Berapa Gaji Teknik Sipil? Simak Bocorannya

gaji teknik sipil

Teknik sipil menjadi salah satu bidang yang memiliki banyak peminat. Salah satu alasannya karena prospek dan gaji teknik sipil tergolong tinggi. Hal inilah yang membuat jurusan teknik sipil di seluruh perguruan tinggi tidak pernah sepi pendaftarannya. 

Meskipun tinggi, namun nominal gaji ini akan berbeda-beda tergantung dengan posisi yang diampu ketika bekerja. Seperti apa peluang kerja teknik sipil di Indonesia? Simak prospek sekaligus estimasi gajinya masing-masing. 

Estimasi Gaji Teknik Sipil di Indonesia 

Pengertian teknik sipil sendiri adalah ilmu yang mempelajari soal perancangan, pengelolaan, manufaktur sampai dengan konservasi pembangunan. Baik itu pembangunan di perkotaan maupun pedesaan yang bisa mendukung sistem berjalan dengan baik. 

Seseorang yang masuk ke jurusan teknik sipil akan mempelajari banyak hal, mulai dari ilmu desain, konstruksi, pemeliharaan lingkungan dan masih banyak lagi. Pembangunan yang dimaksud juga bukan sekedar rumah atau gedung tetapi juga jalan raya, stasiun sampai dengan fasilitas umum. 

Melihat dari pengertiannya, ilmu teknik sipil begitu dibutuhkan di masyarakat mengingat pembangunan di setiap daerah selalu meningkat per tahunnya. Soal prospek kerjanya sendiri, seorang dengan keahlian teknik sipil juga bisa membuka bisnis sendiri. 

Supaya tidak ragu untuk memilih jurusan teknik sipil, berikut ini estimasi gaji teknik sipil sesuai dengan jenis pekerjaannya . 

1. Kontraktor 

Salah satu prospek lapangan kerja bagi lulusan teknik sipil yang cukup terkenal adalah kontraktor. Kebanyakan sarjana teknik sipil akan melamar di perusahaan kontraktor baik itu di daerah atau kota besar. 

Setiap tahunnya perusahaan kontraktor selalu membutuhkan staff baru sehingga tidak sulit bagi fresh graduate mendapatkan pekerjaan. Gaji teknik sipil untuk jenis pekerjaan ini dimulai dari UMR daerah. Jika Anda berhasil bekerja di Jakarta maka bisa mendapatkan gaji mulai Rp 4.900.000 sampai Rp 5.500.000. 

2. Konsultan Pembangunan 

Peluang ini sangat cocok dipilih Anda yang ingin membuka usaha sendiri. Konsultan pembangunan sangat dibutuhkan, khususnya untuk kebutuhan pribadi seperti pembuatan rumah idaman. 

Tidak sedikit juga perusahaan konsultan pembangunan yang cukup besar untuk dilamar. Anda yang berhasil untuk diterima di pekerjaan ini maka bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000. Ada jenjang karir untuk bidang ini demi mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. 

3. Developer 

Bisnis perumahan juga menjadi prospek kerja bagi lulusan teknik sipil. Anda bisa bekerja sebagai developer dan menangani berbagai proyek perumahan kecil maupun besar. Rata-rata gaji teknik sipil D3 yang berhasil masuk di bidang ini mulai dari Rp 4.000.000 sampai Rp 5.000.000 tergantung dengan kota tempat bekerja. 

Bukan hanya D3, banyak juga lulusan S1 teknik sipil yang memilih bekerja di bidang ini. Apalagi hampir di setiap kota selalu ada perusahaan developer yang berdiri. Tugas dari developer pun cukup banyak mulai dari observasi tanah, perencanaan pengembangan konsep sampai analisis kebutuhan pasar. 

4. Surveyor Tanah 

Prospek kerja yang gajinya cukup tinggi mengingat tanggung jawab yang diemban pun sangat besar. Seorang surveyor tanah akan bekerja mengukur tanah yang rencananya akan dibangun. Ilmu ukur tanah, menggambar bangunan sampai keterampilan menggunakan alat ukur tanah sangat diperlukan. 

Estimasi gaji seorang surveyor tanah ini mulai dari Rp 4.500.000 sampai dengan Rp 6.000.000. Sekali lagi gaji ini akan berbeda-beda tergantung dengan kota. Kebanyakan surveyor tanah akan bekerja dengan Badan Pertanahan Negara. 

5. Structural Engineer 

Profesi ini butuh keterampilan serta ketelitian yang tinggi mengingat tugas utamanya adalah memastikan bahwa struktur bangunan sudah benar. Jika salah menghitung risikonya adalah bangunan bisa roboh dan membahayakan banyak jiwa. 

Seorang structural engineer bisa bekerja di perusahaan kontraktor atau developer. Soal gaji tentu saja cukup tinggi, untuk entry level bisa memperoleh sekitar Rp 5.500.000 and jika sudah sampai ke level senior bisa mendapatkan Rp 8.000.000. 

6. Staff Research & Development (R&D)

Pada bidang teknik sipil juga ada prospek karir di R&D. Tugas utamanya adalah untuk meneliti dan mengembangkan bidang pembangunan. Baik itu perusahaan swasta atau milik pemerintah sangat membutuhkan staf di bidang ini. 

Soal gaji sama seperti sebelumnya, bagi entry level bisa mendapatkan Rp 4.500.000 sampai dengan Rp 6.000.000. Jika sudah mendapatkan level yang lebih tinggi maka gaji bisa mencapai Rp 8.000.000. 

7. Water Engineer 

Proyek air minum juga membutuhkan teknisi pengairan termasuk proyek pembuangan limbah dan pencegahan banjir. Pekerjaan ini dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan dan punya penghasilan yang cukup tinggi. 

Anda yang berhasil menekuni bidang ini akan mendapatkan gaji mulai dari Rp 8.000.000 sampai dengan Rp 15.000.000. 

8. Site Manager 

Pekerjaan ini sangat dibutuhkan pada bidang pertambangan, developer, kontraktor dan masih banyak lagi. Tugas utamanya adalah untuk merinci  pekerjaan di lapangan dan mengeceknya secara berkala. Site manager juga harus berkomunikasi dengan sub kontraktor. 

Punya tugas dan tanggung jawab besar, gaji teknik sipil di pertambangan untuk bidang ini mulai dari Rp 7.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000. Sedangkan untuk site manager di luar pertambangan mulai dari Rp 8.000.000. 

9. Geotechnical Engineer

Termasuk salah satu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pertambangan. Seorang geotechnical engineer bekerja menyelidiki, melakukan pengujian contoh sampai mengolah data geoteknik. Operasi tambang terbuka akan berjalan baik dengan infrastruktur yang telah direncanakan oleh geotechnical engineer. 

Kebanyakan mereka yang bekerja di bidang ini merupakan lulusan S2 dan S3 teknik sipil. Estimasi gaji teknik sipil S2 untuk posisi ini mulai dari Rp 10.000.000 dan akan meningkat sesuai dengan pengalaman dan waktu kerja.

Memperhatikan gaji teknik sipil yang begitu tinggi tentunya sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Khususnya untuk site manager yang bekerja di lapangan atau water engineer yang pekerjaannya berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. 

Anda yang sudah berhasil menduduki salah satu bidang ini atau berencana melamar sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sekarang juga. Risiko pekerjaan yang tinggi juga harus diimbangi dengan jaminan yang bagus pula. Memiliki asuransi akan membuat Anda merasa aman dan nyaman selama bekerja. 

Pilihan mana asuransi yang tepat bisa Anda temukan langsung melalui cekpremi.com. Anda bisa mencarinya hanya dengan memasukkan informasi kota tempat bekerja, jumlah pertanggungan hingga jaminan. Hasilnya akan menunjukkan jenis asuransi yang sesuai kebutuhan. 

Jangan menunda lagi kebutuhan Anda akan asuransi kesehatan. Apalagi sekarang sudah tersedia cekpremi.com yang memudahkan Anda mendapatkan asuransi lebih tepat. Langsung saja cek asuransinya sekarang. 

Sumber: 

Kita Lulus

Campus

Kata Data