Beberapa Manfaat Seledri Yang Bisa Di Gunakan Dalam Pengobatan

Tanaman Seledri
Image Source: Republika

Apium Graveolens adalah nama latin dari seledri yang tumbuh di dataran rendah dan tinggi, biasanya tanaman ini tumbuh di daerah Berastagi (Sumatera Utara), Pacet (Jawa Barat), Pangalengan dan juga Cipanas semua daerah yang memiliki hawa yang sejuk.

Umumnya manfaat dari tumbuhan berbonggol dan memiliki batang basah yang bersusun ini digunakan sebagai pelengkap makanan saja seperti saat membuat sup ataupun bubur, sedangkan untuk orang Romawi mereka menggunakan seledri sebagai karangan bunga, ya memang tidak salah, seperti yang kita lihat seledri memiliki bentuk unik yang indah.

Tumbuhan yang memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium,  besi, Vitamin A, Vitamin B dan juga Vitamin C, dan masih banyak kandungan kimia lainnya yang di kandung oleh seledri ini, maka tidak heran bahwa tanaman ini termasuk dalam tanaman herbal yang cocok dijadikan sebagai tanaman obat-obatan.

Berikut manfaat seledri yang bisa digunakan untuk pengobatan, diantaranya yaitu:

  1. Obat Rematik

Rematik merupakan sebuah penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit pada otot dan persendian yang telah mengalami pembengkakan dan peradangan, rematik ini bisa menjangkit persendian manapun di tubuh. Dengan menggunakan seledri, perlahan-lahan anda dapat menyembuhkan rematik anda dengan cara mengambil 1 genggam daun atau batang seledri , setelah itu di rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga sisa 1 gelas saja. Ambil air seledri tadi, setelah itu minumlah air rebusannya.

  1. Pengobatan Darah Tinggi

Darah tinggi atau Hipertensi di sebabkan oleh interaksi gen yang kompleks dan juga karena faktor lingkungan. Salah satu tanaman yang bisa anda gunakan untuk pengobatan darah tinggi anda adalah Seledri. Caranya mudah yaitu dengan cara mencuci 100 gr seledri hingga bersih, setelah itu tumbuk hingga halus, tambahkan secangkir air dan saring. Setelah anda menyaring airnya rebuslah air yang didapat dari perasan tadi, setelah dingin minum 2 kali /hari.

  1. Obat Batuk

Batuk ialah sebuah respon alami yang dilakukan oleh tubuh untuk membersihkan lendir penyebab iritasi, salah satu penyebab iritasi tersebut adalah debu, asap, agar dapat keluar dari saluran pernapasan. Sebenarnya batuk dapat sembuh dalam beberapa minggu saja, karena umumnya ini adalah penyakit ringan. Akan tetapi, sering sekali batuk dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, maka dari itu kita pun minum obat agar penyakit ini cepat sembuh. Cara yang dapat anda lakukan untuk menngobati batuk tanpa minum obat adalah dengan menggunakan seledri, caranya cuci 30 gram seledri, setelah itu potong lalu rebus dengan segelas air. Setelah dingin saring dan tambahkan dengan madu, minum 2 kali sehari hingga anda sembuh.

  1. Menurunkan Kolestrol

Tingginya Vitamin A yang dimiliki oleh seledri dapat membantu untuk menurunkan kolestrol dan mencegah kanker, jika anda ingin menurunkan kolestrol dengan cara alami anda bisa menggunakan seledri. Kolestrol yang anda miliki bisa menjadi menurun karena adanya seledri ini. Cara mengkonsumsi tanaman ini bisa dengan cara yang dianjurkan diatas yaitu dengan merebus seledri dan mengambil air rembusannya secukupnya atau sesuai kebutuhan.

Demikian beberapa manfaat seledri yang bisa anda gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit yang anda miliki. Tidak ada salahnya menggunakan obat-obatan tradisional terlebih dahulu. Jadi, selamat mencoba cara penyembuhan dengan menggunakan seledri.

Leave a Reply

March 3, 2016

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami