Berhati-hatilah, Virus Zika Menyerang Ibu Hamil Di seluruh Dunia

Virus Zika
Image source: qcostarica

Sejak Oktober 2015 lalu, telah dilaporkan bahwa sebanyak 3.893 bayi yang baru lahir di Brasil memiliki ukuran kepala yang tidak biasa yaitu lebih kecil, diketahui bahwa penyakit ini bernama microcephaly. Mirocephaly merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada anak yang baru lahir, dimana terjadi pengecilan tengkorak kepala juga penciutan otak, para ahli memperkirakan bahwa kelainan ini terjadi akibat dari serangan virus Zika.

Virus Zika adalah sebuah virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti (penyebab demam berdarah), virus Zika memiliki gejala yang hampir sama dengan Demam Berdarah Dengue (DBD), akan tetapi untuk virus Zika sendiri memiliki gejala yang lebih menonjol yaitu perubahan pada mata, dimana orang yang mengidap penyakit Zika ini akan mengalami mata merah. Bukan hanya itu, penderita juga akan mengalami demam tinggi yang medadak, nyeri otot maupun sendi, lemas, sakit kepala, kulit juga berubah menjadi kemerahan yang terjadi pada daerah tubuh dari punggung hingga kaki. Jika DBD trombositnya akan menurun, untuk virus Zika trombositnya tidak menurun atau dengan kata lain normal.

Namun, apa hubungannya virus ini dengan anak yang baru lahir?

Mungkin virus ini tidak begitu berbahaya bagi orang-orang normal namun untuk ibu hamil yang terkena virus Zika ini berbahaya, karena dapat menyebabkan kelainan pada perkembangan janin khusunya pada bagian kepalanya.

Virus yang pertama kali diidentifikasi di negara Uganda pada tahun 1947 silam ini telah menyerang berbagai negara lainnya seperti Afrika, Asia Tenggara, kepualauan pasifik , amerika latin dan juga Karibia. Dan, hampir 22 negara telah ditetapkan rawan terserang virus ini. Maka dari itu, ditetapkan bahwa untuk ibu hamil agar tidak berpergian dahulu ke negara-negara yang rawan akan penyakit ini. Sehingga wanita hamil harus berhati-hati pada virus Zika, karena telah menyerang ibu hamil di hampir seluruh dunia. Bahkan di Brasil disarankan kepada kaum wanita untuk menunda kehamilan mereka hingga didapatkannya segala hal tentang virus ini dan juga vaksinnya dapat didapatkan dengan cepat. Karena informasi tentang kemungkinan Zika terinfeksi dari ibu ke janin pada saat kehamilan atau kehamilan masih harus dikaji kembali lebih lanjut. Dirjen WHO Margareth Chan mengatakan bahwa wabah pada virus Zika ini akan meledak secara cepat dan menjangkit 3-4juta orang disleuruh dunia.

Penyakit ini bisa terbilang tidak semengerikan virus ebola yang degan waktu 14 hari menyebabkan kematian kepada penderitanya, namun kita turut prihatin karena virus Zika ini justru menyerang anak yang baru lahir. Jika virus ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya perlawanan dapat dipastikan negara di seluruh dunia akan memiliki generasi dengan kepala yang kecil dan juga otak yang kecil juga. Ini dapat menjadi sebuah pembelajaran yang berharga bagi kita untuk lebih memperhatikan generasi selanjutnya.

asuransi kesehatan
pilih asuransi kesehatan terbaik yang dapat menjamin anda, klik disini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 4, 2016

Posted In: Health, Hot News, Inspirational, Must See

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami