Bedakan Jenis Asuransi kendaraan TLO & Comprehensive

produk asuransi kendaraan
Image Source Autobild

Kalau dilihat besarnya jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia, semestinya itu menjadi pemacu untuk masyarakat mengasuransikan kendaraan pribadinya. Karena jika mobil sudah mendapat perlindungan oleh layanan itu, maka resiko atas kemungkinan kerugian yang mungkin datang akan semakin berkurang. Tentunya hal tersebut dapat memberi Anda kenyamanan dan ketenangan ketika berkendara.

Sayangnya, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga kendaraannya masih sangat minim. Mereka masih malas menggunakan produk-produk layanan perlindungan, termasuk untuk mobilnya sendiri.

Tentunya hal ini sangat bertolak belakang dengan besarnya keinginan masyarakat Negeri ini untuk mempunyai mobil. Hal itu dapat dilihat dari tidak berpengaruhnya kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memberlakukan pada sektor otomotif, dengan keharusan pembayaran Down Payment (DP) untuk sebuah pembelian kendaraan baru. Dimana pada kenyataan yang terjadi sekarang adalah Gaikindo terus mencatat kenaikan penjualan transportasi roda empat itu terus melewati target.

Oleh sebab itu, mulailah untuk mengasuransikan mobil anda dimulai dari sekarang. Kalau Anda baru mempunyai kendaraan, baik itu  meliputi mobil maupun motor, sangat dianjurkan untuk memberikan perlindungannya. Memang, tidak bisa dihindari banyak yang tidak mau mengikuti saran ini dengan berbagai alasan yang ada, terutama karena potensi naiknya pengeluaran bulanan dari yang seharusnya.

Namun, dengan memproteksi kendaraan, resiko akan kerugian akibat kecelakaan baik itu kecil dan sebesar apapun akan dilindungi oleh perusahaan penyedia layanan. Bahkan, kehilangan mobil karena tindak pencurian juga akan ditanggung oleh pihak asuransi kendaraan.

Pilih Total Loss Only (TLO) Atau Comprehensive?

Jika anda sudah mau menggunakan asuransi kendaraan, pertanyaannya menggunakan jenis jaminan yang Comprehensive atau Total Loss Only? Dapatkah anda membedakan kedua produk asuransi tersebut? Keduanya mempunyai perbedaan dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi yang belum mengetahuinya, berikut ini ulasan perbedaan kedua produk asuransi kendaraan tersebut :

1. Total Loss Only

Asuransi jenis ini biasanya menawarkan perlindungan pada kendaraan yang mengalami kerusakan secara menyeluruh, maksudnya adalah kehilangan akibat kasus pencurian atau kecelakaan yang mengakibatkan mobil hancur minimal mencapai 75% dari keseluruhan.

Tetapi, kalau kerusakan yang terjadi masih di bawah angka 75%, pemilik mobil tidak bisa mengajukan klaim untuk pertanggungannya. Resiko yang tidak dilindungi TLO adalah seperti baret-baret pada kendaraan anda, spion hilang atau patah, penyok kecil dan kerusakan kecil lainnya akibat kecelakaan.

2. Comprehensive

Berbeda dengan TLO, jenis ini menawarkan perlindungan pada mobil yang mengalami kerusakan kecil ataupun kerugian total karena perlindungannya bisa terbilang lebih menyeluruh, maka dari itu biasanya di masyarakat jaminan ini dengan sebutan All Risk. Bagi Anda yang ingin menggunakannya bisa memilih untuk memperluas cakupan penjaminan resikonya, yaitu dengan menambah pertanggungan pada resiko lain misalnya, akibat bencana alam, kerusuhan, huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan lainnya.

Nah, sekarang anda bisa pilih produk asuransi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan anda. Baik Total Loss Only maupun Comprehensive.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 25, 2016

Posted In: Automotive

Tags:

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami