Spoiler mobil, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

spoler mobil

Spoiler mobil merupakan salah satu komponen yang ada pada bodi mobil yang mana berfungsi sebagai yang mempengaruhi aerodinamika pada mobil dan berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil.

Spoiler mobil yang bentuknya unik sangat cantik sebagai penambah estetika kendaraan.

Spoiler biasanya ditemukan dan menempel pada mobil-mobil bertipe sedan, hatchback, atau bahkan minibus.

Selain menambah keestetikan pada kendaran, ada lagi fungsi-fungsi lain, diantaranya:

Asuransi Mobil

Fungsi Spoiler Mobil

  • Mobil Menjadi Lebih Aerodinamis

Spoiler sering ditemukan seperti dipasang pada mobil-mobil model sedan, hatchback, atau minibus. Banyak juga dari pemilik mobil tersebut melihat fitur ini sebagai hiasan yang membuat tampilan mobil semakin sporty.

Ternyata, bentuk dari lekukan spoiler bisa memberikan stabilitas yang lebih baik pada mobil, sehingga membuat performa mobil menjadi lebih aerodinamis.

Spoiler juga mampu mengurangi gejala drift/melayang pada kecepatan tinggi saat mobil dilajukan. Mobil yang cukup ringan dan dikendarai dengan kecepatan tinggi, tentunya lebih merasakan melayang karena diterpa angin.

Maka dari itu, kita sebagai pengendara harus memiliki kontrol yang kuat saat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi.

Fungsi dari spoiler mobil adalah memberikan gaya tekan melalui udara yang mengalir di atap mobil.

  • Membersihkan Partikel Debu atau Kotoran Dari Belakang

Tak jarang banyak debu yang memenuhi area belakang akibat turbulensi udara pada jenis mobil hatchback.

Fungsi spoiler pada yang dipasang pada sisi kendaraan mobil bisa mengurangi turbulensi yang terjadi serta mengurangi kotoran yang terkena area kaca mobil belakang.

Begitu pula dengan air hujan akan tidak mudah menempel pada kaca belakang.

  • Meningkatkan Pengendalian Mobil

Saat kita mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, dipastikan kita seperti melayang. Apalagi jika tidak ada kekuatan untuk mengontrol setir mobil.

Contohnya pada saat kita melaju dengan kecepatan tinggi di dalam tol. Tanpa disadari, saat kita berkendara di dalam tol, kecepatan mobil akan kita tingkatkan.

Kondisi tersebut bisa terjadi apabila mobil tidak memakai spoiler pada belakang kendaraan. Mobil akan mengalami gaya angkat mobil akibat aliran angin yang kencang.

Beda lagi dengan mobil yang menggunakan spoiler, maka akan menekan gaya angkat tersebut dan adanya kontrol pada mobil yang menjadi lebih stabil kendaraannya.

Selain fungsi-fungsi yang bisa membantu lajunya kendaraan mobil, adapun jenis-jenis spoiler mobil.

Jenis-Jenis Spoiler Mobil

  • Rear Spoiler

Spoiler ini terletak di bagian belakang. Bentuk spoiler belakang ini seperti sayap dan langsung menempel pada badan mobil dan bentuknya kecil serta landai.

Contohnya pada mobil sedan, mobil racing, dan mobil tanpa bagasi seperti hatchback, SUV, dan MPV yang spoilernya terletak di belakang kaca atas.

  • Front Spoiler

Spoiler ini berada pada bagian depan mobil. Biasanya barang ini ada di bagian bawah bumper depan. Hal tersebut berfungsi untuk memperkecil aliran udara dari bawah yang bisa mengurangi potensi limbung saat mobil terangkat dalam keadaan kecepatan yang cepat.

Mobil akan melaju dengan kecepatan tinggi dan akan memiliki keseimbangan yang pas.

Pentingnya memasang spoiler depan dan belakang juga dilakukan lebih stabil saat dalam kecepatan tinggi.

  • Lip Spoiler

Selain fungsinya untuk menekan udara saat mobil melaju, spoiler juga bisa loh hanya untuk kebutuhan estetika saja.

Spoiler ini biasa digunakan untuk hiasan yang ada pada mobil-mobil seperti yang kita pernah lihat. Biasanya jenis ini digunakan pada mobil jenis sedan.

  • Wing Spoiler

Jenis spoiler ini suka ditemukan pada mobil-mobil jenis racing.

Wing spoiler memiliki ukuran yang lebih besar daripada jenis-jenis spoiler lainnya. Penggunaan jenis mobil ini tidak disarankan untuk di padang pada mobil biasa. Penggunaan ini karena penggunaan sayap besar yang idealnya untuk mobil-mobil berperforma tinggi.

Harga Spoiler Mobil

Harga jenis spoiler mobil memiliki rentang harga Rp 50 Ribu – Rp 6 juta. Harganya tergantung juga pada jenisnya. Seperti spoiler racing harganya bisa mulai dari Rp 600 ribu – Rp3 juta, sedangkan untuk spoiler Wing bisa mulai dari Rp50 ribu – Rp5 juta.

Harga spoiler mobil tergantung merk dan kualitas dari spoiler tersebut.

Itu tadi penjelasan mengenai spoiler mobil serta jeni-jenis dan fungsi yang bisa kamu pakai di kendaraan milik kamu. Selain menambah aksesoris mobil, perlindungan lainnya pada kendaraan juga perlu kita pikirkan. Kamu bisa melindungi kendaraanmu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]