Asuransi Kesehatan Murni: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Daftar

Oct - 30
2021
asuransi kesehatan murni

Asuransi Kesehatan Murni: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Daftar

Memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk kita, kerap kali membingungkan. Hal ini dikarenakan produk yang ditawarkan bermacam-macam. Ada asuransi kesehatan murni, ada pula asuransi gabungan yakni asuransi dan investasi.

Asuransi investasi atau unit link memang menawarkan manfaat yang luas. Tidak hanya proteksi, namun juga investasi. Akan tetapi, bagi sebagian orang belum tentu produk ini cocok dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah pembahasan lengkap mengenai Asuransi Kesehatan Murni untuk membantu dalam memilih produk asuransi kesehatan yang pas untuk Anda dan keluarga.

Pengertian Asuransi Kesehatan Murni

asuransi kesehatan murni adalah

Tidak seperti asuransi unit link yang memberikan perlindungan dan tambahan investasi, asuransi kesehatan murni adalah produk asuransi untuk individu yang hanya memberikan perlindungan kesehatan.

Asuransi ini lebih ditujukkan untuk Anda yang menginginkan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal.

Hal ini dikarenakan besaran premi yang dibayarkan untuk Asuransi Kesehatan Murni sepenuhnya dialokasikan untuk manfaat asuransi kesehatan saja, sehingga premi yang lebih murah dibanding Unit Link.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Murni dan Asuransi Unit Link (Asuransi Investasi)

perbedaan asuransi kesehatan murni dan unit link

Perbedaan asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link terletak pada manfaat proteksinya, besaran premi, dan masa asuransi.

Proteksi

Manfaat proteksi yang Anda dapat dengan memiliki asuransi kesehatan murni bisa digunakan untuk membantu pembiayaan kesehatan, mulai dari biaya klaim rawat inap di rumah sakit, rawat jalan, biaya operasi, kesehatan gigi, hingga biaya untuk melahirkan.

Nah, seperti asuransi kesehatan pada umumnya, kata “murni” digunakan untuk memperjelas bahwa, produk asuransi ini hanya menjamin dalam bidang kesehatan saja.

Itu artinya, produk asuransi kesehatan murni tidak memiliki manfaat lain, seperti adanya investasi, yang di dalamnya terdapat profit yang bisa diambil oleh nasabah sewaktu-waktu.

Besaran Premi

Besaran atau biaya asuransi kesehatan murni lebih murah dibanding asuransi investasi atau asuransi unit link. Hal ini dikarenakan premi yang Anda bayarkan hanya untuk menanggung risiko yang terkait dengan kesehatan saja.

Lain halnya dengan asuransi unit link yang memiliki biaya premi yang cukup tinggi kibat adanya nilai lebih pada tabungan. Premi yang Anda bayarkan akan terpotong untuk biaya investasi sehingga plafon manfaat asuransi kesehatan menjadi jauh lebih kecil.

Masa Asuransi

Untuk Asuransi Kesehatan Murni masa asuransinya selama satu tahun karena hanya berfokus pada manfaat asuransi kesehatan saja. Sementara asuransi unit link lebih dari setahun karena sebagian premi akan dialokasikan untuk dana investasi di mana programnya jangka panjang.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Murni

keuntungan dan manfaat asuransi kesehatan murni

Terdapat beberapa keuntungan memiliki jenis ini, yaitu:

Manfaat Terkait Kesehatan akan Lebih Besar

Sebagaimana telah disebutkan, dalam asuransi investasi, premi akan dibagi untuk dana investasi sehingga porsi manfaat asuransi kesehatan menjadi lebih kecil.

Apabila Anda hanya membutuhkan asuransi kesehatan saja, lebih baik memilih asuransi kesehatan murni. Jangan sampai Anda memilih asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan, ya!

Biaya Premi Lebih Murah

Dibanding asuransi unit link, biaya premi asuransi kesehatan lebih murah. Hal ini dikarenakan dalam asuransi unit link untuk mendapatkan plafon yang lebih tinggi, Anda harus membayar lebih mahal. Asuransi Unit Link juga memiliki beban biaya investasi dan biaya akuisisi.

