Untuk Tampilan Lebih Mewah, Intip Biaya Pemasangan Sunroof Yuk!

Jun - 17
2021
biaya pemasangan sunroof

Untuk Tampilan Lebih Mewah, Intip Biaya Pemasangan Sunroof Yuk!

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Beberapa mobil favorit dengan harga affordable, seperti avanza, xenia, atau innova dipasarkan tanpa fitur sunroof. Tapi ternyata banyak yang memiliki ide untuk memodifikasinya dan memasang fitur sunroof. Tentunya dengan fitur ini bisa membuat kendaraan makin keren lho! Kira-kira seberapa mahal ya biaya pemasangan sunroof? 

Sebelumnya, kita akan membahas terlebih dahulu jenis-jenis kaca atap mobil sebagai berikut ini:

Sunroof

Jenis ini menggunakan konsep bukaan kaca ke atas, dimana kaca akan naik menuju ke arah atas atap. Kelebihannya dapat memberi pencahayaan alami pada kabin mobil dan penumpang bisa mengamati pemandangan alam dari atapnya.

Moonroof

Berbeda dengan sunroof, jenis ini memiliki kinerja dimana kaca yang dibuka akan masuk ke dalam atap mobil. Moonroof menerapkan pengoperasian dengan cara mode geser menggunakan tombol otomatis. Moonroof bisa membuat aliran udara masuk ke dalam kabin secara sempurna.

Panorama Roof

Sering juga disebut dengan  panoramic sunroof. Khusus model ini, kacanya memiliki ukuran besar dan bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Kelebihannya memiliki visibilitas pandang yang lebih luas namun tidak bisa ditutup maupun dibuka.

Apa Saja Kelebihan Sunroof Lainnya?

Untuk para pecinta otomotif, lebih banyak yang memilih sunroof atau panoramic sunroof. Biasanya sunroof banyak disematkan pada mobil-mobil mewah, seperti BMW, Mercedes Benz, dan beberapa lainnya. Kehadiran sunroof memberikan kesan elegan dan mewah bagi sebuah mobil. 

Selain itu juga terkesan lebih lapang dan lega karena cahaya dan angin yang masuk. Anda bisa menikmati udara bebas masuk ke dalam kabin tanpa harus terganggu dengan suara berisik ketika Anda membuka jendela samping. 

Untuk negara-negara dengan 4 musim, mobil dengan fitur sunroof menjadi primadona dan sering dipakai ketika sudah memasuki musim panas atau musim semi. Namun untuk negara yang hanya memiliki 2 musim seperti Indonesia, mungkin tidak terlalu memiliki dampak besar. 

Berapa Biaya Pemasangan Sunroof?

modifikasi sunroof mobil

Ide-ide kreatif semakin bermunculan, fitur-fitur yang tidak ada bisa disulap menjadi ada jika Anda memiliki budget untuk modifikasi. Biaya pemasangan sunroof pada mobil memang berbeda-beda, tergantung dengan jenisnya, apalagi untuk mobil Jepang dan mobil Eropa yang memiliki karakteristik tersendiri. Untuk mobil Jepang Anda bisa mendapatkan sunroof dengan harga Rp 10 juta sampai lebih dari Rp 15 jutaan, sedangkan untuk mobil Eropa berkisar Rp 20 jutaan.

Selain budget, pemasangan sunroof juga akan berdampak besar pada berat mobil. Seperangkat sunroof memiliki bobot hingga 35 kilogram. Bobot ini bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar, dimana semakin berat beban mobil maka penggunaan bahan bakar semakin boros. 

Sunroof memiliki bagian berbahan karet yang perlu perhatian lebih dan maksimal karena kalau Anda lalai, perangkat mekanis untuk buka tutup sunroof bisa mengalami kemacetan dan akan memaksa Anda mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan. Walaupun mengeluarkan biaya pemasangan sunroof, harga jual mobil dengan modifikasi sunroof bisa lebih mahal lho.

Selain modifikasi mobil, Anda juga perlu menambahkan perlindungan asuransi kendaraan. Dapatkan penawaran produk asuransi terbaik hanya di Cekpremi.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november