Begini Caranya Membuat Anak Betah di Mobil saat Perjalanan Jauh

Apr - 15
2019
Begini Caranya Membuat Anak Betah di Mobil saat Perjalanan Jauh

Begini Caranya Membuat Anak Betah di Mobil saat Perjalanan Jauh

Perjalanan jarak jauh seperti rekreasi atau mudik memang kerap ditempuh dengan mobil pribadi. Alasannya tentu saja karena menunjang kenyamanan keluarga dan menghemat biaya. Kendati demikian, Anda juga harus lebih cermat menyiasati perjalanan jarak jauh dengan mobil bersama anak-anak. Karena anak-anak pasti rentan rewel dan mudah terganggu kenyamanannya bila harus naik mobil menempuh perjalanan jauh.

Untuk urusan keamanan berkendara, Anda memang tak perlu khawatir lagi bila sudah memiliki asuransi mobil all risk murah. Karena asuransi mobil all risk akan memberikan proteksi terhadap risiko kecelakaan, kerusakan, dan pencurian. Proses mengurusnya kini sangat praktis bahkan bisa dilakukan secara online.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Namun, urusan kenyamanan perjalanan bagi anak-anak harus diwujudkan melalui beberapa cara ini:

Mengatur Barang Bawaan secara Efisien

Jangan sampai si kecil merasa tak nyaman karena harus duduk bersama tumpukan barang-barang. Sebaiknya Anda mengatur barang bawaan secara efisien sesaat sebelum berangkat. Ingatlah bahwa Anda akan menempuh perjalanan jauh selama berjam-jam. Sehingga posisi barang-barang harus tertata rapi. Pastikan agar anak-anak memiliki ruang gerak yang cukup selama berada di mobil.

Mengantisipasi Mabuk pada Anak

Kondisi mabuk pada anak tentu akan mengganggu kelancaran perjalanan jauh. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Karena saat ini banyak obat anti mabuk yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. Berikan obat tersebut sesaat sebelum menempuh perjalanan. Biasanya anak akan mulai mengantuk dan tidur dalam perjalanan sehingga terhindar dari mabuk. Usahakan agar anak tidak makan terlalu banyak sebelum berangkat. Karena kondisi perut yang terlalu kenyang juga memicu risiko mabuk dalam perjalanan.

Membawa Mainan Kesayangan

Anak-anak akan lebih tenang menempuh perjalanan jauh bersama mainan kesayangannya. Jadi, jangan lupa membawa mainan kesayangan anak. Mainan kesayangan berupa boneka, bantal, atau mobil-mobilan harus selalu tersedia di mobil. Maka Anda tak akan kesulitan mengalihkan perhatian anak pada mainan kesayangan tersebut. Si kecil pun tak akan rewel meskipun harus menempuh perjalanan jauh dalam waktu lama.

Menyiapkan Sarana Hiburan Lainnya

Selain mainan favorit, anak-anak biasanya juga butuh sarana hiburan lain. Memutar VCD di TV mobil atau menonton tayangan Youtube bisa menjadi alternatif yang tepat. Terutama bila kondisi jalanan sedang macet parah. Sarana hiburan yang menyenangkan membuat anak-anak tak mudah bosan dan tetap bisa menikmati perjalanan.

Sering Berhenti di Rest Area

Ketika anak-anak ikut dalam perjalanan jauh dengan mobil, usahakan untuk lebih sering berhenti di rest area. Sehingga anak-anak bisa buang air kecil atau buang air besar di toilet, meregangkan tubuh, atau membeli camilan. Cara sederhana ini membuat anak-anak tidak mudah bosan dan rewel. Anak pun tidak mudah lelah atau sakit bila sering beristirahat di rest area.

Jangan Lupa Membawa Makanan dan Minuman

Anda wajib menyiapkan persediaan makanan dan minuman yang cukup saat bepergian bersama anak-anak. Pastikan bahwa anak-anak tetap terhidrasi dan tidak merasa lapar selama berada dalam perjalanan. Anda bisa membawa makanan berupa nasi, biskuit, atau buah-buahan. Sedangkan untuk minuman, air putih dan susu adalah pilihan terbaik. Anak-anak yang sudah kenyang tak akan rewel dan lebih mudah tidur. Perjalanan jauh pun tidak membuat anak-anak sering mengeluh.

Membawa Perlengkapan Tidur yang Nyaman

Agar anak-anak bisa tidur lebih lama dalam perjalanan, Anda wajib menyiapkan perlengkapan tidur yang nyaman. Jangan lupa membawa selimut, bantal, dan perlengkapan tidur lainnya yang biasa digunakan anak-anak. Perlengkapan tidur kesayangan akan membuat anak-anak betah karena merasa seperti di kamar tidur sendiri. Perjalanan pun tak akan terganggu karena si kecil merengek bosan. Anak-anak akan tidur lebih lama sehingga ketenangan perjalanan pun terjaga dengan baik.

Pengalaman pertama bepergian jauh dengan anak tentu terasa mendebarkan. Namun, Anda bisa belajar dari pengalaman tersebut untuk membuat anak-anak merasa nyaman. Kalau anak-anak sudah terbiasa menempuh perjalanan jauh dengan mobil, pasti anak-anak tidak mudah rewel lagi. Aktivitas mudik atau rekreasi ke tempat yang jauh pun bisa direalisasikan secara lancar. Karena anak-anak pun pasti bersemangat saat berada di perjalanan. Selamat merencanakan perjalanan jauh bersama seluruh anggota keluarga!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *