Banjir Datang ! Cek Resiko Banjir Polis Asuransi Mobil Anda

Asuransi Mobil
Image Source chinadaily.com.cn

Jika terjadi hujan lebih dari satu jam di ibukota maka itu adalah sebuah tanda peringatan bahwa akan ada beberapa jalanan yang tergenang air. Jakarta dan banjir memang menjadi satu hal yang sangat lekat, seperti dua sisi mata uang. Pada beberapa titik seperti di dataran atau jalan yang lebih rendah, serta cekungan dapat ditemui genangan-genangan air, dan sudah pasti jika anda pengendara mobil terjebak diantaranya berarti anda dalam masalah.

 

Pemilik asuransi mobil tentu tidak akan merisaukan banjir yang tiap tahunnya “bertamu” di Ibukota, seperti yang kita ketahui di dalam polis asuransi mobil terdapat jaminan perlindungan terhadap resiko banjir. Namun kadang hal ini kurang disadari oleh para pemilik asuransi itu sendiri.

 

Kemungkinan ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak memberikan perluasan jaminan terhadap resiko banjir. Nah anda harus teliti polis asuransi apakah menanggung resiko banjir atau tidak? Luangkan waktu barang 5 atau 10 menit untuk membaca dan memahami isi polis asuransi anda.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diperhatikan dalam polsi asuransi mobil:

 

1. Baca kembali isi dari polis asuransi mobil dan perhatikan poin tentang pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir. Biasanya hal ini dikenal dengan nama “perluasan”.

 

2. Jika tidak ada perluasan resiko banjir, segera hubungi pihak asuransi terkait lalu minta untuk menambahkan perluasan tersebut ke dalam polis asuransi anda.

 

3. Buat sudah ada perluasan pertanggungan resiko banjir, bukan berarti bisa dengan sengaja menerabas tingginya genangan air. Sebisa mungkin tetap hindari genangan air. Kondisi mobil yang pernah dilakukan reparasi dengan yang masih utuh dan belum sama sekali direparasi pastinya berbeda.

Kita analogikan dengan kualitas pemain sepakbola yang belum pernah cidera dan yang sudah pernah cidera. Tentu pemain sepak bola yang belum pernah cidera memiliki skill yang lebih baik. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

 

4. Alasan kenapa anda harus tetap menghindari jalan yang tergenang air adalah agar klaim asuransi mobil anda tidak gugur, sengaja memaksa atau menerobos daerah yang terkena banjir merupakan salah satu hal yang dapat mengugurkan klaim. Selain itu hal yang dapat mengugurkan klaim adalah berkendara tanpa surat-surat resmi. Sekali lagi ditekankan bahwa memahami isi dan membaca ulang polis asuransi itu penting.

 

5. Jika masih ada beberapa poin yang sulit anda mengerti, segera tanyakan langsung isi polis asuransi anda ke petugas secara rinci.

 

asuransi mobil
Pilih asuransi mobil terbaik (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 22, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami