Bebas Riba! Ini Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Apr - 09
2021
asuransi syariah terbaik

Bebas Riba! Ini Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Berkendara di jalan raya memiliki risiko kecelakaan yang dapat menimpa Anda kapanpun dan dimanapun. Walaupun kadang sudah berhati-hati, kelalaian pengendara lain juga bisa berakibat fatal kepada diri kita. Asuransi mobil bisa menjadi solusi untuk melindungi kendaraan Anda dari kerugian keuangan. Untuk yang memiliki prinsip untuk menghindari riba, telah tersedia asuransi mobil syariah yang sistemnya berdasarkan syariat Islam. Jadi, Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal dengan ahti tenang.

Bukan hanya risiko kecelakaan, asuransi kendaraan bermotor juga bisa memberikan perlindungan kerugian dari kehilangan kendaraan, hingga tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Asuransi syariah untuk kendaraan bermotor menggunakan prinsip berbasis kerja sama, saling melindungi, dan tolong menolong.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cara Kerja Asuransi Mobil Syariah

keunggulan asuransi syariah

Asuransi syariah mengedepankan kerja sama, saling melindungi dan tolong menolong menurut prinsip syariah, yaitu prinsip hukum Islam berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia. Perjanjian antara peserta dan perusahaan asuransi selaku pihak pengelola dana, menggunakan akad Tabarru’, atau yang juga dikenal sebagai hibah. Sementara dalam urusan pengelolaan dana, asuransi syariah menggunakan akad Tijarry, atau yang dikenal juga antara lain sebagai Mudharabah, Musyarakah, Wakalah bil ujrah, Mudharabah Musytarakah.

Jika dibandingkan dengan asuransi konvensional, berikut adalah keunggulan dari asuransi syariah.

Pengelolaan risiko bersama. Sifat asuransi syariah adalah tolong menolong sehingga pengelolaan resikonya saling menanggung antar peserta asuransi.

Pengelolaan dana transparan. Asuransi syariah bersifat lebih transparan dalam urusan pengelolaan dana.

Kepemilikan dana. Dalam asuransi syariah, dana asuransi merupakan milik bersama, dimana perusahaan hanya sebagai pengelola dana.

Pembagian keuntungan. Keuntungan yang didapat akan dibagi antara perusahaan dengan peserta asuransi, sesuai dengan prinsip bagi hasil.

Pengawasan. Diawasi oleh Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) yang dibentuk oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk jenis perlindungannya sama dengan asuransi konvensional, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO).

Perbedaan All Risk dengan Total Loss Only

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Hanya menanggung kerusakan mobil di atas 75% maupun kehilangan mobil akibat pencurian atau perampasan. Biaya preminya jauh lebih murah dibandingkan jenis All risk. Hanya saja, jika kerusakan mobil tidak sampai 75%, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi.

Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi ini akan menanggung semua kerusakan ringan, berat, hingga risiko kehilangan. Premi asuransi All Risk memang lebih tinggi dibandingkan asuransi TLO. Anda juga bisa menambahkan perluasan jaminan dengan tambahan biaya.

Rekomendasi Asuransi Syariah Terbaik

asuransi mobil syariah

1. Asuransi Takaful Umum

Ada ini memiliki dua jenis polis standar asuransi kendaraan, yaitu All Risk atau Comprehensive dan Total Loss Only. Cakupan risiko yang ditanggung asuransi ,obil syariah dari Takaful Umum terbilang luas, mulai dari tabrakan, pencurian, kebakaran akibat sambaran petir, hingga biaya derek. Asuransi ini memberikan perlindungan khusus untuk jenis kendaraan nonbus atau nontruk, bus, truk, pick-up, dan sepeda motor dengan penggunaan nonkomersial. Bengkel rekanan juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

2. Asuransi Garda OTO Syariah

Perbedaan utamanya dengan asuransi konvensional tentunya pada akad yang berdasarkan kaidah Islam. Asuransi Garda Oto Syariah ini juga memiliki skema no claim bonus dan bagi hasil jika pada periode sebelumnya customer tidak melakukan klaim. Bagi hasil ini dilakukan berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan. Untuk jaringan bengkel rekanan, layanan nasabah, dan fasilitas Garda Oto lainnya tetap sama seperti asuransi Garda Oto konvensional..

3. Autocilin Ikhlas

Autocilin Ikhlas merupakan produk asuransi mobil syariah dari Adira Insurance. Pilihan perlindungannya meliputi comprehensive dan total loss only (TLO). Kemudian, jika hingga akhir periode tidak ada klaim, Anda bisa mendapatkan manfaat bagi hasil. Fitur utama dari asuransi ini adalah jaringan bengkel yang luas, layanan gratis derek, sistem pembayaran premi secara penuh. 

4. Asuransi Central Asia (ACA) Syariah

Rekomendasi asuransi syariah lainnya adalah dari ACA Syariah yang memberikan penggantian hingga lebih dari Rp 100 juta. Jaminan perlindungan diberikan jika terjadi kerugian atau kerusakan mobil akibat tabrakan, pencurian, kecelakaan, kerusuhan, hingga bencana alam yang dijamin dalam polis asuransi dengan prinsip syariah.

5. CHUBB Syariah

Produk yang ditawarkan oleh asuransi kendaraan CHUBB Syariah terbagi atas dua pilihan, yaitu asuransi syariah kendaraan bermotor perorangan dan korporasi. Keduanya dapat dipilih sesuai dengan kepemilikan mobil. Untuk sakupan manfaatnya juga cukup luas, mulai dari kerusakan sebagian (partial loss), kehilangan/kerusakan total (total loss), hingga kerugian lebih dari 75% (constructive total loss). 

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membandingkan berbagai pilihan asuransi mobil syariah terbaik atau asuransi lainnya di cekpremi.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *