Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan di 2021?

Mei - 11
2021
apartemen vs rumah

Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan di 2021?

Kebutuhan akan properti semakin meningkat setiap tahunnya, setiap orang menginginkan tempat tinggal yang dekat dengan kantor. Namun rasanya susah jika ingin rumah yang dekat dengan lokasi kantor, mengingat harga rumah sudah semakin tinggi. Maka dari itu apartemen hadir sebagai solusi, lokasi apartemen yang biasanya strategis dan fasilitas juga sudah lengkap membuat apartemen menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.

Namun apartemen juga memiliki kekurangan nya tersendiri, legalitas kepemilikan apartemen hanyalah sebatas sertifikat strata title (kepemilikan lahan bersama) Mari kita simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari apartemen dan rumah di artikel ini!

Kelebihan dan kekurangan apartemen

apartemen

Kelebihan apartemen

– Lokasinya yang strategis (biasanya dekat dengan wilayah perkantoran)

Kelebihan pertama yang bisa kalian dapat dari memiliki apartemen adalah lokasinya yang strategis dekat dengan perkantoran. Otomatis ongkos yang diperlukan tidaklah besar dan bisa menghemat tenaga.

– Fasilitas lengkap

Apartemen juga sudah dilengkapi oleh fasilitas yang memadai, mulai dari kolam renang, gym dan taman biasanya sudah disediakan oleh pihak apartemen. Selain itu juga ATM, minimarket dan pusat perbelanjaan juga dapat kalian temui dengan mudah di daerah sekitaran apartemen.

– Bebas banjir

Hal ini hanya berlaku bagi penghuni yang tinggal di bagian atas apartemen saja ya! Bangunan yang vertikal sangat menguntungkan penghuni jika sewaktu-waktu terjadi banjir karena otomatis lantai atas apartemen tidak akan terkena banjir. Namun bagi yang tinggal di lantai 2 atau 3 apartemen, resiko terkena banjir akan tetap ada.

– Harga yang lebih terjangkau

Apartemen memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah. Hal ini dikarenakan ruang yang lebih kecil dan lahan yang digunakan bersama. Beda halnya dengan rumah yang notabene nya menggunakan lahan sendiri dan ruang yang disediakan juga lebih besar.

Kekurangan apartemen

– Legalitas yang berupa strata kepemilikan

Kelemahan utama yang sering dijadikan pertimbangan adalah hak kepemilikan. Apartemen menggunakan lahan bersama yang otomatis legalitas lahan nya adalah lahan milik bersama. Hal ini membuat orang berfikir 2 kali sebelum membeli apartemen.

– Rawan gempa

Mengingat kita tinggal di bangunan vertikal, maka besar kemungkinan bangunan akan roboh jika terjadi gempa dengan skala besar. Pastikan kalian mempertimbangkan developer mumpuni yang mampu menjamin gedung aman dari ancaman gempa.

– Biaya maintenance yang cukup besar

Dengan kalian tinggal di apartemen, maka kalian diharuskan untuk membayar biaya maintenance bulanan. Biasanya biaya relatif tinggi, tergantung dari fasilitas apa yang disediakan oleh pihak apartemen.

Kelebihan dan kekurangan rumah

rumah

Kelebihan rumah

– Legalitas kepemilikan atas lahan

Kepemilikan atas lahan merupakan legalitas tertinggi dalam membeli aset properti. Ini artinya kalian merupakan pemilik yang sah dari lahan yang bersangkutan. Otomatis jika kalian membeli rumah, maka lahan dari rumah tersebut pun akan menjadi milik kalian.

– Mudah diperjual belikan

Status kepemilikan lahan yang jelas membuat rumah otomatis mudah untuk diperjualbelikan. Semakin tingginya kebutuhan atas tempat tinggal tentunya membuat rumah menjadi incaran utama para pembeli.

– Lingkungan sosial yang lebih ramah dan terbuka

Bagi kalian yang menyukai lingkungan sosial, maka rumah bisa dijadikan pilihan. Proses sosialisasi dengan tetangga otomatis akan terjadi dan jika bisa membangun hubungan yang baik maka suasana rumah pun akan lebih hangat.

– Bentuk investasi yang sangat menguntungkan

Setiap tahun harga rumah semakin meningkat, oleh karena itu memiliki rumah merupakan sebuah bentuk investasi juga. Bayangkan saja misalkan di tahun 2005 kalian membeli rumah seharga 300 juta di Jakarta dan sekarang harga rumah tersebut bisa berkembang hingga 1 miliar!

Kekurangan rumah

– Harga yang sudah mahal jika di pusat kota

Berhubung kita juga membeli lahan, harga rumah di pusat kota pun bisa menjadi sangat mahal. Bisa menyentuh di angka miliaran loh!

– Ancaman banjir

Pada saat terjadinya musim hujan, maka rumah otomatis akan rawan terkena banjir. Pastikan lingkungan rumah yang akan kalian beli bebas dari banjir ya!

Pilih mana apartemen atau rumah?

Semuanya disesuaikan dengan budget dan kebutuhan yang anda miliki sekarang. Jika uang yang dimiliki cukup untuk membeli rumah dan kalian cocok dengan lokasi maka belilah rumah. Namun jika kalian lebih memilih yang praktis maka apartemen merupakan pilihan yang cocok bagi kalian. Pastikan untuk menyesuaikan pilihan properti dengan kebutuhan kalian ya!

Pastikan aset berharga anda terlindungi dari berbagai macam resiko!

Setelah melihat biaya dan tenaga yang diperlukan untuk memiliki sebuah rumah/apartemen, maka ada baiknya kalian memberikan proteksi kepada aset-aset berharga kalian dengan asuransi properti. Kalian bisa membandingkan dan memilih produk asuransi properti yang terpercaya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi