5 Jenis Asuransi di Indonesia yang Perlu Anda Tahu, Simak Yuk!

jenis asuransi di indonesia

Asuransi sudah menjadi kebutuhan umum bagi berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Kehadiran beragam jenis asuransi di Indonesia pun semakin memudahkan masyarakat dalam memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Seperti yang diketahui, asuransi adalah layanan yang berfungsi untuk melindungi diri kita dari kerugian keuangan yang disebabkan karena hal-hal yang tak terduga.

Cara kerjanya yaitu tertanggung asuransi membayarkan sejumlah premi sesuai kesepakatan kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan imbal balik berupa perlindungan.

Menurut salah satu lembaga survei di Indonesia, masyarakat Indonesia disebut masih mau menyisihkan 10% penghasilannya untuk membayar asuransi.

Sayangnya, tak semua produk asuransi yang tersedia di Indonesia diminati masyarakat karena berbagai alasan.

Lalu, apa saja jenis asuransi yang paling populer dan paling banyak diminati masyarakat Indonesia?

Simak beberapa jenis asuransi di Indonesia terpopuler yang bisa Anda miliki di bawah ini.

5 Jenis Asuransi di Indonesia yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi di Indonesia yang paling populer pertama yaitu asuransi jiwa.

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang berfungsi sebagai proteksi keuangan berupa santunan kepada keluarga pemilik asuransi jika terjadi kematian.

Asuransi ini akan menolong pihak keluarga yang ditinggalkan oleh tertanggung asuransi dengan cara mendapatkan sejumlah uang santunan.

2. Asuransi Kesehatan

Salah satu jenis asuransi yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Peranannya yang sangat penting menjadi salah satu alasan asuransi ini wajib Anda dan keluarga miliki.

Umumnya, asuransi ini akan menanggung biaya proses perawatan ketika Anda mengalami masalah kesehatan seperti sakit, cedera, cacat, hingga kecelakaan.

Baca juga:4 Alasan Betapa Pentingnya Asuransi Kesehatan!

3. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi ini sempat begitu diminati ketika terjadi kerusuhan pada tahun 1998.

Kala itu, masyarakat Indonesia menginginkan proteksi bagi kendaraannya karena adanya pengrusakan pada sejumlah kendaraan akibat adanya kerusuhan yang terjadi.

Asuransi kendaraan penting untuk Anda miliki karena akan membantu dalam hal biaya ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan atau kehilangan.

4. Asuransi Properti dan Rumah

Bagi Anda yang memiliki rumah atau berinvestasi dalam bidang properti, tentu jenis asuransi di Indonesia yang satu ini wajib Anda miliki.

Asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap properti dan rumah Anda apabila terjadi musibah seperti kebakaran, bencana alam, hingga perang.

Walaupun hal tersebut tidak pernah kita harapkan, namun sebaiknya bekali setiap properti dan rumah Anda dengan asuransi ini agar lebih terlindungi.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan asuransi yang berfungsi sebagai perlindungan masa depan pendidikan anak.

Pendidikan anak sudah menjadi prioritas bagi orang tua untuk menjamin masa depan anak yang lebih cerah.

Jenis asuransi yang satu ini menjadi solusi terbaik agar Anda bisa terus membekali anak dalam mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

***

Melihat penjelasan tersebut, kita tahu bahwa asuransi sangat penting bagi Anda dan keluarga agar hidup lebih terlindungi secara maksimal. Jangan lupa beli asuransinya di cekpremi.com ya!