6 Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenis, Apa Pilihan Anda?

manfaat asuransi

Last Updated on January 6, 2022 by Andrian

Asuransi memiliki berbagai macam jenis dengan manfaat yang diperuntukkan untuk seluruh kalangan. Maka dari itu peran asuransi sangatlah penting dalam hidup seseorang. Manfaat asuransi adalah pembayaran atau layanan yang diberikan dalam keadaan tertentu berdasarkan ketentuan polis asuransi.

Menurut “Buku 4 Perasuransian Seri Literasi Keuangan” yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memiliki asuransi dapat dijadikan sebagai suatu mekanisme untuk mengantisipasi, menghindari, mengurangi, membatasi, atau bahkan mengalihkan risiko.

Hal ini dikarenakan mekanisme asuransi memungkinkan Anda sebagai pihak tertanggung membayar premi kepada perusahaan asuransi yang menerima risiko sebagai pihak penanggung.

Misalnya, ketika Anda jatuh sakit, rumah kebakaran, mobil lecet, atau masalah-masalah lain. Perusahaan asuransi dapat melakukan proses pengelolaan risiko asuransi tersebut sehingga Anda tidak mengalami kerugian finansial.

Manfaat Asuransi Secara Umum

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah benefits yang didapat apabila Anda memiliki asuransi. Manfaat-manfaat yang tertera di bawah ini berlaku untuk seluruh jenis asuransi karena ini didapatkan secara umum.

Memberikan Rasa Tenang, Aman, dan Terlindungi

Keuntungan pertama memiliki polis asuransi adalah biaya tidak terduga kalian akan ditanggung oleh pihak asuransi. Dengan begitu jika sewaktu-waktu kalian memerlukan biaya berobat, maka Anda tidak perlu mengeluarkan dana darurat karena dari pihak asuransi akan menanggung biaya berobat untuk Anda.

Dengan begitu, Anda akan lebih merasa tenang, aman, dan terlindungi karena Anda sudah mengetahui dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Pendistribusian yang Adil

Pendistribusian biaya dan manfaat antara pihak tertanggung dan pihak penanggung lebih adil. Hal ini dikarenakan semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian yang timbul, maka semakin besar pula preminya. Selain itu, asuransi juga dikenal sebagai instrumen pengalihan dan penyebaran risiko.

Dengan kata lain, memiliki asuransi memungkinkan risiko kerugian tak terduga yang Anda hadapi dapat dialihkan dan disebarkan kepada perusahaan asuransi.

Memberikan Kepastian

Manfaat utama asuransi salah satunya adalah memberikan kepastian karena asuransi pada dasarnya berupaya untuk mengurangi segala konsekuensi yang tidak pasti atau tidak diperkirakan sebelumnya dari suatu peristiwa yang merugikan. Peristiwa yang merugikan ini biasanya menimbulkan akibat finansial seperti ketika mendadak harus berobat ke dokter, mengalami kecelakaan, atau kehilangan barang berharga lainnya.

Sebagai Sarana Menabung dan Berinvestasi

Apabila Anda mendaftarkan diri kalian di asuransi, maka ada biaya bulanan yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi. Dengan begitu Anda akan dipaksa untuk menabung dan tentu hasilnya dapat berguna jika suatu saat muncul kondisi darurat yang membutuhkan banyak biaya.

Misalnya, ketika Anda memiliki asuransi jiwa, Anda akan membayar premi yang rutin setiap bulannya. Dapat dipahami ini merupakan cara tidak langsung menyediakan dana cadangan apabila di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Apabila peristiwa tidak terduga itu benar terjadi, maka Anda tidak harus membayar penuh kerugian melainkan nilai kerugian ini akan dibagikan dengan perusahaan asuransi karena setiap bulannya Anda sudah membayar premi.

Asuransi jenis tertentu jugas memungkinkan uang yang Anda asuransikan memiliki nilai uang yang dapat diambil seperti pada asuransi endowment atau whole life. Selain itu, ada pula produk asuransi yang digabungkan dengan investasi, yaitu unit link.

Jaminan Kredit

Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan kredit. Misalnya ketika Anda ingin melakukan kredit, terdapat beberapa perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan polis sebagai jaminan.

Akan tetapi, asuransi jiwa yang melakukan hal ini sangat selektif pada jenis kredit dan bank tertentu salah satunya adalah Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Masa Depan Lebih Terjamin

Keuntungan terakhir dan merupakan hal terpenting adalah masa depan lebih terjamin. Misalnya jika Anda adalah kepala keluarga dan sewaktu-waktu terjadi musibah yang menyebabkan mata pencaharian Anda hilang.

Apabila Anda sudah mendaftarkan diri ke asuransi jiwa, maka biaya hidup keluarga akan ditanggung oleh pihak asuransi. Tentunya dengan besaran yang sudah disepakati di dalam polis.

Selain itu, memiliki asuransi juga dapat meningkatkan kegiatan usaha atau bisnis Anda. Hal ini dikarenakan Anda tidak akan khawatir lagi akan terjadinya risiko lantaran perusahaan asuransi sudah meng-cover Anda.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Sebagaimana diketahui, asuransi memiliki berbagai macam jenis yang dikelompokkan berdasarkan proteksi atau perlindungan khusus sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Berikut ini adalah manfaat asuransi secara lebih rinci berdasarkan jenisnya yang ada di Indonesia.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan Anda perlindungan dari risiko setelah kematian atau cacat fisik yang mungkin terjadi. Apabila seorang pencari nafkah di keluarga meninggal dunia, maka yang ditinggalkan akan mendapatkan suatu jaminan finansial dari asuransi jiwa.

Perusahaan asuransi jiwa akan membayar sejumlah uang pertanggungan jika suatu musibah terjadi. Nilai uang yang dibayarkan ini sesuai dengan polis.

Adapun manfaat yang didapat dari kepemilikan asuransi jiwa antara lain:

  • Melindungi pihak tertanggung dari berbagai macam musibah yang mungkin akan terjadi di masa depan. Misalnya, kepala keluarga meninggal dunia atau sebab lainnya yang mengakibatkan kehilangan mata pencaharian.
  • Perlindungan dari risiko cacat sebagian maupun cacat total permanen.  Perusahaan asuransi jiwa akan membayarkan manfaat asuransi apabila tertanggung mengalami kecelakaan.
  • Dengan memiliki asuransi jiwa, artinya Anda dan keluarga secara finansial sudah terlindungi dari beban-beban finansial seperti membebaskan ahli waris dari beban tanggungan yang menyulitkan.
  • Sebagaimana telah disebutkan, terdapat beberapa perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan asuransi jiwa kredit untuk menjamin pelunasan hutang.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang membantu kebutuhan Anda dalam hal medis seperti biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, tindakan operasi, dan melahirkan.

Melalui sejumlah premi yang dibayarkan, Anda akan mendapatkan benefits sebagai berikut.

  • Manfaat rawat inap yang meliputi biaya rumah sakit, laboratorium, biaya persalinan, dan biaya gawat darurat.
  • Manfaat rawat jalan yang menanggung biaya konsultasi dokter baik itu umum mapun spesialis, menebus obat dengan resep, dan alat bantu lainnya yang dianjurkan dokter.
  • Manfaat nilai tunai didedikasikan untuk menggantikan biaya transportasi atau pendapatan yang hilang selama Anda dirawat di rumah sakit.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan juga merupakan produk asuransi populer yang kini diminati. Produk ini membuka lebar kesempatan kepada para orang tua untuk menyiapkan pendidikan anak sejak dini agar sang anak mendapatkan pendidikan terbaik.

Adapun manfaat dari asuransi pendidikan lainnya adalah:

  • Pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana sesuai dengan perjanjian di polis untuk setiap jenjang pendidikan buah hati Anda.
  • Pihak asuransi juga akan memberikan manfaat uang pertanggungan meninggal apabila pemegang polis meninggal dunia.

Asuransi Properti

Asuransi properti memberikan ganti rugi atas kerugian yang terjadi terhadap objek yang diasuransikan seperti rumah atau properti lainnya. Misalnya jika sebuah gudang kebakaran, pihak asuransi akan memberikan biaya ganti ruginya. Manfaat lainnya dari produk asuransi ini, yaitu:

  • Perlindungan maksimal untuk rumah beserta isinya.
  • Jaminan perlindungan dari berbagai risiko kebakaran, bencana alam, dan penyebab kerusakan lainnya.
  • Jaminan perlindungan dari risiko pencurian atau tindak kejahatan lain.
  • Biaya murah. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat perbandingan asuransi properti.

Asuransi Perjalanan

Asuransi ini wajib digunakan oleh Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Dengan adanya asuransi perjalanan maka apabila sewaktu-waktu Anda sebagai pemegang polis mengalami musibah atau kerugian selama perjalanan, biaya kerugian akan diganti oleh asuransi.

Manfaat asuransi perjalanan lainnya antara lain:

  • Perlindungan risiko kecelakaan
  • Mengganti biaya pengobatan atau cedera lainnya yang mungkin terjadi selama perjalanan.
  • Memiliki asuransi perjalanan juga memungkinkan Anda menerima kompensasi dari terjadinya penundaan atau pembatalan perjalan yang menggunakan transportasi umum misalnya naik pesawat.
  • Mendapatkan ganti rugi bagasi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.
  • Menanggung kerugian dari aksi terorisme dan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis asuransi ini merupakan salah satu asuransi yang banyak peminatnya di Indonesia. Keuntungan yang bisa kalian dapatkan adalah biaya servis kendaraan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Selain itu Anda juga akan merasa lebih tenang karena kendaraan bermotor Anda terlindungi. Anda pun dapat memiliki dana tambahan untuk melakukan perbaikan atau penggantian saat terjadi peristiwa merugikan.

Berikut adalah beberapa kerugian yang akan ditanggung oleh asuransi.

  • Kecelakaan lalu lintas
  • Pencurian
  • Kebakaran
  • Kerusakan kendaraan akibat kecerobohan sendiri.

Asuransi Barang Elektronik

Tak hanya hunian dan kendaraan bermotor saja, barang elektronik pun kini sudah dapat diasuransikan. Barang-barang yang dimaksud di antaranya laptop, PC, dan handphone,

Adapun jaminan dan polis yang ditawarkan, biaasanya perusahaan asuransi akan memberikan daftar risiko apa saja yang mereka jamin dan perluasan jamin lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat mendaftarkan handphone dan laptop Anda ke perusahaan asuransi antara lain.

  • Menjamin kerugian barang elektronik Anda dari risiko yang memungkinkan kerusakan seperti tegangan listrik yang mengganggu perangkat, kerusakan fisik, atau bencana dari luar lainnya.

Kapan Manfaat Asuransi Dirasakan?

Benefits asuransi dapat dirasakan ketika Anda mengalami suatu peristiwa merugikan yang dipertanggungkan sesuai dengan polis asuransi. Setelah itu, Anda dapat mengajukan klaim untuk menerima manfaat. Patut diingat, bahwa ada kemungkinan pengajuan klaim Anda ditolak. Untuk itu, sangat disarankan untuk membaca dan memahami secara rinci polis asuransi termasuk klausul pengecualian.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, apa saja manfaat dari memiliki asuransi? Jadi, yuk, buruan cari tahu produk asuransi yang tepat untuk Anda dan keluarga. CekPremi memiliki berbagai macam produk asuransi dengan manfaat perlindungan, premi yang murah, cara klaim yang mudah, dan alokasi investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil Anda.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot jalan ke kantor asuransi karena produk yang tersedia di CekPremi dapat dibeli secara online. Tinggal klik CekPremi melalui smartphone, laptop, atau tablet, Anda sudah bisa membandingkan dan membeli asuransi terbaik di Indonesia.

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →