Mau Beli Rumah Dengan Harga Miring? Bisa Lewat Over Kredit Rumah!

Mei - 14
2021
over kredit rumah

Mau Beli Rumah Dengan Harga Miring? Bisa Lewat Over Kredit Rumah!

Untuk para milenial yang ingin memiliki rumah idaman, ada banyak jalan menuju Roma alias banyak cara yang bisa dilakukan. Membeli rumah tidak harus baru karena Anda bisa mendapatkan rumah second dengan harga miring melalui over kredit rumah atau disebut juga sebagai pengalihan KPR. Jadi, kepemilikan rumah beserta proses pembayarannya dari orang pertama dialihkan ke orang berikutnya. 

Ada 2 jenis over kredit: Over kredit dari satu bank ke bank lain dan Over kredit dari debitur lama ke debitur yang baru

Skema dan Biaya Over Kredit Rumah

cara over kredit rumah

Seperti yang sudah dibahas secara singkat di atas, over kredit sendiri memiliki dua jenis skema berbeda. Skema yang pertama adalah over kredit dari satu bank ke bank lain. Skema ini adalah sebuah proses pengalihan KPR dari satu bank ke bank lain dengan tujuan agar Anda bisa mendapatkan bunga yang lebih kecil lagi.

Skema over kredit rumah yang selanjutnya adalah over kredit dari debitur lama ke debitur baru. Skema seperti inilah yang paling banyak akan Anda temui pada umumnya. Debitur lama tidak memiliki kemampuan untuk melunasi bayaran cicilan kredit rumah dan harus mengalihkan KPR tersebut pada debitur baru.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan membeli rumah over kredit. Pertama, apakah Anda ingin melunasi langsung atau meneruskan cicilan. Jika melunasi langsung maka proses akan jauh lebih mudah dibandingkan meneruskan cicilan. 

Pelunasan Over Kredit Rumah

Hal yang pertama Anda lakukan adalah melakukan pelunasan sisa pokok pinjaman. Tentunya ada denda yang dikenakan karena pelunasan cepat, besarnya sesuai perjanjian masing-masing bank. Umumnya 1-3% dari total sisa pokok pinjaman. Prosesnya akan melalui notaris, apabila sudah lunas maka selanjutnya bisa mengurus Akta Jual Beli (AJB) untuk mengalihkan status rumahnya. 

Meneruskan Cicilan

Jika Anda ingin meneruskan cicilan dari pemilik lama, prosesnya akan cukup panjang. Sebab ini sama seperti mengambil KPR baru yang melalui banyak proses mulai dari survey, appraisal, notaris, dan legalitas yang sah sesuai hukum berlaku. Untuk biaya pengurusan kredit baru adalah 7% dari plafon kredit yang diberikan bank.

Keuntungan Over Kredit Rumah

beli rumah second

Ada 2 simulasi over kredit yang bisa dilakukan, yaitu melalui bank atau notaris. 

Kelebihan Over Kredit Melalui Bank:

  • Sertifikat rumah bisa dibalik nama sesuai dengan nama pembeli meski masih tetap menjadi jaminan bank dan baru bisa diambil setelah kredit lunas
  • Pembeli bisa mengangsur ke bank atas nama sendiri

Kelemahan Over Kredit Melalui Bank:

  • Proses pengajuan lebih rumit
  • Butuh waktu lama karena bank harus melakukan analisis
  • Ada kemungkinan debitur baru ditolak oleh bank karena tidak memenuhi syarat
  • Biaya lebih mahal karena mengikuti prosedur dari bank

Kelebihan Over Kredit Melalui Notaris:

  • Proses lebih cepat karena akad berdasarkan kepada pembeli baru dan pembeli lama di hadapan notaris
  • Biaya yang dikeluarkan lebih murah karena hanya menyewa notaris

Kelemahan Over Kredit Rumah:

  • Sertifikat masih atas nama pembeli lama dan masih menjadi jaminan bank
  • Pembeli melakukan angsuran atas nama pembeli lama
  • Ada celah kecurangan jika bank tidak mengetahui ada over kredit pada notaris, sehingga pembeli lama bisa melunasi pembayaran ke bank dan mendapatkan sertifikat tanpa diketahui pembeli baru

Anda juga bisa menambahkan asuransi properti pada rumah untuk menghindari dari kerugian finansial. Dapatkan penawaran berbagai asuransi terbaik hanya di cekpremi.com!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi