Kabar Gembira Untuk Masyarakat Indonesia, BBM Premium Turun Harga

BBM
Image Source sidomi

Tahun 2015 lalu para negeri penghasil minyak terbesar di dunia kembali di pusingkan dengan harga minyak yang semakin turun harganya hingga 35%. Harga minyak yang prenah menempuh level US$ 37 pe barel ini ialah paling drastic menurun sejak terjadinya kerisis keuangan Global.

Sejumlah pakar pun memperkirakan bahwa harga minyak dunia ini akan meningkat pada tahun 2016 pada bulan Febuari yaitu sekitar US$ 38 per barel. Namun, hal itu seperti bertolak belakang dengan yang terjadi di Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan bahwa pada 5 Januari 2016 harga premium dan Solar akan turun dengan masing-masing penurunan 8% untuk premium yang semula harganya Rp7.300 menjadi 7.150, hargfa sebenarnya ialah Rp6.900 akan tetapi untuk pengguna premium dipungut harga ketahanan Energi Rp200/liter.  Sedangkan untuk solar sendiri harga yang ditetapkan oleh pemerintah ialah Rp.5.950 yang semula harganya Rp.6.900 untuk solar ini harganya turun hingga 18% dengan harga sebenarnya ialah Rp 5.650 dan dikenakan biaya ketahanan energy sebesar Rp.200. Tujuan dari dipungutnya biaya ketahanabn energi ialah agar Indonesia dapat menyimpan sebanyak Rp200/liter dalam membangun energy terbarukan yang tentunya suatu saat akan sangat bermanfaat bagi negeri tercinta ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri ESDM di jumpa pers sidang kabinet paripurma pada  Rabu, 23 Desember 2015 yang dipimpin oleh presiden Joko Widodo.

Penurunan harga BBM ini akan mulai turun 5 januari karena untuk memberi kesempatan bagi distributor , SPBU dan pengencer BBM agar mereka bisa menghabiskan stok sehingga mereka tidak mengalami kerugian yang drastis. Bukan hanya itu saja, tujuan lainnya adalah agar pertamina dapat berkesempatan untuk membenahi sistem yang sebelumnya di tahun-tahun yang lalu.

Sementara untuk penurunan bahan bakar ini disebabkan karena 3 hal yaitu harga minyak dunia yang semakin turun, kemudian kurs Indonesia dan efisiensi mata rantai pasokan pertamina, dimana seperti yang kita ketahui bahwa pertamina sebagai penanggung jawab terbesar pasokan ynag mencapai hingga 97% yang semakin efisiensi.

Tentunya, harga BBM yang akan turun ini akan memperngaruhi barang-barang pokok bagi kebutuhan masyarakat. Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa tahun terakhir ini harga barang pokok semakin menaik ynag diakibatkan oleh kenaikan BBM pula. Masyarakat pun mempunyai harapan besar untuk penurunan harga BBM, selain harga barang pokok yang menurun harga angkutan pun diharapkan juga dapat turun. Agar masyarakat semakin dimudahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebijkan yang dilakukan pemerintah patut di acungkan jempol, karena kita sebagai masyarakat awam tentunya akan tetap percaya kepada setiap keputusan pemerintah untuk memajukan masyarakat. Namun, ada baiknya setiap keputusan tersebut tidak banyak membuat Indonesia menjadi mengalami kerugian yang berlebihan, seperti yang kita ketahui beberapa negara di dunia mengalami penurunan perekonomian yang menurun, semoga Indonesia tidak mengalami dampak yang merugikan dalam perekonomiannya.

 

BBM
Yukk pilih asuransi mobil terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 5, 2016

Posted In: Hot News

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami