Asuransi All Risk Atau TLO, Mana Yang Lebih Baik ?

asuransi
Image Source djtechtools.com

Ketika hendak menggunakan asuransi kendaraan, maka kita sering dihadapkan dengan dua pilihan jenis asuransi. Dua jenis asuransi tersebut adalah asuransi All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO). Memilih dengan tepat salah satu dari dua jenis asuransi tersebut akan sangat membantu anda dalam hal perencanaan keuangan. Karena mulai dari biaya premi sampai jumlah total pertanggungan akan sangat membantu anda dalam menghitung estimasi keuangan anda kedepan, juga berikut resiko-resiko yang bisa saja terjadi dan menyebabkan kerugian dimasa mendatang.

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Lalu mana yang lebih baik dari kedua jenis asuransi tersebut? Berikut adalah penjelasannya :

 

Perbedaan Perlindungan Yang Diberikan

Kategori yang pertama adalah Total Loss Only (TLO), jenis asuransi kendaraan ini hanya menjamin resiko kehilangan atau kerusakan pada kendaraan minimal 75% yang menyebabkan kendaraan tidak dapat digunakan lagi. Perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang klaim jika terjadi hal tersebut, namun tidak akan menanggung jika terjadi kerusakan kecil yang presentasenya tidak sampai 75 %.

 

Kelebihan asuransi kendaraan jenis ini adalah jaminan resiko kehilangan yang luas, jadi para pemilik asuransi kendaraan jenis TLO dapat mengajukkan klaim jika terjadi resiko kehilangan akibat pencurian, dengan syarat, total kehilangan minimal 75 %. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi malah ada yang menggabungkan perluasan jaminan Third Party Liability (TPL) dengan asuransi TLO. Third Party Liability atau yang biasa disebut dengan tanggung jawab pihak ketiga adalah perlindungan hukum yang diberikan jika anda menabrak kendaraan orang lain, namun tentu saja syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi tersebut.

 

Sekarang coba kita lihat untuk kategori kedua, yaitu jenis asuransi kendaraan all risk (asuransi gabungan). Asuransi all risk adalah tipe asuransi yang menjamin hampir semua resiko, tanpa menghitung besar atau kecilnya persentase kehilangan atau kerusakannya. Asuransi jenis ini juga disertai dengan penambahan perluasan jaminan seperti perusakan, dan hilangnya kendaraan. Selain menanggung seluruh resiko pada kendaraan, asuransi jenis ini juga memberikan perlindungan jika anda menabrak kendaraan lain atau yang biasa disebut dengan tanggung jawab pihak ketiga.

 

Mana Yang lebih Baik ?

Semakin mahal biaya premi tentu sebanding dengan perlindungan yang diberikan, jika kita membandingkan kedua jenis asuransi tersebut dari segi harga premi, maka asuransi TLO lah yang menang karena harga preminya yang lebih murah dibanding asuransi all risk. Tapi jika dilihat dari segi jaminan perlindungan maka anda bisa memilih asuransi all risk sebagai pemenangnya. Jaminan perlindungan yang diberikan asuransi all risk lebih banyak dari asuransi TLO.

 

Jika dilihat dari dua sisi tersebut maka skor nya adalah imbang, jadi untuk membandingkan mana yang lebih baik adalah dengan menyesuaikan kebutuhan kendaraan anda. Bila kebutuhan perlindungan kendaraan anda tidak terlalu banyak maka anda bisa menggunakan asuransi kendaraan jenis TLO, sebaiknya anda mengalihkan pengeluaran uang anda untuk kebutuhan lainnya.

 

Sebaliknya, jika kebutuhan perlindungan kendaraan anda sangat banyak, tak perlu piker panjang segera gunakan asuransi kendaraan all risk. Tentu resiko yang bisa terjadi tidak akan sebanding biaya yang dikeluarkan dengan harga premi jika kendaraan anda tanpa asuransi.

 

Asuransi all risk
Cek asuransi mobil terbaik anda disini mulai dari harga premi termurah (klik gambar)

Related Post

Leave a Reply

February 5, 2015

Posted In: Automotive, Features

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami