Ban serep berbeda dengan ban utama, begini cara penggunaannya

ban serep

Ban serep mobil sangat penting keberadaannya. Pabrik mobil menyediakan ban serep untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu ban utama mobil kesayanganmu bocor atau pecah di tengah perjalanan. Hal ini akan sangat membantumu saat berkendara.

Kamu tidak boleh meremehkan keberadaan ban cadangan ini. Perawatan berkala untuk ban yang satu ini juga wajib dilakukan. Jangan sampai hanya sebagai pelengkap dan hiasan saja.

Masih saja ada orang yang menganggap ban cadangan tidak terlalu penting. Bahkan, sejak pertama kali membeli mobil, kondisi ban pengganti tidak pernah diperhatikan. Sehingga saat dibutuhkan, ban pengganti tersebut tidak bisa digunakan.

Biasanya, ban cadangan mobil mempunyai ukuran lebih kecil dibanding dengan ban utama mobil. Jika dicermati, lebar tapak ban cadangan nampak lebih kecil. Tujuan dari ukuran yang berbeda ini adalah untuk menghemat ruang di bagasi.

Namun, tidak semua tipe mempunyai ukuran ban cadangan yang lebih kecil. Ada juga yang ukurannya sama dengan ban utama. Untuk mobil dengan bagasi yang tidak terlalu luas, biasanya memakai ban cadangan yang lebih kecil dari ban utama.

Tujuan lain dari ukuran ban cadangan yang lebih kecil ini adalah agar ban cadangan tidak digunakan untuk aktivitas harian mobil. Sebab, hal tersebut bisa membahayakan mobil karena ukurannya yang lebih kecil dibanding dengan ban utama.

Penggunaan ban cadangan mobil ini juga tidak boleh sembarangan karena tapaknya yang lebih tipis. Selain itu, kecepatan maksimum yang diperbolehkan saat menggunakan ban cadangan maksimal hanya 80 kilometer per jam.

Kegunaan Ban Serep Mobil

Bisa dilihat dari namanya, kegunaan dari ban cadangan adalah untuk mengganti ban utama jika sewaktu-waktu ban utama mengalami bocor atau pecah di tengah perjalanan. Biasanya, ban cadangan ini disimpan di bagasi mobil, kolong mobil atau di balik pintu belakang mobil.

Selain kegunaan utama tadi, ban cadangan juga mempunyai beberapa kegunaan lainnya. Berikut ini kegunaannya yang perlu kamu ketahui.

  • Membuat Jok Baris Ketiga Lebih Nyaman

Ban cadangan yang diletakkan di kolong mobil bisa membuat penumpang yang duduk di jok baris ketiga nyaman. Pasalnya, jika di bawah jok terdapat ban cadangan, lantai mobil bisa bertambah naik.

Dengan catatan, ban cadangan tersebut harus diikat kuat-kuat.

  • Sebagai Bumper Tambahan

Ban cadangan ini bisa berguna sebagai bumper tambahan jika diletakkan di balik pintu belakang mobil. Jika sewaktu-waktu terjadi benturan dari belakang, ban tersebut akan membantu menahannya. Hal tersebut akan sangat membantu dalam menjaga keselamatan.

Perbedaan Ban Serep dengan Ban Utama

Antara ban cadangan dengan ban utama, ada perbedaan yang perlu kamu ketahui. Hal ini akan membantumu dalam menggunakannya. Jangan sampai kamu salah paham dalam penggunaan ban cadangan ini.

Berikut ini perbedaan antara ban cadangan dengan ban utama yang penting untuk kamu ketahui.

  • Ukuran Ban

Tidak semua ukuran ban cadangan sama dengan ukuran ban utama. Biasanya, ukuran ban cadangan ini lebih kecil dibanding dengan ban utama. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang bagasi mobil.

Namun, ada beberapa tipe mobil yang ukuran ban utama dengan ban cadangannya sama.

Untuk ukuran ban cadangan yang lebih kecil ini, kamu harus berhati-hati dalam menggunakannya. Selain itu, kamu tidak boleh terlalu kencang dalam berkendara saat sedang menggunakan ban cadangan. Kecepatan maksimumnya pun dibatasi.

  • Bersifat Sementara

Berbeda dengan ban utama, ban cadangan hanya bisa digunakan untuk sementara. Artinya, ban ini hanya bisa digunakan pada saat kondisi darurat dan harus segera diganti dengan ban utama.

Selain itu, ban cadangan ini tidak bisa digunakan layaknya ban utama. Kamu hanya bisa mengendarai mobil dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam saat menggunakan ban cadangan.

Nah, demikian tadi informasi penting mengenai ban cadangan yang perlu kamu ketahui. Kamu tidak boleh mengabaikan piranti mobil yang satu ini. Untuk itu, kamu harus memeriksanya secara rutin dan melakukan perawatan secara berkala.

Kamu bisa memeriksa tekanan ban setidaknya setiap sebulan sekali. Upayakan agar tekanan angin ban cadangan tetap ideal.

Meskipun ban cadangan ini jarang dipakai, keberadaannya sangat penting. Saat kamu sedang di tengah perjalanan dan ban utama mengalami bocor atau pecah, ban cadangan menjadi penolong utamanya. Untuk itu, jangan sampai ban yang satu ini tidak kamu bawa.

Di tengah lalu lintas yang semakin padat ini, ada baiknya kamu melindungi mobil kesayanganmu dengan menggunakan asuransi mobil. Dengan asuransi mobil, kamu bisa terhindar dari risiko kerugian akibat kecelakaan dan kehilangan.

Kamu tidak perlu bingung dalam memilih mana asuransi mobil yang terbaik. Rekomendasi mobil terbaik di Indonesia bisa kamu temukan di cekpremi. Segera kunjungi cekpremi dan temukan asuransi mobil yang sesuai dengan keinginanmu.

Pertanyaan Seputar Ban Serep

Tidak bisa dipungkiri, keberadaan ban cadangan sangat penting untuk mengganti ban mobil yang bocor atau pecah di tengah perjalanan. Mengenai ban yang satu ini mungkin masih ada pertanyaan yang terbersit. Berikut ini contoh pertanyaan yang biasanya diajukan mengenai ban serep mobil.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Mengapa mobil biasanya diberi ban cadangan?” answer-0=”Ban cadangan atau ban serep merupakan piranti mobil yang harus selalu ada. Pasalnya, ban cadangan bisa digunakan untuk mengganti ban utama yang bocor atau pecah saat sedang berada di tengah perjalanan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah ban serep lebih kecil?” answer-1=”Ban serep biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding ban utama. Tapak ban cadangan juga lebih tipis. Maka dari itu, penggunaannya hanya bersifat sementara yaitu, saat kondisi darurat saja dan harus segera diganti.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]