Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Benar dan Aman

mendongkrak

Bagi pengguna kendaraan roda empat, kamu dianjurkan untuk mengetahui cara mendongkrak mobil yang baik dan benar.

Dongkrak merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat bodi mobil. Peralatan ini berguna dan dapat membantu dalam kondisi darurat seperti mengganti ban yang kempes atau bocor.

Selain itu, pemilik mobil juga perlu mengetahui cara mendongkrak mobil yang aman untuk berjaga-jaga dalam menghadapi keadaan mendesak.

Sebelum mencari tahu cara mendongkrak mobil, ada baiknya untuk mengenal berbagai jenis dongkrak.

Asuransi Mobil

Jenis-jenis Dongkrak

Terdapat beberapa macam dongkrak berdasarkan sistem gaya dan bentuknya.

Berikut jenis dongkrak berdasarkan jenis gayanya:

  • Dongkrak Mekanik

Jenis dongkrak ini bertumpu pada roda gigi serta batang. Gaya pada dongkrak mekanik berpusat pada roda gigi, yang kemudian akan meneruskan dan memperbesar gaya ke bagian batang.

Cara kerjanya, roda gigi ini diputar, kemudian gaya tekan pada bagian tersebut sampai ke batang. Bagian batang mengubah gaya tekan menjadi daya angkat.

  • Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik sistem tumpunya terdapat pada cairan fluida, yang berfungsi untuk memberi daya tekan sehingga menghasilkan gaya angkat. Dongkrak jenis ini biasanya berbentuk seperti mulut buaya, dengan tingkat kepraktisan yang tinggi.

Titik tumpu dongkrak ini berbentuk pipih dan memiliki roda kecil, sehingga memiliki ground clearance yang rendah, dan bisa menggunakan sistem hidrolik. Hal ini membuat sistem kerja dongkrak ini menjadi lebih mudah, dan gaya tekan yang kecil bisa menghasilkan gaya angkat yang besar

Selanjutnya, terdapat jenis dongkrak berdasarkan bentuknya.

  • Dongkrak Botol

Jenis dongkrak ini menyerupai sebuah botol, memiliki bentuk yang simpel dan kecil, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Dongkrak tipe ini cocok untuk pemilik kendaraan pribadi.

Cara penggunaannya pun sederhana. Kamu hanya perlu menaik turunkan tuasnya supaya sistem hidrolik mobil bekerja dengan baik. Sebelum menggunakan alat ini, pastikan kamu sudah mengencangkan katup kecil yang berada di sebelah tuas pengungkit.

Apabila ingin menurunkan dongkrak, kamu tinggal putar tuas ke arah sebaliknya sampai dongkraknya turun ke bagian bawah.

Jangkauan kapasitas beban dongkrak botol mulai dari 1 hingga 100 ton.

  • Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting memiliki nama lain yaitu dongkrak ketupat atau jembatan. Bentuknya adalah yang paling simpel di antara semua jenis dongkrak.

Kelebihan dongkrak gunting adalah praktis dan lebih ringan, sehingga cocok untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, harganya murah dan perawatannya juga mudah.

Cara penggunaannya dengan meletakkan dongkrak pada posisi yang aman dan tepat. Setelah itu, ambil batang tuas pengungkit dan pasanglah pada lubang di tepi dongkrak. Kemudian, putar tuas searah jarum jam (ke kanan) untuk mengangkat, dan ke kiri untuk menurunkannya.

Tipe dongkrak ini tidak menggunakan sistem hidrolik, sehingga pengguna harus menggunakan tenaga yang besar untuk mengangkat mobil. Batang tuas yang tipis, membuat dongkrak semakin sulit digunakan terutama bagi yang tidak terbiasa.

  • Dongkrak Buaya

Disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai buaya. Dongkrak ini juga sudah menggunakan teknologi hidrolik untuk mengangkat beban.

Kelebihan dongkrak model ini adalah penggunaannya paling mudah dibandingkan dongkrak botol ataupun dongkrak gunting. Selain itu, dongkrak buaya bisa digunakan pada semua jenis mobil.

Bentuk dongkrak ini mirip dengan dongkrak botol, tetapi memiliki roda dan dalam posisi rebah, sehingga membuatnya semakin mudah digunakan. Dongkrak buaya juga bisa digunakan pada permukaan miring atau tidak rata, karena adanya roda tadi.

Cara menggunakan dongkrak buaya dengan memutar pengunci ke kanan dengan tuas pengungkit. Kemudian, tuas dipindahkan pada pompa hidrolik untuk memompa dengan cara menaik turunkan tuas. Untuk menurunkan, putar pengunci ke arah kiri.

  • Dongkrak Kereta

Merupakan jenis dongkrak yang banyak dipakai untuk mengangkat offroad yang memiliki bobot besar. Kapasitas angkat beban yang bisa dilakukan dengan dongkrak kereta mencapai 20 ton. Kebanyakan pemilik dongkrak ini adalah bengkel.

  • Dongkrak Penyangga

Jenis dongkrak ini biasa dipakai oleh bengkel untuk mengangkat bodi mobil. Dongkrak penyangga berbentuk kotak dengan sebuah pengungkit yang berada di salah satu sisinya. Penggunaan dongkrak ini sangatlah mudah dan dapat dibawa kemana-mana.

  • Dongkrak Botol Buaya

Tipe ini merupakan gabungan dari dongkrak botol dan buaya. Berfungsi untuk mengangkat bodi mobil saat akan melakukan perbaikan maupun servis. Dongkrak ini kebanyakan hanya dimiliki pihak bengkel resmi.

Dongkrak botol buaya memiliki ukuran yang besar, sehingga sulit untuk dipindah tempatkan atau digeser. Kapasitas daya angkat jenis dongkrak ini pun kuat.

Cara Mendongkrak Mobil dengan Aman dan Benar

Berikut beberapa cara mendongkrak mobil yang aman.

  • Cek Kondisi Dongkrak

Langkah pertama yaitu mengecek kondisi dongkrak. Kamu bisa tahu apakah dongkrak masih layak pakai atau tidak.

Saat dongkrak tersebut mengalami masalah, seperti beberapa komponen dongkrak hilang, berarti alat tersebut tidak bisa digunakan.

  • Cari Permukaan yang Rata

Carilah permukaan yang rata saat menggunakan dongkrak. Karena permukaan yang tidak rata bisa berbahaya karena kondisinya tidak seimbang.

  • Cari Tumpuan Mobil yang Pas

Permukaan mobil yang menjadi tumpuan dongkrak juga harus diperhatikan. Karena tidak semua permukaan kendaraan bisa dijadikan tumpuan.

Bagian mobil yang bisa digunakan sebagai tumpuan untuk proses jacking adalah bodi monocoque dan body frame terpisah.

Bodi monocoque memiliki struktur rangka yang menyatu dengan bodi mobil lainnya, sehingga ditahan oleh area samping bawah mobil depan dan belakang di bagian lower arm suspension.

  • Dongkrak Mobil dengan Benar

Terdapat tiga jenis dongkrak yang biasanya dimiliki oleh pengguna kendaraan pribadi, yaitu dongkrak botol, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiganya memiliki bentuk yang berbeda dan kemampuan menahan beban dengan berat yang berbeda.

Dongkrak mana pun yang dimiliki, harus memompa tuas dengan perlahan hingga mobil terangkat. Jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada keadaan 10 hingga 15 cm saja supaya mobil tetap seimbang.

Di atas merupakan jenis-jenis dongkrak dan cara mendongkrak mobil dengan aman. Bila kamu tidak bisa melakukannya secara mandiri, dianjurkan untuk membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Selain itu, kendaraanmu juga membutuhkan perlindungan ekstra dari berbagai risiko kerusakan dan pencurian. Kamu bisa dengan memberinya asuransi mobil terbaik.

Temukan asuransi mobil aman dan terpercaya hanya di Cekpremi, portal online pembelian produk asuransi nomor satu di Indonesia.

Pertanyaan Seputar Dongkrak Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Di mana Posisi Dongkrak Mobil?” answer-0=”Titik dongkrak setiap mobil berbeda-beda, maka perlu untuk membaca instruksi di buku panduan atau buku manual. Namun biasanya titik pengangkatan ketika mobil didongkrak berada pada mobil bagian sasis atau kerangka monokok. Kepala dongkrak diletakkan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa Batas Ketinggian untuk Mendongkrak Mobil?” answer-1=”Posisi mobil tidak terlalu tinggi ketika diangkat agar tidak merusak mobil, cedera atau mengalami kejadian lainnya. Batas ketinggian cukup sekitar 10 sampai 15 cm saja. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]