Anti Karat untuk Mobil: Fungsi dan Rekomendasi Cat Terbaik

anti karat

Karat merupakan masalah yang biasa terjadi pada kendaraan. Penyakit ini akan menggerus dan membuat material logam menjadi korosi. Untuk mencegahnya, kamu memerlukan lapisan anti karat.

Sebelum membahas anti karat lebih lanjut, ketahui terlebih dahulu penyebab karat pada mobil.

Penyebab Karat pada Mobil

Berikut beberapa faktornya.

  • Air Asin

Pemilik kendaraan yang tinggal di dekat pantai perlu memberikan perawatan ekstra untuk mobilnya. Pasalnya, kelembaban cuaca di sekitar laut sangat tinggi, sehingga bisa memicu timbulnya karat.

  • Tanah atau Lumpur

Ketika melintasi kubangan dan jalanan becek, bagian bawah paling sering terkena cipratan tanah, lumpur, atau air kotor. Bila tak segera dibersihkan, noda dan kotoran tersebut akan menjadi kerak, lalu berubah menjadi karat.

  • Air Hujan

Kendaraan perlu lebih sering dicuci setelah terkena guyuran hujan. Karena jika dibiarkan mengering, air hujan bisa membuat karat pada mobil.

  • Bekas Tabrakan

Gores, lecet, bahkan penyok, merupakan luka yang biasa terjadi pada bodi mobil setelah mengalami tabrakan. Masalah ini perlu segera ditangani agar tak mengakibatkan karat.

Apa Fungsi Anti Karat?

Anti karat biasa disebut rustproofing berfungsi untuk mencegah atau menunda kemunculan karat pada objek berbahan besi atau baja. Proses ini dilakukan dengan memberikan lapisan khusus pada permukaan benda.

Pada mobil, pemasangan anti karat umumnya dilakukan di bagian dalam sepatbor dan kolong sasis. Di samping itu, pemasangan lapisan ini juga kerap dilakukan untuk pelat bagian dalam pintu.

Lapisan anti karat juga bisa berfungsi sebagai peredam suara untuk membantu menciptakan kabin yang lebih senyap.

Rekomendasi Cat Anti Karat untuk Mobil

  • Ultragard

Cat anti karat mobil ini dikenal ramah lingkungan. Karena mengandung bahan melawan korosi yang ramah terhadap lingkungan. Dengan memilih merek satu ini, kamu tidak akan terkena alergi atau mencemari lingkungan.

Ultragard juga diketahui memiliki atomized system yang dilengkapi dengan airless spray gun. Dua hal ini membuat Ultragard menghasilkan partikel yang mampu menjangkau seluruh bagian mobilmu.

Ultragard tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari yang kecil sampai besar.

  • Flintkote

Brand cat anti karat mobil satu ini cukup kental. Sebelum diaplikasikan ke mobil, kamu dapat menambahkan thinner ke dalam cat tersebut jika menginginkan tekstur yang sedikit encer.

Selain agar teksturnya tidak terlalu kental, pemakaian thinner pada Flintkote juga membuat merek cat ini bisa kering dalam waktu cepat.

Cat anti karat ini cocok dipakai untuk mencegah korosi di bagian atap, struktur besi, dan kolong mobil.

  • Tuff Kote Dinol

Merek cat anti karat mobil yang pertama adalah Tuff Kote Dinol. Brand ini sudah ada di Indonesia sejak 1975, dan konon dibuat dari bahan impor yang mampu melindungi mobil secara menyeluruh.

Terdapat dua pilihan Tuff Kote Dinol yaitu Penetrant dan Sealant. Penetrant berbentuk cair dan berwarna kekuning-kuningan. Sedangkan Sealant bentuknya lebih kenyal, serta berwarna coklat kehitam-hitaman.

  • Protera Protection

Protera Protection bukan sekadar cat anti karat mobil semata. Tapi juga bisa menjadi peredam kabin mobil. Untuk memakai merek ini, kamu cukup menyemprotkannya di bagian manapun yang kamu inginkan.

Cat yang telah disemprotkan nantinya akan meresap dengan sendiri setelah 20 menit.

Tidak seperti cat anti karat mobil pada umumnya, Protera Protection tidak dibuat dalam bentuk waterbase, melainkan solvenbase. Brand ini diyakini bisa bertahan hingga lima tahun.

  1. Ziebart

Ziebart adalah cat anti karat mobil terakhir yang bisa kamu pilih. Merek ini juga tergolong lama, hadir di Indonesia sejak 1979.

Brand ini memiliki tiga varian, yaitu full body rust protection, underside rust protection, dan rust eliminator.

Tak hanya perlindungan terhadap karat, kendaraanmu juga perlu proteksi menyeluruh dengan maksimal. Dan kamu bisa mendapatkannya dari asuransi mobil.

Kamu dapat menemukan proteksi yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di Cekpremi, portal online pembelian asuransi nomor satu dan terpercaya di Indonesia.

Segera kunjungi Cekpremi untuk asuransi mobil terbaik.

Pertanyaan Seputar Anti Karat

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa Harga Cat Anti Karat untuk Mobil?” answer-0=”Harga cat anti karat pada mobil tergantung merek dan ukurannya. Biasanya ada di kisaran harga Rp 50 ribu untuk 1 liter cat, hingga ratusan ribu. ” image-0=”” count=”1″ html=”true” css_class=””]