11 Asuransi Kesehatan Murah Terbaik, Harga Premi Mulai Rp35 Ribu!

asuransi kesehatan murah

Last Updated on January 12, 2022 by Andrian

Tidak ada yang pasti di dunia ini, ada hal-hal buruk yang bisa terjadi secara mendadak. Oleh karena itu, penting untuk setiap orang memiliki asuransi, terutama asuransi kesehatan. Dalam perencanaan keuangan, asuransi menjadi hal penting untuk dimiliki setelah mengatur keuangan dan membuat budgeting.

Asuransi juga bisa mengamankan dana darurat dan tabungan Anda. Jadi, ketika Anda dan keluarga tiba-tiba sakit hingga membutuhkan biaya pengobatan besar, asuransi akan menanggungnya sebagian ataupun penuh sesuai dengan perjanjian polis. Berikut akan kami berikan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik yang murah di bawah ini:

Jenis Asuransi Kesehatan

asuransi kesehatan murah terbaik

Asuransi kesehatan memiliki beberapa jenis yang dikelompokan berdasarkan pengelola dana, biaya perawatan, metode pembayaran, biaya yang ditanggung, dan pihak tertanggung. Berikut pembahasan selengkapnya.

Berdasarkan Pengelola Dana

Asuransi yang dikelola oleh pemerintah, yaitu BPJS Kesehatan. Semua masyarakat Indonesia diwajibkan untuk memiliki BPJS ini dan premi bulanannya juga cukup terjangkau dengan cover fasilitas yang sangat memadai.

Asuransi yang dikelola oleh perusahaan swasta. Untuk asuransi swasta ada banyak perusahaan yang menawarkan, jadi penting melakukan survei dan komparasi untuk asuransi kesehatan terbaik.

Berdasarkan Perawatan

Rawat inap: Pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya jika peserta asuransi harus menjalani rawat inap.

Rawat jalan: Pihak perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan peserta asuransi yang berupa pelayanan medis tanpa menginap di fasilitas kesehatan. Biaya yang biasa dicover adalah biaya diagnosis dokter, obat, laboratorium, rehabilitasi, dan lainnya.

Berdasarkan Metode Pembayaran

Cashless: Peserta tidak perlu menggunakan uangnya sendiri terlebih dahulu. Peserta asuransi cukup menunjukkan kartu anggota saja.

Reimbursement: Peserta asuransi perlu untuk membayar dulu biaya perawatan kesehatan lalu melakukan klaim ke perusahaan asuransi untuk diganti.

Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Tanggungan total: Pihak penyedia asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan kesehatan, mulai dari deteksi dini, diagnosis dokter, pengobatan, rehabilitasi, rawat inap, dan lainnya.

Tanggungan tertinggi: Pihak penyedia asuransi hanya menanggung biaya-biaya perawatan kesehatan yang tertinggi. Misalnya, biaya rawat inap, sedangkan biaya pemeriksaan awal tidak ditanggung.

Berdasarkan Pihak Tertanggung

Kelompok atau kolektif: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada kelompok tertentu, misalnya asuransi kesehatan untuk keluarga maupun karyawan.

Pribadi: Asuransi kesehatan yang memberikan manfaat pada satu orang saja, sesuai dengan polis asuransi yang ditawarkan.

Pilihan Asuransi Kesehatan Murah Terbaik di Indonesia

rekomendasi asuransi kesehatan murah terbaik

Agar Anda tidak salah memilih perusahaan dan produk asuransi kesehatan murah untuk Anda dan keluarga, berikut rekomendasi dari CekPremi. Adapun semua asuransi swasta yang tercantum di bawah ini merupakan perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK.

1. BPJS Kesehatan

Pilihan asuransi kesehatan murah yang pertama adalah BPJS kesehatan. Asuransi sosial ini memiliki fasilitas dan pertanggungan yang cukup lengkap dengan harga terjangkau. Besaran iuran BPJS Kesehatan pada 2021 adalah sebagai berikut:

  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1: Rp 150.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2: Rp 100.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3: Rp 35.000

2. Asuransi Sinarmas

Sinarmas adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dengan berbagai pilihan programnya. Untuk asuransi kesehatan sendiri tersedia 2 pilihan, yaitu Simas Sehat Corporate untuk menjamin kesehatan karyawan perusahaan beserta keluarganya dan individual untuk menjamin kesehatan perorangan.

Beberapa keunggulannya antara lain:

  • Fasilitas pembayaran cashless di rumah sakit rekanan Sinarmas
  • Tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan ketika melakukan pendaftaran asuransi kesehatan
  • Pembayaran premi asuransi kesehatan bisa dicicil atau autodebit
  • dan lainnya

3. Asuransi Manulife

Manulife memiliki beberapa program asuransi kesehatan murah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Mulai dari MiUltimate HealthCare (MiUHC) yang merupakan produk asuransi kesehatan dasar, kemudian asuransi kesehatan ProHealth yang memberikan perlindungan secara komprehensif. Keunggulan asuransi Manulife:

  • Sistem cashless
  • Bisa daftar asuransi secara online
  • Tersedia juga tambahan program, seperti penyakit kritis atau kecelakaan
  • Rekan rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia dan layanan nasabah 24 jam
  • dan lainnya

4. Asuransi AXA Mandiri

Axa menghadirkan berbagai pilihan asuransi yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas asuransi basic, pro, bahkan perlindungan untuk penyakit kritis dan kanker. Jadi, nasabah bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Beberapa keunggulan asuransi Axa:

  • Pilihan produk lengkap
  • Pelayanan kesehatan dan klaim 24 jam
  • Layanan pembayaran cashless di rumah sakit dengan kartu anggota
  • Fasilitas cicilan premi 0% untuk pembayaran premi tahunan mulai dari 3, 6, 9, dan 12 bulan
  • dan lainnya

5. Asuransi FWD

FWD merupakan perusahaan asuransi yang sebelumnya dikenal dengan nama PT Commonwealth Life. Resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia pada 1 Desember 2020. FWD mengeluarkan beragam asuransi kesehatan.

Salah satu produk asuransi kesehatan dari FWD adalah Asuransi FWD Bebas Handal. Dengan biaya premi hanya Rp75.000, FWD menawarkan berbagai manfaat pertanggungan, seperti:

  • biaya perawatan rawat inap,
  • biaya obat,
  • biaya cek laboratorium,
  • biaya dokter serta biaya perawatan lainnya.

6. Asuransi Cigna

Perusahaan asuransi Cigna menawarkan produk asuransi kesehatan murah berkualitas, yaitu Cigna Health Protection. Anda dapat merasakan manfaat pertanggungan asuransi kesehatan ini hanya dengan membayar premi sebesar Rp36.000 saja setiap bulannya.

Meskipun preminya sangat murah, Cigna tetap memberikan manfaat pertanggungan seperti asuransi kesehatan lainnya, yaitu:

  • biaya santunan perawatan rumah sakit hingga Rp1 juta per harinya dan apabila selama 2 tahun masa pertanggungan anda tidak melakukan klaim manfaat pertanggungan, maka Anda berhak mendapatkan bonus 25 persen dari total keseluruhan premi yang sudah dibayarkan.

7. Asuransi AIA

AIA menghadirkan produk asuransi kesehatan murah, Power Pro Lofe yang memberikan manfaat pertanggungan hingga 10 tahun. Untuk dapat berpartisipasi dengan AIA asuransi kesehatan ini, Anda harus berusia minimal 18 tahun ketika mendaftar.

8. Asuransi Prudential

Prudential merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Dikenal memiliki banyak produk asuransi kesehatan,

Asuransi Prudential memiliki beberapa produk asuransi kesehatan dengan harga premi beragam seperti PRUprime healthcare, PRUprime healthcare syariah, PRUhospital & surgical cover plus dan PRUhospital & surgical cover plus syariah.

Dari berbagai jenis asuransi kesehatan Prudential, Anda dapat memilih asuransi kesehatan dengan premi yang paling terjangkau sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Asuransi Allianz

Asuransi kesehatan Allianz merupakan salah satu asuransi kesehatan selain BPJS yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satu produk  asuransi kesehatan murni yang dimiliki oleh Allianz adalah SmartHealth Maxi Violet. Keunggulannya:

  • adanya pilihan plan yang paling sesuai dengan kebutuhan dari 8 plan yang disediakan
  • terdapat manfaat no claim yang akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan 20 persen dari premi yang telah dibayarkan jika selama masa pertanggungan tidak ada klaim manfaat yang dilakukan.

10. Asuransi BRI Life

BRI Life melalui produk asuransi kesehatan BRI Life Simply HealthCare masuk ke dalam deretan asuransi kesehatan terbaik dengan premi cukup terjangkau, yaitu Rp 300.000 per bulan.  Dengan memiliki asuransi ini, Anda akan mendapat manfaat pertanggungan rawat inap, rawat jalan dan manfaat pengobatan lainnya.

11. Asuransi Sun Life

Salah satu produk asuransi kesehatan dari Sun Life yang menawarkan premi murah adalah Sun Medical Platinum. Manfaat pertanggungan yang diberikan salah satunya untuk perawatan penyakit kanker.

Premi yang harus dibayarkan mulai dari Rp90.000 hingga Rp270.000 per bulan. Patut dicatat bahwa, besaran premi ini disesuaikan dengan jenis asuransi serta manfaat pertanggungan asuransi yang didapat.

Dalam memilih asuransi kesehatan murah dan terbaik, tentunya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti rumah sakit yang bekerjasama, besarnya premi dan manfaat perlindungan, kemudahan dalam penggunaan, dan lainnya. Anda juga dapat membandingkan berbagai pilihan asuransi kesehatan atau asuransi lainnya di cekpremi.com!

About Titi Setianing R

a storyteller

View all posts by Titi Setianing R →