Sementara itu, pada asuransi kesehatan murni, manfaat yang diberikan berfokus pada risiko-risiko yang berkaitan dengan kesehatan saja sehingga preminya pun terhindar dari beban biaya yang dibayarkan pada Asuransi Unit Link.

Prioritas dan Kemampuan Finansial

Apabila Anda lebih membutuhkan perlindungan kesehatan secara menyeluruh ketimbang investasi, ada baiknya memilih asuransi kesehatan murni saja.

Selain itu apabila anggaran Anda terbatas, asuransi kesehatan jenis ini juga cocok bagi Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda pun bisa mengambil produk asuransi lain dengan manfaat tambahan investasi sebagai pelengkap.

Biaya Premi Asuransi Kesehatan Murni

premi asuransi kesehatan murni

Premi asuransi kesehatan murni ditentukan dari profil nasabah, seperti usia, kondisi kesehatan, dan pekerjaan. Umumnya, besaran premi asuransi kesehatan ditentukan saat proses underwriting dan mendaftar asuransi. Kisaran harganya yakni Rp100 ribu – Rp2 jutaan (atau lebih) per bulan.

Harga premi pun juga dapat ditentukan dari plafon yang akan Anda dapat. Semakin besar plafon, maka semakin besar pula nominal premi yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih asuransi kesehatan. Pastikan seluruh aspek memiliki nilai yang sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapat.

Ada baiknya juga hindari premi dan plafon yang terlalu rendah yang dikhawatirkan dapat membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan bila membutuhkan manfaat tambahan.

Agar tidak salah pilih, Anda bisa lakukan simulasi asuransi kesehatan individu dengan membandingkan beberapa polis asuransi kesehatan secara daring di CekPremi.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Murni

tips memilih asuransi kesehatan murni

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar dan membeli asuransi kesehatan murni, berikut ini adalah tips agar Anda tidak salah beli.

Pelajari Produk dengan Cermat

Asuransi kesehatan murni umumnya menawarkan dua macam limit, yakni limit gabungan untuk semua perawatan dan limit per perawatan dengan hospital cash plan (HCP) atau santunan harian tunai.

Untuk memilih limit mana yang cocok bagi Anda, tergantung dari kondisi Anda. Akan tetapi, disarankan untuk memilih limit gabungan yang menanggung semua jenis perawatan agar Anda terhindar dari batasan biaya untuk tiap tindakan yang dilakukan oleh rumah sakit.

Manfaat dan Premi Harus Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum membeli atau mendaftar, cek manfaat asuransi apa saja yang akan Anda dapatkan. Selain itu, pastikan juga besaran preminya sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Apabila anggaran terbatas, sebaiknya prioritaskan perlindungan yang terpenting terlebih dahulu. Apabila Anda sudah berkeluarga, ada baiknya untuk memilih asuransi yang melindungi seluruh anggota keluarga.

Perhatian dengan Baik Ketentuan Pengecualian Klaim

Jangan tergesa-gesa ketika membeli suatu produk asuransi. Baca terlebih dulu dengan teliti polis asuransi kesehatan Anda. Cek bagian yang mencantumkan pengecualian karena biasanya pada asuransi kesehatan pada pengecualian yang sifatnya permanen dan sementara.

Hal ini harus Anda lakukan agar tidak bingung dan malah menimbulkan masalah antara Anda dengan perusahaan asuransi pilihan Anda apabila suatu saat ada biaya kesehatan yang tidak di-cover.

Memiliki Sistem Cashless

Asuransi kesehatan murni terbaik menawarkan tidak hanya sistem klaim reimbursement, tapi juga cashless. Pastikan terdapat rumah sakit rekanan di dekat tempat tinggal Anda agar bisa melakukan klaim cashless ini.

Menanggung Pre-Existing Condition

Penyakit yang sudah ada saat mendaftar asuransi disebut pre-existing condition. Biasanya, asuransi kesehatan tidak menanggung penyakit tersebut, tapi ada beberapa asuransi yang menanggungnya dengan beberapa syarat tertentu.

Menanggung Rawat Jalan

Asuransi kesehatan murni terbaik menawarkan manfaat yang luas beserta limit yang besar bahkan ada yang sampai ratusan juta. Di pasaran, ada yang hanya menanggung rawat inap saja sebagai manfaat dasar. Namun, ada juga yang sudah memasukkan manfaat rawat jalan ke dalam manfaat atau benefit dasarnya.

Kriteria Asuransi Kesehatan Murni Terbaik

Untuk mendapatkan asuransi kesehatan murni terbaik, di bawah ini adalah beberapa kriteria untuk membantu Anda mengetahui apakah asuransi yang Anda pilih bagus atau tidak.

Plafon

Salah satu indikator asuransi kesehatan murni itu baik atau tidaknya adalah penawaran limit cukup besar dan limit yang tidak dipecah per perawatan. Ada baiknya Anda memilih asuransi dengan manfaat yang paling cocok dengan kebutuhan agar lebih optimal dalam melindungi diri dan keluarga

Premi

Harga premi asuransi juga pada umumnya ditentukan dari manfaat yang akan Anda dapat. Jika manfaat makin besar, maka makin besar juga nominal premi yang harus dibayarkan. Pastikan seluruh aspek memiliki nilai yang sebanding dengan manfaat yang Anda dapat dan hindari premi dan manfaat yang terlalu rendah agar Anda tidak mengeluarkan biaya tambahan jika layanan lain.

Jaringan/Rekanan Rumah Sakit

Penting bagi Anda untuk memastikan rekanan klinik atau rumah sakit yang bekerja sama dengan penyedia asuransi kesehatan murni yang akan Anda pilih. Agar lebih baik lagi, pilihlah asuransi kesehatan dengan banyak rekanan. Hal ini akan membuat Anda lebih terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi kapan saja dan di mana saja.

Pengecualian Klaim dalam Asuransi Kesehatan Murni

Pengecualian klaim dalam polis asuransi kesehatan terbagi atas dua klasifikasi, yaitu pengecualian permanen dan sementara, yang singkatnya sebagai berikut.

Pengecualian Permanen

Pengecualian permanen mencakup perawatan rumah sakit dan hal lainnya yang diakibatkan:

  • Penyakit yang berhubungan dengan HIV/AIDS
  • Perang dan tugas militer
  • upaya bunuh diri
  • kegiatan atau olahraga berbahaya
  • keterlibatan tertanggung dalam penerbangan non-komersial
  • tindakan kriminal yang dilakukan oleh tertanggung
  • mabuk
  • penggunaan obat-obatan terlarang
  • perawatan mental
  • biaya donor organ

Pengecualian Sementara

Pengecualian sementara mencakup periode masa tunggu (waiting period), baik masa tunggu untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition) maupun untuk penyakit kritis (critical illness).

Daftar Produk Asuransi Kesehatan Murni Terbaik

asuransi kesehatan murni terbaik

Mau tau apa saja pilihan asuransi kesehatan murni terbaik untuk Anda? Berikut ini adalah rekomendasi dari CekPremi.

AXA Mandiri Smartcare Executive

Ini adalah salah satu asuransi kesehatan murni keluarga terbaik yang menanggung biaya rumah sakit terhadap seluruh anggota keluarga. Produk ini cocok dimiliki oleh Anda yang sudah punya banyak tanggungan.

Manfaat pertanggungannya, antara lain:

  • Pertanggungan biaya rawat inap ICU sesuai tagihan rumah sakit
  • Pertanggungan biaya dokter umum / spesialis
  • Pertanggungan biaya dokter sebelum dan sesudah rawat inap
  • Pertanggungan biaya pembedahan
  • Pertanggungan biaya darurat rawat jalan
  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap di rumah sakit mulai dari Rp250 ribu – Rp2 juta per hari
  • Pertanggungan biaya ambulans mulai dari Rp150 ribu – Rp500 ribu
  • Limit manfaat asuransi dalam setahun mulai dari Rp100 ribu – Rp500 juta
  • Pertanggungan biaya rawat jalan general mulai dari Rp350 ribu –Rp500 ribu
  • Santunan atas risiko meninggal dunia hingga Rp3 juta

Cigna Proteksi Sehat

Cigna Proteksi sehat adalah asuransi kesehatan murni menanggung biaya rumah sakit untuk nasabah individu.

Manfaat Pertanggungan, antara lain:

  • Klaim cashless di lebih dari 800 rumah sakit di Indonesia.
  • Santunan harian atas biaya rawat inap mulai dari Rp300 ribu – Rp1,5 juta per hari
  • Pertanggungan biaya pembedahan mulai dari Rp3 juta – Rp15 juta
  • Pertanggungan biaya ambulans

Prudential PRUPrime HealthCare Syariah

Asuransi kesehatan murni syariah ini memberikan proteksi kesehatan dengan prinsip syariah.

Manfaat Pertanggungan, antara lain:

  • Pertanggungan biaya kamar rumah sakit dan akomodasi hingga Rp8 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis
  • Limit manfaat tahunan hingga Rp1,5 miliar
  • Terdapat manfaat pengembalian premi hingga 50% jika tidak ada klaim selama setahun polis berjalan
  • Polis asuransi Prudential dapat digunakan di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat

Allianz SmartHealth Maxi Violet

Produk asuransi kesehatan murni terbaik yang satu ini dapat digunakan untuk perorangan dan keluarga. Sebagai produk asuransi kesehatan, SmartHealth Maxi Violet memberikan penggantian biaya perawatan apabila pemegang polis atau keluarga menderita suatu penyakit atau mengalami kecelakaan disertai variasi Plan yang terjangkau.

Manfaat Pertanggungan, antara lain:

  • Usia masuk nasabah utama: 15 hari – 60 tahun
  • Polis dapat diperpanjang hingga: 70 tahun
  • Pertanggungan biaya kamar ketika rawat inap mulai dari Rp100 ribu – Rp1 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kamar ICU: Rp300 ribu – Rp1,3 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter: Rp50 ribu – Rp300 ribu per hari
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis: Rp75 ribu, Rp87 ribu, Rp100 ribu, Rp137 ribu, Rp175 ribu, Rp200 ribu, Rp250 ribu, dan Rp350 ribu
  • Pertanggungan biaya pembedahan mulai dari Rp4,5 juta – Rp160 juta
    Pertanggungan biaya sebelum dan sesudah rawat inap: Rp400 ribu, Rp600 ribu, Rp800 ribu, Rp1,4 juta, Rp2 juta, Rp2,4 juta, Rp3 juta, dan Rp4 juta
  • Pertanggungan rawat jalan dan perawatan gigi: Rp1 juta, Rp1,5 juta, Rp2 juta, Rp3,5 juta, Rp5 juta, Rp6 juta, Rp7,5 juta, dan Rp10 juta
  • Santunan atas risiko meninggal dunia: Rp2 juta, Rp2,5 juta, Rp3 juta, Rp4,5 juta, Rp6 juta, Rp7 juta, Rp8,5 juta, dan Rp11,5 juta
  • Manfaat pengembalian premi asuransi kesehatan Allianz hingga 20 persen

Manulife MiUltimate Healthcare

Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik dan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia.

MiUltimate HealthCare merupakan salah satu produk asuransi kesehatan murni terbaik di Indonesia yang memiliki manfaat utama pembayaran manfaat sesuai dengan tagihan, manfaat penggantian biaya rumah sakit, biaya kamar di luar negeri, dan limit tahunan tambahan untuk penyakit kritis.

Manfaat Pertanggungan, antara lain:

  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di Indonesia dan Malaysia mulai dari Rp500 ribu – Rp3 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di luar Indonesia dan Malaysia mulai dari Rp3 juta – Rp9 juta per hari
  • Pertanggungan biaya kamar ICU sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya pembedahan sesuai tagihan
  • Pertanggungan biaya akomodasi pendamping tertanggung anak mulai dari Rp500 ribu – Rp1,2 juta per hari
  • Pertanggungan biaya penyuluhan psikologis mulai dari Rp1 juta – Rp2,5 juta per tahun

Simas Sehat Gold

Asuransi Simas Sehat Gold melindungi Anda dari risiko yang mungkin timbul sebagai akibat dari kecelakaan, sakit, atau pembedahan yang mensyaratkan Rawat Inap di Rumah Sakit.

Manfaat Pertanggungan, antara lain:

  • Pertanggungan biaya konsultasi dokter umum / spesialis sesuai tagihan rumah sakit
  • Pertanggungan biaya rawat jalan darurat sesuai tagihan rumah sakit
  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit
  • Limit tahunan mulai dari Rp100 juta – Rp400 juta
  • Memberikan santunan meninggal dunia Rp10 juta

FAQ atau Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan Murni

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan atau ditanyakan mengenai asuransi kesehatan murni.

Apa itu Asuransi Kesehatan Murni?

Asuransi kesehatan murni adalah produk asuransi untuk individu yang hanya memberikan perlindungan kesehatan. Asuransi Kesehatan Murni lebih ditujukkan untuk Anda yang menginginkan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal.

Apa perbedaan Asuransi Kesehatan Murni dan Asuransi Investasi (Unit Link)?

Perbedaan asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link terletak pada manfaat proteksinya, besaran premi, dan masa asuransi. Umumnya,, asuransi kesehatan murni menawarkan premi yang lebih terjangkau dengan masa pertanggungan satu tahun (dan dapat diperpanjang). Sementara itu, asuransi dengan investasi (unit link) menawarkan premi lebih mahal dengan masa pertanggungan lebih lama.

Bagaimana cara Memilih Asuransi Kesehatan Murni terbaik?

Dalam memilih asuransi kesehatan murni, calon nasabah perlu memastikan bahwa asuransi tersebut memiliki fasilitas klaim cashless, menanggung pre-existing condition, dan menanggung biaya rawat jalan. Selain itu yang terpenting pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan dan pelajari polis dengan cermat.

Berapa biaya premi asuransi kesehatan murni?

Premi asuransi kesehatan murni ditentukan dalam proses underwriting atau ketika mendaftar.

Apakah ada Asuransi Kesehatan Murni Syariah?

Asuransi Kesehatan Murni memiliki produk asuransi kesehatan murni syariah yang menerapkan prinsip Islam dalam kontraknya, sehingga kontribusi yang Anda bayarkan sebagian akan dikumpulkan untuk menolong nasabah lain yang sedang membutuhkan biaya perawatan medis. Selain mendapat proteksi, Anda juga bisa berbuat baik dan menolong sesama.

Berapa batas usia untuk memiliki asuransi kesehatan murni?

Sejatinya, batas usia masuk asuransi kesehatan berbeda-beda, tergantung dari jenis produk dan kebijakan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan asuransi. Rata-rata batas usia masuk terendah dan tertinggi untuk tertanggung utama adalah 21 tahun hingga 65 tahun (ulang tahun terdekat). Dalam produk asuransi kesehatan keluarga, batas usia masuk tertanggung pasangan atau anggota keluarga lainnya, yaitu 18 tahun hingga 60 tahun (ulang tahun terdekat), serta batas usia masuk tertanggung anak mulai 15 hari hingga 18 tahun atau 23 tahun untuk pelajar (ulang tahun terdekat).

Bagaimana cara pembayaran premi asuransi kesehatan murni?

Cara pembayaran premi asuransi kesehatan murni dapat dilakukan secara secara bulanan, kuartalan, semesteran, hingga tahunan.

Apa manfaat dasar asuransi kesehatan murni?

Manfaat dasar asuransi kesehatan murni tergantung dari penyedia layanan asuransi tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya salah satu manfaat dasar asuransi kesehatan adalah tersedianya manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan, dan manfaat tindakan rumah sakit. Ada pula beberapa perusahaan asuransi kesehatan murni yang memberikan manfaat dasar pertanggungan rawat gigi, santunan meninggal dunia, perawatan pribadi di rumah, manfaat melahirkan, biaya kamar di luar negeri, dan limit tambahan untuk penyakit kritis.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang asuransi kesehatan hingga promo menarik yang ditawarkan? Kunjungi halaman produk Asuransi Kesehatan di CekPremi dan temukan informasi lainnya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *