Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only, Mana Lebih Unggul?

Apr - 10
2021
asuransi mobil all risk

Asuransi Mobil All Risk atau Total Loss Only, Mana Lebih Unggul?

Berbicara soal produk pertanggungan kendaraan, terdapat dua jenis asuransi yang sering ditawarkan oleh agen asuransi kepada masyarakat, yakni asuransi mobil All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Kedua polis ini sejatinya memiliki keunggulan dan fasilitas yang berbeda-beda. Karena itu, sebelum memilih polis asuransi yang tepat, pastikan Anda sudah mengetahui fungsi dari masing-masing polis.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Selain itu, cakupan pertanggungan dan premi kedua asuransi sangatlah berbeda. Untuk menghindari kekeliruan di masa depan, simak ulasan mengenai asuransi mobil All Risk dan TLO di bawah ini.

 

Perbedaan antara Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Tidak bisa dipungkiri, semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap jasa pertanggungan kendaraan membuat produk asuransi mulai dicari oleh banyak orang, terutama di kota-kota besar.

Tidak cuma kesehatan, jenis asuransi mobil All Risk dan TLO pun kian diminati karena mampu memberikan rasa aman. Lantas, apa sih perbedaan kedua polis tersebut? Berikut selengkapnya.

Asuransi Mobil All Risk

Secara harfiah, asuransi mobil All Risk dapat diartikan sebagai perlindungan segala risiko. Sehingga apapun jenis kerusakan yang dialami, layanan asuransi akan membayar klaim atas insiden tersebut.

Kategori perlindungannya mencakup kerusakan ringan, sedang, berat hingga kehilangan. Meski terdengar sangat menguntungkan, premi polis asuransi ini dapat dikatakan cukup mahal.

Contohnya bagi warga DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten (wilayah 2). Sesuai Surat Edaran OJK No. 6/SEOJK.05/2017, rate asuransi yang dikenakan kepada Anda berkisar 2,67 – 2,94%.

Nilai tersebut tentu sangat jauh jika dibandingkan asuransi mobil TLO. Untuk masyarakat yang bermukim di wilayah dua, polis asuransi ini hanya mengenakan rate sebesar 0,63 – 0,69% saja.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil TLO diperuntukkan bagi Anda yang ingin melindungi kendaraan dari kerusakan berat. Seperti namanya, polis asuransi ini meng-cover total kerusakan di atas 75% sampai kehilangan.

Bila kerusakan yang dialami kurang dari itu, maka klaim asuransi tidak bisa dilaksanakan. Asumsi 75% sendiri diambil karena kondisi mobil sudah tidak layak pakai atau tidak bisa digunakan sama sekali.

Jenis asuransi ini terbilang cukup banyak diminati karena menawarkan premi yang lebih rendah. Dibanding asuransi mobil All Risk, perbedaan rate keduanya bahkan mencapai 1 – 2% per unit.

 

Bisakah Kedua Asuransi tersebut Dikombinasikan?

Memilih asuransi mobil memang tidak mudah. Meskipun kita sudah mengetahui keunggulan dan kelebihan masing-masing polis, keputusan itu tentu masih memerlukan pertimbangan yang matang.

Jangan khawatir, sebenarnya kita bisa saja mengkombinasikan kedua jenis asuransi tersebut. Namun, bedakan jangka waktu pengajuan polis agar premi asuransi tidak membebani Anda.

Misalnya, ajukan asuransi mobil All Risk di tahun pertama sampai ketiga cicilan mobil tersebut. Setelah itu, ganti polis asuransi menjadi TLO pada tahun keempat dan seterusnya.

Tidak cuma dikombinasikan, polis asuransi All Risk bahkan menawarkan fasilitas perluasan pertanggungan bagi pelanggan yang ingin menambah cakungan perlindungan, di antaranya:

  • Kerusakan akibat banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air
  • Kerusakan mobil akibat dampak kerusuhan
  • Kerusakan akibat bencana alam seperti gempa Bumi/tsunami
  • Kerusakan akibat sabotase atau terorisme
  • Third Party Liability(TPL)
  • Kecelakaan Pengemudi
  • Kecelakaan Penumpang
  • Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).
  • Kerusakan yang terjadi di bengkel resmi.

Setelah membaca ulasan di atas, jenis asuransi mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Baik asuransi mobil All Risk atau TLO, pilihlah polis perlindungan secara bijak dan tepat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *