6 Rekomendasi Asuransi Motor Honda, Manfaat & Tips Memilih

asuransi motor honda

Mengingat banyaknya pengguna motor Honda di Indonesia, maka kebutuhan akan asuransi motor Honda tentunya lumayan tinggi. Biasanya kalau kalian membeli motor secara kredit, maka secara otomatis, premi asuransi motor akan diberikan oleh pihak leasing.

Beda cerita jika kalian membeli motor secara cash, asuransi tidak akan diberikan oleh pihak leasing. Maka dari itu bagi kalian yang sedang mencari produk asuransi motor Honda, mari simak rekomendasinya di artikel ini!

Apa Itu Produk Asuransi Motor Honda?

Merupakan salah satu jenis dari produk asuransi kendaraan, asuransi motor Honda sebenarnya sama-sama saja dengan produk asuransi motor merk lainnya.

Asuransi motor biasanya terbagi atas 2 jenis yaitu asuransi TLO (Total Loss Only) dan All Risk.

Asuransi Total Loss Only hanya memberikan pertanggungan apabila motor mengalami kerusakan yang berat. Risiko yang dijamin oleh asuransi TLO juga meliputi risiko pencurian, dan penodongan. Biasanya asuransi TLO juga meliputi asuransi kecelakaan diri juga.

Asuransi All Risk memberikan perlindungan yang mencakup seluruh risiko kerusakan yang dapat terjadi pada motor, sekalipun itu adalah kerusakan kecil. Biasanya biaya premi yang ada di asuransi All Risk, lebih besar jika dibandingkan dengan TLO.

6 Rekomendasi Produk Asuransi Motor Honda

Jika kalian sudah mengetahui sekilas tentang apa itu asuransi motor, berikut adalah pilihan produk yang bisa kalian jadikan referensi:

1. Asuransi Motor Motopro – Zurich (Adira)

Adira yang sekarang sudah berganti nama menjadi Zurich, merupakan salah satu dari penyedia produk asuransi motor yang terpercaya di Indonesia.

Para pengguna motor Honda juga biasanya memberikan perlindungan kepada motor mereka dengan menggunakan asuransi motor Zurich.

Ada 3 pilihan produk yang bisa kalian pilih:

  • TLO – Perlindungan akan diberikan saat motor mengalami kerusakan parah (minimal 75%) dan mencakup perlindungan atas terjadinya pencurian motor, dan penodongan.
  • TLO Motorpro Plus – Produk yang dibuat khusus bagi motor Honda yang memiliki harga dibawah 50 juta. Dilengkapi dengan jaminan kecelakaan diri, dan biaya pengobatan.
  • All Risk – Produk asuransi motor ini akan memberikan perlindungan penuh atas segala risiko yang dapat terjadi pada motor Honda.

2. Garda Motor – Astra

Produk selanjutnya yang masuk rekomendasi adalah Garda Motor dari Astra. Kelebihan utama dari produk ini adalah perlindungan atas risiko yang dapat terjadi jika motor masuk ke dalam kapal penyebrangan.

Jadi segala risiko yang dapat membahayakan motor kalian selama di laut, seluruhnya akan dilindungi oleh asuransi Garda Motor.

Berikut adalah pilihan produknya:

  • Asuransi Garda Motor TLO (Total Loss Only)
  • Asuransi Garda Motor All Risk

3. Simas Motor – Asuransi Sinar Mas

Tidak hanya menyediakan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, Sinar Mas juga memberikan pilihan produk asuransi motor yang terpercaya.

Syarat utama untuk menggunakan produk ini adalah motor memliki usia maksimal 10 tahun. Diatas itu asuransi tidak akan menerima motor Honda kalian.

Pilihan produk Asuransi motor Honda Sinarmas:

  • Simas Motor TLO
  • Simas Motor All Risk

4. Asuransi Motor Avrist

Dengan menggunakan produk asuransi motor Avrist, kalian bisa mendapatkan perlindungan dari berbagai risiko seperti tabrakan, kebakaran, pencurian, dan berbagai kecelakaan lalu lintas lainnya.

Namun Avrist tidak akan memberikan perlindungan terhadap risiko, rusak motor akibat jarang digunakan, penggelapan, kerusakan akibat kelebihan muatan, atau dijalankan di jalanan yang rusak.

Pilihan produk asuransi motor Avrist:

  • Avrist TLO
  • Avrist All Risk

5. Motor Protection Lippo Insurance

Rekomendasi asuransi motor selanjutnya adalah produk Motor Protection dari Lippo. Kelebihan utama dari produk asuransi satu ini adalah jaminan ganti rugi jika motor kalian dicuri dan tidak ditemukan selama 60 hari sejak terjadinya pencurian.

Tidak hanya itu perlindungan yang diberikan juga mencakup risiko atas kerusuhan, perluasan risiko jika terjadi bencana alam, dan tanggung jawab hukum pihak ke 3.

Pilihan produk asuransi Motor Protection Lippo:

  • Motor Protection TLO
  • Motor Protection All Risk

6. Asuransi Motor Cakrawala

Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu mengenai asuransi motor Cakrawala, memiliki produk Cakrawala Proteksi, asuransi motor ini memberikan berbagai manfaat atas risiko berupa:

  • Tabrakan
  • Terbalik
  • Tergelincir
  • Kebakaran
  • Biaya derek
  • Pencurian
  • Kerusuhan
  • Kecelakaan diri

Tips Memilih Asuransi Motor Honda

Berikut ini kami bagikan beberapa tips agar kalian bisa memilih asuransi motor yang kredibel:

1. Cek Bengkel Rekanan

Jaringan bengkel yang luas merupakan hal pertama yang harus kalian perhatikan saat memilih asuransi motor Honda.

Pastikan bahwa perusahaan asuransi memiliki banyak bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan begitu kalian tidak perlu repot-repot untuk reimburse.

2. Perhatikan sistem klaim premi

Umumnya ada 2 cara yang dapat dilakukan jika ingin klaim, pertama dengan cara cashless dan kedua dengan cara reimburse.

3. Baca Isi Polis dengan Seksama

Baca secara teliti mengenai manfaat asuransi, pengecualian, dan syarat dan cara klaim. Hal ini dilakukan agar kalian terhindar dari kerugian akibat klaim tidak diterima.

4. Sesuaikan manfaat asuransi dengan kebutuhan

Tips selanjutnya adalah dengan menyesuaikan manfaat yang diberikan dengan kebutuhan proteksi motor kalian.

Hal ini dilakukan agar kalian bisa menggunakan asuransi secara efektif dan tidak berlebihan.

Cara Menghitung Premi Asuransi Motor Honda

Cara yang kami gunakan di bawah ini adalah cara umum yang biasanya digunakan oleh setiap perusahaan asuransi. Pastikan untuk bertanya kepada agen mengenai biaya untuk perhitungan yang lebih spesifik.

Cara menghitung premi asuransi motor adalah dengan menggunakan rumus:

Jumlah Premi = (Harga beli motor x 3,5%) + Rp 29.000 (biaya admin) 

Contoh perumpamaannya adalah:

Bapak Andi membeli motor Honda Blade seharga Rp 20.000.000 maka biaya premi yang harus dibayarkan bapak Andi adalah:

(Rp 20.000.000 x 3,5%) + Rp 29.000

Rp 729.000

Maka Bapak Andi perlu membayarkan premi/tahun sebesar Rp 729.000 untuk motor Honda Blade.

 

Berikan perlindungan lebih ke motor kalian 

asuransi motorMemberikan proteksi ke motor atas risiko kerusakan yang mungkin terjadi adalah langkah yang bijak. Untuk membeli asuransi, kalian bisa kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →