Benarkah Ikigai Adalah Panggilan Jiwa? Ini Pengertian dan Cara Menemukannya!

Jul - 16
2021
cara menemukan passion

Benarkah Ikigai Adalah Panggilan Jiwa? Ini Pengertian dan Cara Menemukannya!

Ketika bekerja, Anda pasti pernah merasa tidak sesuai dengan jenis pekerjaan Anda atau tidak memiliki gairah untuk mengerjakan tugas-tugas Anda. Atau malah Anda sangat menyenangi pekerjaan Anda. Pernahkan Anda memikirkan apa yang membuat Anda merasa demikian? Apa yang mempengaruhi cara Anda menikmati hidup? Ada istilah Jepang yang disebut dengan Ikigai, dimana Ikigai adalah bagaimana memiliki kesenangan dan makna kehidupan.

Setiap orang memiliki fase kehidupan yang berbeda-beda. Di suatu titik kehidupan, seseorang akan mulai mempertanyakan pertanyaan filosofis seperti apa tujuan hidupnya. Untuk mendapatkan kebahagiaan yang diidamkan, seseorang akan mulai mencari makna kehidupannya atau biasa disebut juga Ikigai.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Secara harfiah, Iki berarti kehidupan dan gai berarti nilai. Ikigai kadang diekspresikan sebagai “alasan untuk bangun di pagi hari.” Alasan Anda sekolah, bekerja, atau melakukan hal lainnya. Ikigai inilah yang memberikan motivasi berkelanjutan untuk menjalani hidup. Ikigai juga seringkali diartikan sebagai prinsip hidup bahagia yang dapat mengatasi rasa jenuh dalam menghadapi rutinitas sehari-hari.

Jika Anda saat ini belum menemukan apa yang membuat Anda bergairah untuk melakukan sesuatu, berarti Anda belum menemukan ikigai Anda. Untuk menemukannya, Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini.

Baca juga: Apa itu Work Life Balance? 5 Tips Jadikan Hidup Lebih Berkualitas

Ikigai Adalah Bagaimana Memiliki Hal yang Membuat Semangat Hidup Setiap Hari, Bagaimana Menemukan?

Apa yang Anda Suka

Menemukan ikigai yang paling mudah adalah dengan membuat daftar hal-hal yang Anda sukai. Apa yang membuat Anda bahagia dan senang atau passion Anda. Sesuatu dimana Anda merasa sangat bersemangat dan tidak merasa terbebani untuk melakukannya. Sesuatu yang bisa membuat Anda lupa waktu ketika mengerjakannya, dan sesuatu yang Anda mau mengerjakannya bahkan jika hal tersebut sulit, membutuhkan usaha yang besar namun tidak ada imbalan apapun.

Hal-hal dimana Anda menemukan kesenangan dari mengerjakan hal tersebut, itulah passion atau sesuatu yang akan membuat Anda merasa bahagia untuk melakukannya. Misalnya, Anda suka berenang, memasak, bermain dengan anak-anak, suka makanan manis, dan lain-lain.

Apa yang Anda Bisa atau Kuasai

Selanjutnya Adalah membuat daftar hal-hal yang Anda bisa atau yang Anda ketahui ilmunya. Misalnya Anda suka berenang dan Anda tahu teknik-teknik berenang yang baik, apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum berenang, dll. Bagian kedua ini merupakan keterampilan atau pengetahuan yang Anda ketahui atau pelajari.

Apa yang Dunia Butuhkan

Setelah mengetahui apa yang membuat Anda senang dan apa yang Anda kuasai, sekarang Anda bisa mencari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh dunia ini. Untuk menjalani hidup yang bermakna, Anda sebaiknya menemukan misi hidup, atau alasan yang lebih besar kenapa Anda mau melakukan sesuatu. Misalnya, Anda suka berenang dan bisa berenang. Apa yang dibutuhkan dunia atau oleh orang banyak tentang berenang ini? Contohnya, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui teknik-teknik dalam berenang atau pentingnya berenang untuk menjaga kesehatan. Artinya, Anda bisa memberikan manfaat bagi orang lain dari ilmu dan kesukaan Anda.

Apa yang Dapat Memberikan Anda Penghasilan Memadai?

Nah, yang keempat ini juga penting karena untuk menjalani kehidupan, kita pasti membutuhkan uang atau biaya. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan hidup Anda. Selanjutnya Anda bisa mendaftar hal-hal apa saja yang bisa membuat Anda dibayar dari hal-hal yang Anda sukai dan Anda bisa lakukan tadi. Misalnya, Anda bisa membuat private latihan berenang. Atau dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, Anda bisa membuat podcast atau konten-konten youtube dan instagram dengan tema berenang. Banyak hal yang bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan materil. Yang Anda butuhkan hanya bereksplorasi lebih lagi.

ikigai adalah

Setelah membuat daftar dari 4 pertanyaan tersebut, Anda bisa membuat diagram venn dari jawaban-jawaban Anda. Irisan dari keempat bagian tersebut, itulah Ikigai Anda, sesuatu yang Anda bisa lakukan, bisa membuat Anda bahagia, memberikan manfaat bagi orang lain, dan membuat Anda berpenghasilan darinya. Irisan tersebut disebut vacation atau sesuatu yang membuat Anda bersemangat untuk bangun di pagi hari.

Jadi, Ikigai adalah sebuah istilah dari Jepang untuk mengidentifikasi sesuatu yang Anda bisa dan membuat Anda bahagia, merasa bermakna karena bermanfaat bagi orang lain, dan tentu saja bisa menjadi sumber penghasilan untuk Anda. Nah, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda menjalani hidup yang lebih bermakna dengan bahagia. 

Baca juga: 7 Manfaat Percaya Diri dalam Kehidupan Pribadi dan Kehidupan Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *