Update! Jenis, Manfaat dan Biaya Veneer Gigi 2023

biaya veneer gigi

Biaya veneer gigi tahun 2023 sudah bermacam-macam. Tergantung bagaimana kualitasnya dan jenis yang seperti apa yang Anda pilih. Veneer gigi adalah upaya merawat estetika gigi yang beberapa tahun terakhir sedang populer terutama veneer gigi kelinci, biasanya untuk memperbaiki gigi Anda yang kurang sempurna.

Veneer gigi biasanya dibutuhkan oleh mereka yang warna giginya berubah, adanya celah atau jarak antar gigi, dan sering juga menjadi solusi bagi Anda yang giginya aus. Nantinya veneer akan di pasang di depan gigi Anda yang kurang sempurna.

Dalam memasang veneer, selain biaya veneer gigi yang harus Anda perhatikan, Anda juga harus memilih mau menggunakan veneer gigi yang mana. Kemudian manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan ketika memasang veneer tersebut.

Jenis dan Fungsi dari Veneer Gigi

Sebelum memasang veneer gigi, Anda wajib untuk mengetahui jenis-jenis dari veneer gigi dan apa saja fungsinya. Sehingga nanti pemilihannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi Anda.

  • Veneer Komposit atau Direct Veneer

Cara kerja veneer komposit adalah dengan menutupi masalah yang ringan pada tampilan gigi Anda. Prosedur pemasangan veneer ini tidak terlalu sulit, karena dokter hanya akan memasang veneer dengan warna yang sesuai dengan gigi asli Anda.

Sayangnya veneer komposit mempunyai sifat mudah patah dan mudah terkelupas. Dan pada mereka yang suka mengkonsumsi kopi atau merokok, warna veneer yang digunakan akan mudah berubah.

Umumnya veneer komposit bisa bertahan 5-7 tahun, kalaupun retak Anda bisa memperbaikinya dengan mudah. Biaya veneer gigi jenis ini juga tergolong terjangkau dan biaya reparasinya juga tidak mahal.

  • Veneer Porselen atau Indirect Veneer

Berikutnya yang paling populer adalah veneer porselen, menggunakan bahan yang estetik dan mempunyai tampilan yang tembus pandang. Umur veneer ini kurang lebih 10 tahun dan bisa lebih apalagi kalau Anda menggunakan bahan yang berkualitas.

Cara kerja veneer porselen adalah dengan menyatu pada gigi asli Anda sehingga membuat tampilannya lebih halus. Selain itu juga tidak berubah warna meskipun Anda mengkonsumsi makanan atau minuman seperti kopi.

Enaknya lagi kalau menggunakan veneer jenis ini senyum Anda bisa sempurna setiap saat dan mempunyai sifat biokompatibel. Artinya veneer ini tidak akan membuat gusi terluka ataupun membuat iritasi pada jaringan mulut Anda.

  • Veneer Luminer

Luminer merupakan jenis veneer yang bahannya tipis tapi kuat dan sejenis dengan veneer porselen. Pada saat pemasangannya gigi Anda akan melalui tahap preparasi terlebih dahulu baru kemudian dilaminasi dengan porselen yang sangat tipis. Nah hasilnya permukaan tetap halus dan gigi masih terlihat alami setelah pemasangan.

  • Veneer Palatal

Veneer palatal atau veneer lingual adalah jenis perbaikan gigi untuk mengembalikan permukaan lingual dari gigi depan. Biasanya menggunakan sejumlah bahan diantaranya bahan komposit, laminasi porselen dan juga emas.

  • Temporary Veneer

Sesuai dengan namanya veneer ini bisa lepas pasang, terbuat dari resin yang sifatnya fleksibel. Veneer jenis ini biasanya dipilih untuk digunakan sementara sebelum nanti dilakukan pemasangan yang permanen.

Temporary veneer bisa melindungi mulut dan menutupi gigi yang tidak sempurna. Nah Anda bisa pilih antara veneer instan dan veneer clip on yang dibuat secara khusus.

