Simak Perbedaan Biaya Ganti Oli Mobil Sendiri Vs Di Bengkel

Last Updated on December 20, 2021 by Andrian

Mengganti oli mobil memang merupakan suatu keharusan bagi para pengendara. Oli sendiri memiliki peranan penting dalam menjaga performa kendaraan. Berfungsi sebagai pelumas kendaraan, tentunya oli harus diganti secara rutin. Kalian memiliki 2 pilihan untuk proses penggantian oli, pertama kalian bisa melakukan secara mandiri, atau jika kalian ingin terima beres maka kalian bisa menggunakan jasa bengkel mobil. Mari kita simak rincian biaya ganti oli mobil di artikel ini!

Merk oli mobil yang terbukti berkualitas

Sebelum mengganti oli, ada baiknya kalian menentukan merk oli apa yang akan kalian gunakan untuk mobil kalian. Berikut adalah daftar rekomendasi merk oli mobil terbaik:

– Castrol Magnatec – Rp 350.000
– Shell Helix – Rp 315.000
– Total Quartz –  Rp 258.000
– Liqui Moly – Rp 240.000
– Fastron Gold – Rp 227.500

Biaya Ganti oli mobil di bengkel

ganti oli mobil di bengkel

Kisaran biaya: Rp 300.000 -Rp 700.000 

Jika kalian memilih untuk mengganti oli mobil di bengkel, baik itu bengkel resmi atau bengkel biasa maka kira-kira kalian membutuhkan biaya sebesar Rp 300.000 – Rp 700.000. Biasanya setiap tempat mematok harga yang berbeda, namun jika kalian mengganti oli mobil di bengkel resmi seperti Auto2000 biasanya mereka sudah mematok harga yang sudah ditetapkan oleh pihak Toyota.

Biaya yang sudah disebutkan tadi juga tergantung dari jenis mobil yang kalian pakai, jika kalian menggunakan mobil LGCC seperti Agya, maka biaya yang dibutuhkan untuk ganti oli mobil juga tidak terlalu mahal.

Biaya  ganti oli mobil yang dilakukan sendiri

ganti oli mobil sendiri

Kisaran biaya: Rp 400.000 +-

Mengganti mobil secara mandiri memang memerlukan keterampilan tersendiri. Namun dapat dijamin jika kalian sudah bisa mengganti oli sendiri, maka dijamin akan lebih hemat biaya dan tenaga! Tidak perlu kalian repot-repot menunggu di bengkel dan membayar jasa montir. Cukup sediakan oli mobil yang cukup beserta dengan filter oli yang bisa kalian dapatkan dengan harga murah yaitu Rp 40.000.

Total biaya yang kalian keluarkan hanya membutuhkan Rp 450.000 -Rp 500.000 tergantung jenis mobil yang kalian pakai.

Langkah-langkah mengganti oli mobil

– Buka penutup lubang oli mesin 

Langkah pertama siapkan sebuah ember untuk menampung oli bekas. Jika sudah maka buka penutup lubang oli mesin dan biarkan oli lama mengalir keluar hingga oli kosong. Tutup kembali jika oli sudah terkuras habis.

– Ganti filter oli mobil

Setelah tangki penyimpanan oli kosong, maka kalian harus mengganti filter yang lama dengan filter oli baru yang sudah kalian beli sebelumnya.

– Buka penutup oli bagian atas dan isi dengan oli yang baru

Jika filter oli sudah diganti dan oli di tangki sudah terkuras, maka kalian bisa seggera memasukan oli mobil yang baru. Buka penutup oli mobil yang diatas lalu isi dengan oli baru yang sudah kalian siapkan.

Apa Saja Tanda Oli Mobil Harus Diganti?

Ada beberapa tanda yang harus kalian untuk mengetahui apakah oli harus diganti atau tidak. Berikut adalah tanda-tandanya:

  • Oli berwarna hitam pekat
  • Oli menjadi kental
  • Tarikan mesin agak berat
  • Lampu indikator oli menyala

Manfaat Mengganti Oli Mobil Secara Rutin

1. Melumasi Mesin

Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas, maka dari itu mengganti oli secara rutin dapat mencegah kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi akibat gesekan pada komponen mesin mobil lainnya.

2. Membersihkan Komponen Mesin

Kotoran yang menempel pada mesin juga dapat dibersihkan dengan menggunakan oli. Kotoran secara otomatis akan menempel pada oli saat oli kotor dibuang.

3. Mendinginkan Mesin

Panas pada mesin dapat terjadi karena adanya aktivitas pembakaran bahan bakar. Oli memiliki peranan penting sebagai pendingin karena dapat membawa hawa panas ke tempat pembungan udara.

Tips Seputar Penggantian Oli Mobil

1. Perhatikan tingkat kekentalan oli

Kekentalan oli menjadi bagian yang penting dalam hal memilih oli yang berkualitas. Sebagai contoh nya Castrol menjual oli dengan kode SAE 15W-40 angka 15 menandakan kekentalan oli sebelum dipanaskan, pada saat dipanaskan oli dapat mencapai tingkat kekentalan 40.

2. Kenali ciri-ciri oli palsu

Oli palsu biasanya memiliki ciri-ciri bau tengik dan saat oli diraba akan terasa kasar karena mengandung logam.

3. Kenali Karakter Mesin

Karakteristik mesin yang beragam tentunya mempunyai kebutuhan jenis oli yang berbeda-beda. Kenali terlebih dahulu karakter mesin anda sebelum membeli oli.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan anda!

asuransi mobil murah

Melindungi mobil baru dengan asuransi merupakan hal yang penting. Lindungi segala biaya kerusakan mobil dengan produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!