yang luas. Sehingga ketersediaan lahan yang luas juga sangat dibutuhkan.

Permasalahan yang terjadi yaitu meningkatnya jumlah populasi yang berarti jumlah kebutuhan bahan makanan akan meningkat. Namun tumbuhan yang menjadi bahan utama biodiesel juga membutuhkan lahan yang sama.

Sehingga penggunaan prioritas lahan untuk sumber bahan baku biodiesel dapat mengganggu suplai bahan pangan bagi manusia.

  • Harga

Harga bahan bakar nabati terhitung lebih tinggi dibandingkan dengan harga dari bensin atau solar. Selain itu untuk memproduksi biodiesel juga membutuhkan pabrik dalam pengolahan bahan baku.

Pada proses pembuatannya membutuhkan investasi cukup besar. Sehingga harga jual biodiesel menjadi lebih mahal dibanding minyak bumi.

Bantu menjaga lingkungan dengan menggunakan bahan bakar alternatif biodiesel. Bahan bakar ini dapat digunakan untuk kendaraan berat baik itu model lama atau model baru.

Selain itu, biodiesel dapat membuat proses pembakaran pada mesin kendaraan lebih bersih, serta dapat membersihkan bagian dalam mesin dan membuat kinerja mesin lebih efisien.

Jika kamu beralih menggunakan biodiesel, imbangi dengan menggunakan asuransi agar berkendara semakin aman untuk mengantisipasi segala sesuatu di masa mendatang. Kunjungi Cekpremi untuk rekomendasi asuransi sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Apa itu Biodiesel

Bagi beberapa orang yang belum memahami manfaat biodiesel, berikut ini adalah pertanyaan yang sering muncul terkait apa itu biodiesel, yaitu:

Asuransi Mobil

Apa kelebihan dari biodiesel?

Mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur, dan hujan asam. Pembuatan biodiesel dapat mengurangi sampah dan limbah lingkungan.

Apa perbedaan biodiesel dan biofuel?

Biodiesel terbuat dari minyak tumbuhan seperti minyak sawit mentah, minyak kelapa, minyak ikan, minyak nyamplung, minyak jarak,dan palm fatty acid distillate (PFAD). Sedangkan biofuel terbuat dari materi nabati hidup seperti tanaman sementara.