Apa Itu Diesel Runaway? Berikut Penjelasannya

tune up mobil

Pernahkah kamu mendengar istilah diesel runaway pada mobil? Bagi pemilik kendaraan dengan bahan bakar diesel, mungkin pernah mengalami hal ini.

Khususnya jika menggunakan mobil berbahan bakar diesel tahun lama. Sebenarnya apa yang dimaksud diesel runaway?

Pengertian Diesel Runaway

Diesel runaway merupakan suatu kondisi dimana ketika mesin mobil selalu hidup, dan tidak dapat dimatikan atau dikontrol. Ciri dari gejala ini, yaitu mesin berputar cukup tinggi, dengan mengeluarkan asap putih yang mengepul di ujung knalpot.

Ketika hal ini terjadi, meskipun kamu telah mencabut kunci atau mematikan kunci, namun mesin tetap tidak mati. Sehingga secara otomatis kondisi ini tentu membuat pengendara menjadi sangat panik.

Para pemilik mobil wajib mengetahui penyebab dan cara mengatasi gejala ini. Oleh karena itu, berikut merupakan penyebab dari terjadinya diesel runaway.

5 Penyebab Diesel Runaway

1. Komponen Macet

Komponen yang dimaksud, yaitu plunger atau element. Karena komponen inilah yang dapat menjadi penyebab dari terjadinya diesel tak bisa dimatikan.

Ketika plunger macet, posisinya yang telah terbuka penuh tidak dapat kembali ke idle, karena seluruh plunger telah terhubung. Jadi meskipun pedal gas telah ada di posisi idle, namun fuel injection pump tetap mengalirkan solar dalam jumlah banyak.

2. Pinion atau Control Sleeve yang Macet

Saat control sleeve macet, maka plunger tidak dapat melakukan injeksi bahan bakar menuju ruang bakar. Penyebab ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu bospom in line atau distributor.

Umumnya hal ini terjadi pada bospom distributor yang control sleeve nya macet. Sehingga dapat merusak governor lever assembly, serta ketidakmampuan plunger untuk mengatur injeksi bahan bakar pada ruang bakar.

3. Kegagalan Governor Mobil

Governor adalah komponen yang terdapat pada mesin diesel, memiliki fungsi untuk mengatur debit bahan bakar sesuai dengan putaran mesin. Selain itu, governor dapat menjaga mesin agar tidak overrunning saat putaran tinggi.

Jika komponen ini tidak berfungsi dengan seharusnya, dapat mengakibatkan terjadinya diesel tak bisa dimatikan.

4. Metering yang Macet

Metering memiliki fungsi, yaitu untuk mengontrol jumlah pasokan bahan bakar pada rotor head bospom inline dengan tipe DPA, DPC, dan DPS. Jika metering berada dalam kondisi macet, dapat mengakibatkan diesel runaway.

Hal tersebut dikarenakan adanya kotoran dan juga air yang mengganggu kinerja metering, sehingga membuat metering menjadi tidak berfungsi sesuai dengan semestinya.

5. Terjadi Kebocoran Pada Oli

Oli yang bocor juga dapat menjadi penyebab atas gejala diesel tak bisa dimatikan. Karena dengan kebocoran oli dapat membuat celah piston plus ring dengan line jaraknya menjadi terlalu lebar.

Sehingga kamu harus rutin melakukan pengecekan kondisi oli, untuk memastikan agar tidak terjadi kebocoran. Tidak hanya mengecek oli, kamu juga perlu ngecek beberapa komponen lain seperti filter solar, filter udara, dan lain sebagainya.

Ketika mobil yang kamu miliki mengalami kondisi ini, kamu dapat meminggirkan mobil di tempat yang aman. Lalu aktifkan rem tangan, dan posisikan tuas transmisi pada posisi netral.

Setelah melakukan hal tersebut, kamu dapat menerapkan beberapa cara berikut ini, yaitu:

  • Menunggu hingga solar habis
  • Mematikan mesin dengan cara menarik rem tangan, injak rem, dan memasukkan persneling pada gigi tertinggi. Lalu kamu dapat melepaskan pedal kopling perlahan.
  • Menutup saluran udara dengan menggunakan benda yang besar dan rata, agar tidak terhisap dan tidak merusak mesin.

Kondisi diesel seperti ini tentu dihindari oleh seluruh pemilik mobil karena dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil. Agar kamu dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, menggunakan asuransi adalah salah satu solusinya.

Keamanan dapat terjamin jika terjadi kerusakan pada mobil, karena asuransi akan menjamin kerugian akibat kerusakan. Pilih asuransi terbaik melalui Cekpremi, sehingga kamu mengetahui mana asuransi yang akan digunakan.

Pertanyaan Seputar Diesel Runaway

Kondisi seperti ini tentu dihindari oleh seluruh pemilik mobil, sehingga kamu harus rutin melakukan pengecekan kondisi mobil. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar diesel error dan tak bisa dimatikan, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Kenapa bisa terjadi diesel runaway?” answer-0=”Terjadi kerusakan pada bagian pompa bahan bakar, kerusakan mesin ECU, atau kebocoran seal. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa kelemahan dari mesin diesel?” answer-1=”Menghasilkan asap knalpot tebal, dan suara mesin yang berisik ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]