Dari sekian banyak veneer yang sudah kita sebutkan di atas, mana yang akan Anda pilih? Sebelum memilih tentunya Anda harus tau apa manfaat dari penggunaan pelindung gigi satu ini?

Manfaat Penggunaan Veneer Gigi

Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih veneer gigi. Dari mulai jenisnya, biaya veneer gigi yang awet dan sebagainya. Di samping itu, Anda juga perlu mengetahui manfaat-manfaat yang akan Anda dapatkan dari pelindung gigi ini :

  • Penggunaan veneer bisa membuat penampilan senyum Anda lebih sempurna.
  • Veneer gigi yang tepat bisa menyatu dengan gigi alami sehingga tampak lebih natural.
  • Jika Anda memilih veneer yang bagus, maka veneer tersebut tidak akan mudah berubah warna. Berbeda dengan email gigi yang asli, dimana bisa berubah jika Anda terlalu sering mengkonsumsi kopi ataupun the.
  • Apabila Anda sudah memasang veneer gigi, maka setelahnya tidak perlu lagi biaya tambahan untuk perawatan lainnya.

Meskipun begitu ada pula efek samping veneer gigi yang harus Anda perhatikan diantaranya membuat email alami gigi Anda hilang, beberapa jenis veneer tidak bisa Anda lepaskan dengan mudah, membuat gigi Anda sensitif, dan biaya veneer gigi itu mahal.

Selain itu jika dokter yang Anda pilih kurang kredibel biasanya gigi akan jadi terlalu putih dan terlihat kurang natural. Padahal seharusnya setelah Anda memasang veneer, Anda bisa lebih percaya diri dan terhindar dari berbagai masalah mulut dan gigi.

Kemudian yang perlu Anda ingat, sebelum nanti Anda mendapatkan prosedur veneer, Anda wajib untuk konsultasi dengan dokter terkait mana pilihan yang paling tepat untuk kondisi gigi Anda. Pada beberapa kasus, misalnya gigi bengkok dan tidak rata mungkin Anda perlu memasang behel sebelum nantinya ditutup dengan veneer. Dan tidak semua gigi harus Anda veneer, Anda bisa pilih beberapa atau sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan gigi Anda.

Dalam prosedur pemasangan veneer, dokter gigi juga biasanya akan melakukan rontgen untuk melihat kondisi kesehatan gigi Anda. Apakah ada kerusakan, penyakit gigi, dan sebagainya. Nah selanjutnya dokter biasanya akan mengukur kebutuhan veneer dan tak jarang dokter juga perlu memangkas sekitar setengah milimeter untuk membuat cetakan veneer yang pas. Proses ini tentu saja menghilangkan email gigi Anda.

Biaya Veneer Gigi Tahun 2023

Biaya veneer gigi tahun ini tergolong cukup besar dan mahal. Berdasarkan jenisnya, veneer komposit biasanya Anda harus membayar Rp1.000.000 – Rp2.000.000 untuk per satu gigi.

Kemudian untuk biaya veneer gigi jenis porselen Anda harus menyediakan budget kisaran Rp3.000.000 – Rp10.000.000 untuk per satu giginya.

Harga ini tentunya bisa berbeda-beda untuk setiap klinik gigi. Pastikan harga yang Anda bayarkan sesuai dengan hasilnya. Jangan mudah untuk tergiur dengan biaya veneer gigi yang murah, karena belum tentu prosedurnya nanti dilakukan oleh dokter yang berpengalaman.

Agar bisa lebih menghemat biaya sebenarnya Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan yang mempunyai layanan mengcover biaya perawatan gigi seperti ini. Jika Anda belum punya, Anda bisa mencoba asuransi kesehatan dari cek premi. Cekpremi.com menyediakan asuransi untuk perawatan gigi dan berbagai layanan kesehatan lain. Tinggal Anda pilih mana produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan saat ini dan di masa yang akan datang.

Referensi :

Dental ID

Halodoc

Rata ID