Asuransi Kendaraan Online dan Perannya Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Jul - 26
2019
Asuransi Kendaraan Online

Asuransi Kendaraan Online dan Perannya Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Kejadian mobil mogok di jalan memang terasa sangat menyulitkan. Apalagi bila Anda sedang berencana melakukan aktivitas yang penting dan mendesak. Bila Anda sudah memiliki asuransi kendaraan online, setidaknya masalah ini akan terasa lebih ringan. Namun, Anda tetap harus memahami tindakan pertama untuk mengatasi mobil mogok di jalan.

Simaklah ulasan tips berikut ini agar Anda mahir mengatasi kondisi mobil mogok di jalan:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Jangan Panik Dulu

Kepanikan berlebihan akan membuat Anda sulit berpikir. Justru Anda patut tetap tenang ketika mobil mulai mogok. Dengan demikian, Anda bisa memikirkan solusi selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Mulai Meminggirkan Mobil

Kalau kondisi mobil Anda masih memungkinkan, cobalah mengemudikannya menuju ke bahu jalan. Meminggirkan mobil sangat penting agar mobil Anda tidak menghalangi kendaraan lain yang sedang melintas di jalan. Saat sudah berada di bahu jalan, Anda lebih leluasa untuk mematikan mesin mobil dan melakukan tindakan penanggulangan lainnya.

Meminta Bantuan Orang Lain

Mobil yang benar-benar mengalami mati mesin di tengah jalan memang membuat Anda tak bisa berbuat banyak. Oleh sebab itu, Anda patut meminta bantuan orang lain, petugas Dinas Perhubungan, atau polisi lalu lintas yang ada di dekat Anda. Jangan ragu meminta bantuan untuk meminggirkan mobil. Sehingga mobil Anda bisa didorong ke bahu jalan demi mencegah kemacetan.

Memasang Tanda Khusus

Saat mobil sudah berada di bahu jalan, Anda wajib memasang tanda khusus yang menyatakan bahwa mobil Anda sedang mogok. Anda dapat memasang segitiga pengaman dan menyalakan lampu hazard. Supaya pengemudi yang melintas di bahu jalan bisa berpindah jalur setelah melihat tanda tersebut. Di samping itu, penggunaan tanda khusus juga akan mempermudah petugas derek untuk menemukan mobil Anda.

Memeriksa Lampu Indikator

Lampu indikator di dashboard dapat memberikan berbagai isyarat yang berhubungan dengan kerusakan mobil. Misalnya, ketika mobil mengalami overheat, kehabisan bahan bakar, kehabisan oli, atau kerusakan aki. Kalau masalah yang terjadi tidak disebabkan oleh gangguan mesin, Anda bisa mengatasinya secara mandiri.

Misalnya, Anda bisa menghentikan mobil sejenak agar temperatur mesin lekas turun dan bisa dinyalakan kembali. Anda juga dapat memesan jasa bengkel yang bisa mengganti aki saat mobil mogok di jalan. Bila ternyata bahan bakar mobil Anda habis, Anda harus mencari SPBU terdekat atau penjual bensin eceran untuk mengatasinya.

Mengenal Hal-Hal Lain yang Menyebabkan Mobil Mogok

Ada beberapa gangguan lainnya yang rentan menyebabkan mobil mogok, yaitu:

  • Ban mobil bocor atau pecah.
  • Aliran listrik terganggu.
  • Karburator kotor.
  • Filter bahan bakar mampet.
  • Switcher starter aki mulai aus.

Gangguan-gangguan tersebut sebenarnya tidak terlalu berat. Namun, tetap saja menyebabkan mobil mogok. Anda bisa mengatasinya sendiri kalau sudah terbiasa. Sedangkan bila belum terbiasa, alangkah lebih baik jika Anda meminta bantuan dari bengkel resmi.

Memanfaatkan Asuransi Mobil

Ada beberapa kondisi mobil mogok yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan asuransi mobil. Anda bisa melakukan klaim asuransi kendaraan bila mobil Anda mengalami mogok karena beberapa penyebab ini:

  • Mogok pasca mengalami kecelakaan.
  • Terjadi bencana alam (tanah longsor, banjir, gempa bumi, dan lainnya).
  • Mobil rusak akibat tindak pencurian.

Polis asuransi kendaraan pasti memuat berbagai ketentuan tentang proses klaim asuransi. Sehingga Anda bisa mendapatkan proteksinya jika mobil Anda mogok akibat penyebab yang tertera pada polis asuransi.

Menggunakan Fasilitas Mobil Derek dari Asuransi

Sekarang, Anda tak perlu repot melakukan klaim asuransi dengan cara mendatangi kantor cabang asuransi yang terdekat. Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat menangani mobil mogok adalah menelepon customer service asuransi. Biasanya Anda diminta menyebutkan nomor polis sebagai bukti keanggotaan.

Selanjutnya, Anda dapat segera meminta bantuan berupa mobil derek untuk mengangkut mobil yang mogok. Petugas mobil derek akan segera menghampiri Anda di lokasi mobil mogok. Ada produk asuransi mobil yang menyiapkan jasa derek gratis. Namun, ada pula bantuan derek berbayar sesuai dengan kesepakatan pada polis asuransi.

Proses Klaim Asuransi Bisa Dilakukan secara Online

Beberapa tahun belakangan ini, proses klaim asuransi bisa dilakukan secara mudah melalui sistem online. Anda tinggal mengakses website atau aplikasi asuransi untuk memasukkan informasi klaim secara lengkap. Anda juga tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukannya. Karena biasanya website atau aplikasi asuransi dilengkapi tim customer service yang siap membantu Anda.

Jadi, usahakan Anda tidak melewati batas waktu klaim 3×24 jam setelah mobil mogok. Karena pada batas waktu tersebut, pengajuan klaim Anda dianggap masih sah dan bisa diproses. Proses klaim biasanya membutuhkan beberapa dokumen pelengkap dalam bentuk scan atau foto, yaitu:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  • Surat keterangan kepolisian (bila terjadi kecelakaan).

Anda juga diharuskan untuk mengisi formulir klaim online secara lengkap. Jadi, pastikan kalau Anda mengisi data-datanya dengan benar. Karena ketidaksesuaian data bisa menyebabkan klaim asuransi gagal diproses.

Ada beberapa pengecualian yang membuat klaim asuransi kendaraan gagal diproses, antara lain:

  • Terjadi tindakan pelanggaran hukum yang menyebabkan mobil mogok atau kecelakaan.
  • Asuransi berada dalam status masa tenggang karena premi belum dibayar.
  • Tindakan perusakan sengaja dilakukan agar mobil mogok.
  • Batas waktu klaim sudah melewati ketentuan yang ditetapkan perusahaan asuransi.

Mulai sekarang, Anda harus memahami hal-hal teknis sederhana tentang penyebab mobil mogok dan mekanisme klaim asuransi online secara tepat. Sehingga peristiwa mobil mogok di jalan tidak membuat Anda kewalahan. Dapatkan manfaat asuransi mobil secara maksimal jika Anda menggunakannya sesuai kesepakatan yang berlaku dalam polis.

Bagi Anda yang belum memiliki proteksi kendaraan, pastikan polis dapat menyelamatkan Anda dari situasi mobil mogok. Caranya mudah, kini anda bisa memilih asuransi mobil terbaik di web Cek Premi. Kriteria terbaik berdasarkan premi yang sesuai kantong Anda dan polis yang sesuai dengan kebutuhan termasuk ketika kendaraan tidak mampu bergerak lagi. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *