Beberapa Manfaat Kopi Yang Baik Untuk Kesehatan

Image Source mey20.wordpress.com
Image Source mey20.wordpress.com

Siapa yang tak mengenal kopi. Hampir seluruh termasuk di Indonesia, sudah tidak asing lagi di telinga. Minuman yang satu ini telah menjadi primadona di dalam hati pencintanya. Selain nikmat untuk di minum, ada juga beberapa manfaat dari kopi itu sendiri. Kopi telah sangat populer sebagai minuman di pagi hari yang biasanya dikomsumsi untuk mengawali hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar, dan juga umum digunakan sebagai minuman untuk menemani di saat tidur larut malam.

Walaupun memang tidak dikategorikan sebagai makanan ataupun minuman kesehatan, tidak sedikit pula penelitian yang telah mengungkapkan bahwa meminumnya bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari memiliki manfaat bagi kesehatan. Dari beberapa studi dan penelitian yang telah dilakukan banyak yang telah menyimpulkan bahwa peminum memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Mungkin belum banyak yang tahu apa saja manfaatnya.

Beberapa manfaat kopi yang baik untuk kesehatan :

Kopi dapat mencegah penyakit batu empedu
Para peneliti dari Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya 4 cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu empedu. Sebuah studi sebelumnya telah menemukan hasil yang serupa untuk pria.

Kopi dapat mencegah depresi
Perempuan yang minum 2 sampai 3 cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami  sebuah depresi, dan mereka yang minum 4 cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan tahun 2011 dalam “Archives of Internal Medicine.”

Kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh
Kopi dapat membantu Anda untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan- berat badan. Sebuah studi lama dilakukan pada tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

Kopi mengandung antioksidan tinggi
Seorang peneliti dari Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang telah diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dari pada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi yang telah dilakukan tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang di Amerika.

Kopi meningkatkan kinerja dan performa
Kopi dan kafein di dalamnya telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop and go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.

Kopi dapat mencegah encok
Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia telah lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi dalam jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, disebabkan kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kandungan kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum 6 cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

June 16, 2015

Posted In: Health, Lifestyle, Tips & Tricks, Uncategorized

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami