Mengenal Tugas Bancassurance Specialist dan Kualifikasinya

bancassurance specialist

Pernah mendengar lowongan kerja menjadi bancassurance specialist? Apa saja yang dilakukan oleh posisi ini dan seperti apa kualifikasi yang harus dipenuhi? Anda yang tertarik untuk bekerja di bidang perbankan atau asuransi tentu harus memahami istilah ini.

Biasanya perusahaan asuransi yang akan membuka lowongan spesialis bancassurance ini. Sebelum melamar alangkah baiknya untuk tahu tugas dan tanggung jawabnya supaya Anda tidak merasa salah untuk mendaftar. 

Mengenal Apa Itu Bancassurance Specialist

Sebelum memahami pengertian dari spesialis bancassurance, Anda perlu tahu pengertian dari bancassurance itu sendiri. Bancassurance adalah program kerja sama yang dilakukan oleh pihak bank dengan asuransi. 

Anda tentu pernah mendapat tawaran asuransi dari perbankan bukan? Perbankan sendiri tidak pernah memiliki produk asuransi khusus. Biasanya produk yang mereka tawarkan tersebut adalah bentuk kerja sama dengan perusahaan asuransi. 

Perusahaan perbankan akan menawarkan nasabahnya untuk mendaftar produk asuransi tersebut. Tujuannya agar bank mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan. Pihak asuransi juga akan mendapat keuntungan karena produknya semakin banyak terjual. 

Nah, orang yang bertanggung jawab untuk mengurus kerja sama ini adalah bancassurance specialist. Jadi Anda yang berada di posisi spesialis bancassurance akan bekerja mengawasi dan menjalankan kerja sama yang dilakukan agar bisa mencapai dengan target. 

Mengingat kerja sama biasanya dilakukan oleh dua perusahaan cukup besar maka peran spesialis bancassurance sangatlah penting. Jadi Anda harus bisa menjalankan program sampai berhasil. 

Tugas dan Tanggung Jawab Spesialis Bancassurance

Sumber: https://elements.envato.com/business-financing-accounting-banking-concept-busi-LBRDKWT

Memiliki peran yang sangat penting, membuat spesialis bancassurance punya tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. Posisi ini harus bisa memelihara hubungan baik antara dua perusahaan sekaligus nasabah. 

Mengingat bank hanya berperan untuk menawarkan saja, namun selanjutnya untuk urusan pelayanan adalah pada pihak asuransi. Kerja sama yang cukup besar harus bisa dilakukan oleh bancassurance specialist dengan tim penjualan sampai dengan customer service. 

Berikut ini apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus diemban. 

  • Membuat Perencanaan Penjualan 

Spesialis bancassurance harus bisa merancang konsep penjualan asuransi yang akan dilakukan oleh pihak perbankan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui dan memberikan informasi ke bank seperti apa produk asuransi yang akan ditawarkan tersebut. 

Rancangan penjualan asuransi ini tidak hanya berlaku pada satu kantor cabang bank saja, namun juga ke berbagai perusahaan. Misalnya pihak perbankan yang akan menawarkan asuransi ke nasabahnya yang merupakan pemilik perusahaan. Tujuannya agar lebih banyak asuransi yang terjual. 

  • Melakukan Penjualan di Kantor Cabang Bank 

Tidak jarang juga spesialis bancassurance harus terjun ke lapangan untuk menjalankan rancangan penjualan yang sudah dibuatnya bersama dengan tim. Jadi spesialis bancassurance tidak hanya bekerja di balik layar tetapi juga menghadapi nasabah secara langsung. 

Oleh karena itu, spesialis bancassurance harus mengetahui seperti apa kebutuhan dari masing-masing nasabah. Kebutuhan tersebut nantinya harus bisa terpenuhi dengan kehadiran asuransi yang ingin ditawarkan sesuai profil risiko nasabah. 

  • Monitoring Hasil Penjualan 

Mulai dari rancangan sampai dengan monitoring semuanya dilakukan oleh spesialis bancassurance. Spesialis bancassurance harus tahu betul apakah target penjualan asuransi tercapai sesuai dengan rancangan yang dibuat sebelumnya. Jika belum maka harus tahu strategi apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. 

Begitu juga ketika target bisa dicapai maka apa saja peningkatan yang selanjutnya harus dilakukan. Sambil monitoring, spesialis bancassurance harus bisa memastikan bahwa lalu lintas penjualan produk berjalan dengan baik kepada nasabah lama dan baru. 

  • Menciptakan Hubungan Baik 

Merupakan tanggung jawab spesialis bancassurance yang terbesar karena harus bisa menciptakan hubungan baik antara pihak perbankan dan juga asuransi. Jangan sampai kedua perusahaan salah komunikasi sehingga mengakibatkan kerja sama gagal. Jika gagal, akan merugikan nasabah yang juga mencoreng nama bank dan perusahaan asuransi. 

Semua laporan penjualan juga harus disampaikan kepada masing-masing perusahaan dengan benar. Berikut dengan rancangan atau strategi penjualan yang akan dilakukan setiap bulannya. Dengan begitu kedua perusahaan mengetahui perkembangan kerja sama mereka. 

  • Melakukan Follow Up ke Nasabah 

Bancassurance specialist tidak hanya bekerja untuk mencapai target penjualan saja tetapi juga follow up nasabah. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kinerja pengalaman nasabah ketika mengakses produk asuransi tersebut. 

Follow up juga menjadi cara untuk memasarkan asuransi agar nasabah mau terus melanjutkan bahkan jika perlu membeli produk lagi. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan citra perusahaan. 

Kualifikasi yang Dibutuhkan untuk Menjadi Spesialis Bancassurance

Mengamati semua tugas dan tanggung jawab bancassurance specialist, tidak heran bahwa untuk bekerja di bidang ini diperlukan kualifikasi khusus. Ada begitu banyak hubungan yang terjalin dengan target-target yang harus dipenuhi. 

Biasanya beberapa kualifikasi berikut ini yang dibutuhkan perusahaan perbankan atau asuransi yang membuka lowongan spesialis bancassurance

  • Kualifikasi Pendidikan 

Latar belakang pendidikan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan. Kualifikasi ini selalu ada di lowongan spesialis bancassurance yang tersedia. Biasanya dibutuhkan pendidikan minimal S1 atau D3 perbankan, keuangan, pemasaran dan bidang yang terkait. 

S1 atau D3 menjadi latar belakang pendidikan yang dirasa cukup untuk bisa membangun hubungan baik dengan nasabah sekaligus perusahaan. Selain itu juga dianggap baik untuk bisa mencapai target yang telah ditentukan. 

  • Kualifikasi Pengalaman 

Bancassurance officer adalah pekerjaan yang tergolong cukup berat karena tanggung jawab yang tinggi. Biasanya dibutuhkan kualifikasi berupa pengalaman satu atau dua tahun pada posisi yang sama. 

Beberapa perusahaan mungkin saja menerima lulusan baru, namun biasanya akan menjadi spesialis bancassurance junior yang akan langsung menawarkan asuransi ke nasabah. Hanya yang sudah berpengalaman kebanyakan mendapat tugas untuk membuat rancangan penjualan. 

  • Keterampilan Menganalisis Data 

Keterampilan yang satu ini juga menjadi kemampuan yang paling banyak dicari. Spesialis bancassurance akan bekerja dengan banyak data sehingga kemampuan ini sangat dibutuhkan. Pengalaman di bidang data analisis juga akan menjadi nilai tambah ketika Anda berencana untuk melamar. 

Anda yang bekerja sebagai bancassurance specialist berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Sangat mudah bagi Anda untuk bisa membeli rumah sebagai aset properti yang paling baik saat ini. 

Anda yang berencana untuk membeli rumah, jangan lupa untuk membeli juga asuransi properti. Pastikan saja bahwa Anda sudah membandingkan asuransi terbaiknya melalui Cekpremi. Anda bisa mencari mana asuransi properti yang sesuai dengan preferensi melalui Cekpremi. 

 

Sumber: 

OCBC NISP

BNI – Life

Kampung Inggris