ATM Terblokir? Jangan Panik, Ikuti Cara Mengatasinya Ini

atm terblokir

ATM atau Anjungan Tunai Mandiri masih menjadi kartu yang sering digunakan untuk mengambil uang tunai atau transaksi lainnya. Masalah ATM terblokir pun tidak jarang dialami oleh nasabah. Penyebabnya bervariasi mulai dari salah memasukkan PIN sampai 3 kali. 

PIN berupa 6 digit angka seringkali terlupakan oleh nasabah yang mungkin saja memiliki lebih dari satu kartu ATM. Bagaimana jika Anda mengalaminya sendiri, langkah apa saja yang sebaiknya diambil agar ATM kembali pulih? Lalu apakah atm terblokir uangnya hilang? Cek jawabannya. 

Langkah Tepat Mengatasi ATM Terblokir

Panik tentunya setelah Anda memasukkan PIN sebanyak tiga kali tapi ternyata uang tidak kunjung keluar. Bahkan pada layar mesin ATM muncul tulisan bahwa transaksi tidak bisa dilakukan. Apalagi jika saat ini adalah waktu akhir pekan dan bank tentu saja tutup sehingga Anda tidak bisa datang untuk mengurusnya. 

Anda bahkan berpikir bahwa masalah ATM terblokir ini menjadi indikasi bahwa isi tabungan Anda terkuras habis oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Wajar saja jika Anda khawatir karena memang saat ini banyak tindak kejahatan yang membuat uang terkuras ketika Anda menggunakan mesin ATM. 

Apabila terblokirnya ATM Anda karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka tidak perlu khawatir karena uang di rekening tidak akan hilang. Bank hanya menutup rekening Anda sementara, dan untuk bisa membukanya kembali beberapa langkah ini akan membantu. 

  • Menghubungi Call Center Bank 

Sumber: https://elements.envato.com/selective-focus-of-call-center-operators-working-a-XSJGXXT

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi call center dari bank. Nomor call center tersedia pada setiap mesin ATM dan bisa Anda telepon secara langsung. Proses ini akan menghabiskan pulsa, jadi pastikan Anda sudah mempersiapkannya. 

Menelepon call center menjadi cara membuka blokir ATM tanpa ke bank. Jadi jika ATM Anda terblokir di hari Sabtu, Minggu atau di luar jam buka bank Anda bisa mengikuti cara ini. Pihak call center akan membantu memberikan solusi pada masalah yang Anda alami. 

Pihak call center akan memberikan beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan benar. Mulai dari informasi NIK, nama ibu kandung, nomor rekening, sampai dengan PIN ATM. Beberapa bank mungkin akan memberikan pertanyaan tambahan jadi sebaiknya persiapkan jawaban dari informasi tersebut. 

Dalam waktu kurang lebih 10 menit, pihak bank akan membuka blokiran ATM Anda kembali. Sekarang Anda tinggal mencoba untuk menggunakan ATM kembali, seharusnya sudah tidak ada masalah kembali. 

  • Mendatangi Bank 

Pada beberapa kasus mungkin Anda tidak bisa membuka ATM terblokir secara langsung melalui call center. Jadi Anda harus menunggu jadwal buka bank untuk bisa datang langsung, namun setelah menelepon biasanya call center akan membekukan rekening sementara. 

Langkah ini juga bisa dilakukan jika ATM Anda tertelan akan hilang. Jika hilang, Anda harus membawa surat kehilangan dari Polsek. Selain membawa dokumen tersebut ada beberapa berkas lain yang juga harus dipersiapkan agar Anda tidak perlu bolak balik ke bank. 

Pertama adalah eKTP, buku tabungan dan juga kartu ATM. Pastikan Anda mengingat PIN ATM yang lama karena akan digunakan untuk reset. Bawa juga uang tunai untuk pengaktifan kartu ATM kembali. Masing-masing bank memiliki ketentuan biaya yang berbeda tapi tidak sampai ratusan bahkan puluhan ribu rupiah. 

Anda tinggal mengambil nomor antrian ke customer service (CS) bank. Jelaskan ke CS keperluan yaitu membuka blokiran ATM. Anda akan diminta menyerahkan berkas tadi dan menunggu CS menyelesaikan buka blokiran. Jika sudah selesai ATM dapat digunakan kembali. 

Bisakah Membuka Blokiran di Mobile Banking

Saat ini ada banyak layanan online yang disediakan oleh pihak perbankan bisa Anda manfaatkan seperti mobile banking sampai internet banking. Anda mungkin berpikir untuk mengakses layanan tersebut untuk membuka blokiran ATM. 

Sayangnya sampai saat ini setiap perbankan di Indonesia tidak memberikan layanan membuka ATM terblokir melalui mobile banking atau internet banking. Anda hanya bisa membukanya melalui call center sesuai bank tersebut atau datang ke kantor cabang bank. 

Jadi jika Anda mengalami pemblokiran sebaiknya segera menghubungi call center tanpa menunda lagi. Apalagi jika kartu ATM hilang maka penting untuk menghubungi call center agar rekening tidak bisa diakses oleh orang lain dengan begitu uang Anda akan aman. 

Jika Anda datang ke bank biasanya akan diminta untuk membuat PIN yang baru. Ketika kartu rusak, hilang atau tertelan Anda akan mendapatkan kartu yang baru. Tentu saja dengan biaya tambahan.

Tips agar ATM Tidak Mudah Terblokir 

Cara membuka ATM yang terblokir memang mudah, namun penting untuk Anda terus mengingat PIN ATM. Pasalnya cukup memakan waktu juga untuk membuka blokiran apalagi jika Anda diharuskan untuk datang ke bank. 

Supaya ATM tidak mudah terblokir maka beberapa tips berikut ini bisa Anda ikuti. 

  • Pilih PIN yang Mudah Diingat 

Membuat PIN tidaklah mudah, karena Anda harus membuat angka yang tidak berhubungan dengan tanggal lahir, nomor rumah dan sejenisnya. Tujuannya agar PIN tidak mudah ditebak orang lain jika Anda kehilangan kartu. 

Meskipun nomor PIN harus dibuat unik, Anda harus memilih yang mudah diingat. Ada 6 digit angka untuk PIN di setiap ATM dan Anda bisa membuat dari nomor kendaraan kesayangan, tanggal penting dan masih banyak lagi. 

  • Menggunakan PIN yang Sama untuk Setiap Rekening 

Satu kesalahan jika Anda membuat begitu banyak PIN untuk setiap rekening yang dimiliki. Hal ini membuat Anda lebih mudah salah memasukkan PIN ke mesin ATM. Sebaiknya gunakan PIN yang sama untuk semua rekening yang Anda miliki untuk meminimalisir kesalahan. 

  • Mencatat PIN 

Anda bisa juga mencatat PIN ini pada dokumen tertentu yang tersimpan dengan aman. Hindari menyimpannya di smartphone karena mudah di-hack. Anda bisa mencatatnya di buku harian atau buku tabungan yang disimpan di rumah. 

Pastikan untuk membuka catatan sebelum Anda akan mengakses mesin ATM. Jadi Anda tidak akan mudah lupa dan menghindari ATM terblokir. 

Tidak hanya PIN ATM saja yang harus Anda ingat dan jaga keamanannya. Anda juga harus menjaga keamanan diri sendiri dengan memiliki asuransi kesehatan. Asuransi ini akan memberikan perlindungan luar biasa bagi Anda di masa depan. Pemilihan asuransi bisa Anda cek terlebih dahulu di Cekpremi.

Cekpremi akan memudahkan Anda membandingkan asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Anda pun bisa mendapat perlindungan terbaiknya. Akses Cekpremi sekarang juga untuk menemukan asuransi paling tepat. 

Sumber: 

CNBC Indonesia

Katadata

Finansial Bisnis

OCBC INSP

Warta Ekonomi