Berapa Biaya Balik Nama Mobil Bekas?

balik nama

Ketika kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas, terdapat beberapa hal yang harus dibutuhkan. Seperti biaya untuk pembelian mobil, service, hingga biaya balik nama mobil.

Hal yang harus kamu ketahui adalah, biaya balik nama kendaraan bergantung pada nilai jual kendaraan bekas yang dibeli. Berikut ini adalah prosedur dan biaya balik nama yang harus dilakukan!

Prosedur dan Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Prosedur yang harus kamu lakukan setelah membeli mobil bekas ada dua, yaitu mutasi dan balik nama mobil. Berdasarkan kedua hal tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan, adalah:

  • Prosedur Mutasi Mobil Bekas

Mutas mobil bekas adalah prosedur pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan balik nama kendaraan. Hal tersebut dikarenakan, dengan melakukan prosedur mutasi maka plat nomor mobil bekas yang telah kamu beli akan berubah baru.

Hal ini wajib dilakukan jika kamu membeli mobil dengan lokasi yang berbeda dari domisili tempat tinggalmu. Biaya yang dibutuhkan untuk mutasi mobil bekas telah ditetapkan berdasarkan PP no, 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri.

Kamu harus menyiapkan anggaran untuk prosedur ini, yang jika dijumlah, yaitu Rp945.000,00 dengan rincian:

  • Tarif Penerbitan TNKB : Rp100.000,00
  • Tarif Penerbitan STNK : Rp200.000,00
  • Biaya cetak BPKB : Rp375.000,00
  • Biaya cek fisik mobil : Rp25.000,00
  • Biaya Surat Mutasi : Rp250.000,00

Setelah kamu selesai melakukan prosedur dan pembayaran mutasi mobil bekas, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah balik nama mobil.

  • Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Prosedur ini dibutuhkan untuk pemindahan kepemilikan kendaraan bermotor khususnya mobil, dari pemilik lama ke pemilik baru. Setelah kamu menyelesaikan ini, maka mobil tersebut telah secara resmi menjadi milik kamu.

Proses balik nama ini dapat memudahkanmu dalam pengurusan pajak kendaraan bermotor atau PKB. Namun yang harus diperhatikan, yaitu setiap daerah memiliki cara dan biaya bea balik nama mobil bekas yang berbeda.

Jadi sebelum kamu mengurus balik nama kendaraan di kantor Samsat terdekat, hal yang dapat dilakukan yaitu mengecek biaya secara online terlebih dahulu. Berikut ini adalah biaya untuk balik nama mobil bekas, yaitu:

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN-KB di Jakarta, yang harus dibayar oleh pemilik mobil bekas adalah 1% dari harga beli mobil, atau 2/3 dari jumlah PKB.
  • SWDKLLJ, yang berdasarkan kebijakan pemerintah memiliki biaya sejumlah Rp143.000,00 bagi kendaraan non angkutan umum.
  • Pembayaran pendaftaran yang berbeda setiap Samsat, namun umumnya Rp75.000,00 – Rp100.000,00.

Jika kamu ingin mengurus prosedur balik nama mobil bekas, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan, seperti identitas diri berupa KTP, BPKB dan STNK asli serta fotokopi, dokumen hasil cek fisik kendaraan, hingga kwitansi pembelian mobil bekas bermaterai.

Mengurus proses balik nama dapat dilakukan di kantor Samsat tempat mobil terdaftar, lalu kamu dapat melakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat membayar biaya balik nama dan menyerahkan dokumen kelengkapan.

Kemudian kamu dapat mengunjungi kantor Samsat terdekat dari domisili KTP, untuk mengurus kepemilikan kendaraan menjadi identitasmu. Hal tersebut wajib dilakukan agar dapat memudahkan untuk mengurus hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang.

Sama seperti jika kamu menggunakan asuransi, untuk antisipasi di masa akan datang. Penting untuk menggunakan asuransi setelah kamu membeli mobil bekas, agar berkendara semakin aman dan nyaman.

Cekpremi dapat menjadi solusi jika kamu merasa kesulitan untuk memilih asuransi mana yang ingin digunakan. Karena terdapat rekomendasi asuransi terbaik yang dapat dipilih sesuai kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Biaya Balik Nama Mobil

Proses ini sangat penting dilakukan setelah kamu membeli mobil bekas, agar segala pengurusan kedepannya menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait biaya balik nama kendaraan,yaitu:

Berapa lama proses balik nama?

Proses balik nama dapat memakan waktu antara 2 hingga 7 hari.

Kapan pemilik dapat melakukan balik nama mobil?

Balik nama dapat dilakukan jika identitas yang ada pada STNK dan BPKB tidak sesuai dengan identitas pemilik. Jika kamu membeli mobil bekas, kamu dapat melakukan balik nama setelah proses membeli mobil bekas tersebut.