Biaya Operasional Untuk Perawatan Mobil

perawatan mobil

Di berbagai kota besar memiliki mobil bukan lagi hal yang luar biasa ataupun mewah, karena sudah banyak orang yang memiliki mobil beberapa tahun terakhir ini. Mobil sudah mulai merajai setiap sudut jalan raya di kota besar, mereka yang mengendarai mobil pun bukan lagi seorang yang bekerja saja, akan tetapi anak-anak remaja pun mulai ikut-ikutan dalam mengendarai mobil.

Dari kejadian tersebut dapat kita simpulkan bahwa minat seseorang dalam memiliki mobil sungguh luar biasa banyak, karena bagi beberapa orang mobil adalah segalanya untuk mereka, karena dengan adanya mobil mereka bisa berpergian ke semua tempat yang mereka inginkan mulai bekerja, mengantar anak ke sekolah, liburan bersama keluarga, hingga mengunjungi kerabat di berbagai daerah.

Cara masyarakat untuk bisa memiliki mobil pun berbeda-beda, ada yang membeli mobil yang trendi dan baru, ada yang membeli mobil bekas atau ada juga yang membeli mobil dengan cara tunai, namun tidak jarang ada juga yang membeli mobil dengan cara kredit.

Bagaimana pun cara sesorang dalam membeli mobil tidaklah salah, namun yang harus diperhatikan ialah bagaimana cara kita merawat mobil tersebut agar bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Karena walaupun mobil bukan lagi hal mewah, akan tetapi untuk harga mobil masih terbilang cukup mahal dan bukan suatu barang seperti pakaian yang bisa di beli dengan cepat.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang tentang biaya-biaya operasional mobil, karena jangan pernah berpikir bahwa setelah memiliki mobil anda sudah tidak terbebani dana yang lain lagi. Ada banyak biaya tambahan yang perlu anda persiapkan agar mobil anda tetap bertahan hingga bertahun-tahun dan anda tidak mengalami kerugian. Biaya perawatan mobil yang perlu anda persiapkan itu adalah:

1. Biaya Bahan Bakar Mobil (BBM)
Anda tentu sudah mengetahui bahan bakar sangat dibutuhkan oleh mobil, jika tidak ada bahan bakar mobil tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk harga mobil yang perlu anda persiapkan adalah anda dapat menghitungnya secara perlahan, kita dapat mengambil contoh bila anda menggunakan pertamax plus dengan harga Rp. 9.400/liter. Sedangkan untuk perbandingan pertamax biasanya di Indonesia ialah 1:11 (jadi, setiap 11 liter bahan bakar mobil dapat menempuh 11 km). Jika diambil contoh anda menempuh jarak 1 hari pulang pergi adalah 30 km dan anda membutuhkan bahan bakar pertamax yaitu: 2,72 liter dan harganya ialah Rp. 25.568/hari, jika sebulan berarti dapat kita simpulkan sebanyak Rp. 767.040.

2. Biaya Service, Ganti Suku Cadang, Ganti Oli/Pelumas
Sedangkan untuk biaya service yang perlu anda perhitungkan adalah biaya oli mesin seharga Rp. 300.000 (biasanya sesuai dengan jarak yang di tempuh), suku cadang dapat anda memperkirakan (berupa kampas rem harganya Rp. 420.000, Oli rem dengan perkiraan harga yaitu Rp. 250.000), belum lagi biaya perawatan Ac juga dapat anda masukkan ke sebuah pengeluaran, dengan kira-kira harga Rp. 360.000.

3. Asuransi
Jangan pernah berpikir bahwa asuransi tidak penting bagi kendaraan anda, karena asuransi juga sangat dibutuhkan oleh mobil anda. Karena asuransi adalah sebuah perlindungan yang dapat menjamin kendaraan anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika anda sudah secara maksimal melindungi kendaraan anda, akan tetapi mungking saja ada sebuah resiko yang terjadi pada kendaraan anda. Tapi, banyak orang yang berpendapat jelek tentang asuransi, mereka mengira asuransi hanya akan membuang-buang uang tanpa adanya manfaat yang akan didapat. Tidak perlu takut, anda akan di tanggung biaya asuransi yang mahal, kerena anda bisa memilih jenis perlindungan apa yang sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan anda.

Untuk mengetahui harga preminya kita dapat membuat sebuah perkiraan misalnya anda memiliki mobil dengan merek Isuzu dengan jenis New Panther 2.5 LS FF H TURBO M/T, biaya premi yang akan di tanggungkan kepada anda adalah sebesar Rp. 60.000/Bulan (Dihitung menurut rate yang ditentukan OJK).

Demikianlah biaya operational untuk kendaraan yang mungkin bisa menjadi informasi bagi anda yang sudah memiliki mobil atau baru saja membeli mobil. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 24, 2016

Posted In: Automotive

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami