Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Ketika Klaim Asuransi

asuransi dengan mobil pengganti

Mobil pengganti merupakan fasilitas yang banyak dicari oleh calon pemegang polis. Hal ini dikarenakan apabila mobil Anda sedang dalam perbaikan, perusahaan asuransi akan memberikan mobil yang sifatnya rental kepada Anda secara gratis. Mau mendapatkan fasilitas mobil pengganti secara gratis? Berikut ini adalah cara mendapatkan fasilitas mobil pengganti ketika Anda mengajukan klaim asuransi.

Penjelasan Asuransi Mobil Pengganti

fasilitas asuransi mobil pengganti

Mobil pengganti adalah fasilitas yang diberikan gratis oleh asuransi. Akan tetapi patut Anda catat bahwa tidak semua perusahaan asuransi dan produk asuransi memberikan fasilitas ini. Untuk itu, ketika Anda memilih sebuah produk asuransi baca dan cermati dengan baik isi yang terdapat dalam polis.

Ketika Anda menggunakan asuransi dengan fasilitas ini, mobil pengganti yang diberikan statusnya rental sehingga sifatnya sementara dan akan diberikan saat Anda mengajukan klaim asuransi mobil. Mobil pengganti yang diberikan juga pada umumnya setara dengan mobil yang Anda klaim di bengkel.

Karena sifatnya yang sementara jika Anda melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka Anda akan dianggap menyewa mobil tersebut dan Anda akan dikenakan tarif atau biaya tambahan.

Itu sebabnya Anda harus memperhatikan dengan baik-baik perjanjian asuransi Anda sebelum mengklaim asuransi yang memberikan fasilitas ini. Pastikan kalau klaim Anda cepat dilakukan oleh bengkel yang sudah Anda pilih sehingga Anda bisa mengembalikan mobil pengganti tersebut secara tepat waktu.

Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Ketika Klaim Asuransi

cara mendapatkan asuransi dengan mobil pengganti

Mobil pengganti tidak selalu ada dalam paket asuransi mobil, tergantung dari perjanjian yang tertera dalam polis asuransi Anda. Oleh karena itu sangat disarankan untuk Anda yang menginginkan fasilitas ini untuk memilih asuransi mobil yang menyediakan mobil pengganti seperti asuransi mobil Zurich atau asuransi mobil ACA.

Nah, prosedur untuk mendapatkan mobil pengganti ketika Anda mengajukan klaim adalah sebagai berikut.

1. Simpan Polis di Mobil dan Catat Nomor Klaim

Selalu simpan dengan baik salinan polis asuransi di dalam laci mobil dan ada baiknya juga bagi Anda untuk memfoto copy polis asuransi mobil Anda. Hal ini harus Anda lakukan agar proses pada saat mengajukan klaim ke customer service perusahaan asuransi lebih mudah.
Setelah melakukan proses klaim, maka Anda akan mendapatkan nomor klaim atau tiket klaim. Pastikan Anda memiliki nomor ini untuk memudahkan proses dan sebagai bukti Anda telah melakukan klaim asuransi mobil.

2. Tanyakan ke Bengkel Rekanan Berapa Lama Waktu Perbaikan

Bengkel rekanan yang sudah bermitra dengan perusahaan asuransi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memeriksa kendaraan Anda dan melakukan estimasi berapa lama waktu proses perbaikan.

Selain itu, Anda juga perlu untuk menanyakan kira-kira waktu selesainya kapan supaya Anda bisa memprediksi berapa lama menggunakan mobil pengganti agar tidak melebihi batas waktu sewa mobil pengganti tersebut.

Anda juga harus mempertimbangkan situasi dan kondisi bengkel rekanan apakah sedang banyak pengunjung atau apakah bisa langsung dikerjakan. Jika bengkel sedang ramai, maka Anda perlu mengawasi proses pengerjaan sehingga tidak molor atau apabila ada opsi bengkel lain yang dekat dengan tempat tinggal Anda mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk pindah bengkel.

3. Baca dan Pahami dengan Baik Prosedur dan Syarat Mendapatkan Mobil Pengganti

Setelah Anda mengetahui dari bengkel rekanan kira-kira kapan mobil Anda selesai diperbaiki, maka langkah berikutnya Anda harus menginformasikan hal ini ke pihak asuransi. Hal ini dikarenakan pihak asuransi pada umumnya hanya mau memberikan mobil pengganti jika kendaraan Anda harus menginap di bengkel.

Estimasi lama perbaikan mobil dari bengkel rekanan ini akan menjadi persyaratan mendapatkan kendaraan pengganti. Saat ini perusahaan asuransi sering bersaing dalam fasilitas ini karena menjadi daya tarik yang paling menarik bagi nasabah untuk membeli sebuah produk asuransi.

Selain itu Anda juga jangan lupa untuk menanyakan seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk biaya perbaikan pada bengkel tersebut. Setelah itu, buatlah daftar spare part atau komponen apa saja yang harus diganti dan bagian mana saja yang diperbaiki untuk kelengkapan membuat laporan ke perusahaan asuransi.

Itulah dia cara mendapatkan mobil pengganti ketika mengajukan klaim. Pertama, Anda harus memastikan bahwa nomor klaim sudah ada. Jangan memasukkan mobil ke bengkel ketika belum muncul nomor klaim.

Hal ini dikarenakan nomor klaim memiliki arti surat perintah kerja dari asuransi yang dapat diartikan bahwa proses klaim Anda sudah disetujui oleh perusahaan asuransi.

Kedua, yang patut diingat biasanya perusahaan asuransi mempunyai syarat untuk mendapatkan mobil pengganti adalah minimal dua hari proses pengerjaan di bengkel.

Ketiga, Anda harus memastikan bahwa pihak bengkel bisa langsung mengerjakan mobil Anda ketika masuk ke bengkel supaya cepat selesai. Perlu diingat biasanya perusahaan asuransi hanya memberi tenggang waktu lima hari untuk meminjamkan mobil pengganti. Di luar masa pakai itu, Anda akan dianggap sewa mobil tersebut.

Mau memiliki asuransi yang menyediakan fasilitas mobil pengganti? Yuk, cek asuransi mobil di CekPremi!