Body Kit Mobil: Bukan Cuma Pemanis, Tapi Ini Fungsi Sebenarnya

Body Kit Mobil

Ingin kendaraan roda empat mu tampak sporty? Pemasangan body kit mobil bisa jadi pilihan.

Pecinta modifikasi roda empat, pasti sudah tak asing lagi dengan body kit mobil. Aksesoris tambahan yang dipasang pada area eksterior kendaraan ini memberi tampilan keren dan kesan selera lebih personal.

Modifikasi pada mobil terdiri dari front bumper, rear bumper, side skirt, spoiler, lips dan diffuser. Dengan perancangan yang baik, komponen tambahan ini membantu efek downforce, kendaraan lebih menekan ke bawah dan tidak goyang dalam kecepatan tinggi.

Desain body kit juga dirancang untuk meningkatkan efek aerodinamis pada kendaraan. Sebagai contoh side skirt, lekukan yang berada di ujung mobil mampu membelah angin lebih baik saat melaju kencang.

Contoh lain pada bumper depan, desain lubang bukan sekadar hiasan jaring-jaring, tetapi berguna untuk mendinginkan intercooler.

 

Jenis Material Body Kit Mobil

Tiga material yang dipakai untuk pembuatan sebagai berikut

  • Karbon

Karbon jarang digunakan pada body kit karena harganya yang relatif tinggi. Sebanding dengan biaya yang dikeluarkan, material ini memiliki keunggulan yang tak dimiliki bahan lain.

Kelebihan karbon terletak pada kekuatannya. Bahan ini kuat menahan benturan ringan hingga sedang, dan tidak mudah penyok. Meskipun kokoh, bobot karbon cenderung ringan. Pengaplikasian material ini biasa digunakan untuk mengurangi berat kendaraan.

  • Polyurethane

Jenis ini terbuat dari material plastik dan sangat mudah ditemukan di toko aksesoris kendaraan. Bahan ini banyak digunakan sebagai body kit mobil. Terdapat dua macam bahan polyurethane yang sering dipakai untuk komponen tambahan.

Material plastik biasa yang dibanderol dengan harga yang relatif rendah, dan cenderung mudah pecah. Body kit yang banyak dijual di Indonesia menggunakan bahan polyurethane ini.

Yang kedua berbahan acrylonitrile butadiene styrene atau ABS. Material ini tidak gampang pecah dan fleksibel. ABS merupakan bahan impor yang harganya tergolong tinggi dari yang biasa, dan kualitasnya pun lebih baik.

  • Fiberglass

Fiber adalah bahan yang paling populer. Material ini cukup mudah dibentuk dan relatif terjangkau. Body kit dengan fiberglass dibanderol dengan kisaran harga rendah hingga menengah.

Material fiber dapat diketahui dari teksturnya yang berserat. Bahan ini memiliki kekurangan di sisi kekuatan dan kelenturan. Apabila fiberglass tertabrak atau terkena benturan, maka akan mudah pecah dan rusak.

 

Pemasangan Body Kit Mobil

Dilihat dari metode pemasangannya,modifikasi ini memiliki dua jenis.

  • Body Kit Add-On

Model ini tidak mengubah bumper asli dan tidak melubangi bumper bawaan, sehingga tidak merusak orisinalitas mobil. Pengeboran di bagian tertentu hanya dilakukan untuk menancapkan baut. Sementara pada bentangan body kit add-on akan diberi sealant atau double tape agar kuat.

Proses pemasangan memakan waktu sekitar tiga jam. Dimulai dengan pengamplasan pada bagian yang akan dipasang. Lalu dilumuri sealant pada permukaan spoiler, over fender, atau side skirts, sambil merekatkan double tape. Kemudian tunggu hingga sealant mengering dengan optimal.

Bagi kamu yang mau memasang secara mandiri, pilihan add-on terbilang praktis.

  • Body Kit Full Bumper

Pemasangan aksesoris tambahan full bumper dilakukan dengan mencopot bumper bawaan dan menggantinya dengan model yang baru. Kamu bisa Kamu bisa custom request di bengkel khusus atau membeli body kit tuner yang sudah tersedia modelnya di pasaran.

Jenis kustomisasi biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua bulan. Sedangkan body kit tuner memakan waktu yang lebih sedikit, sekitar 7-14 hari. Model ini akan melakukan proses re-setting ke unit mobil, dan seluruh permukaan di repaint sesuai warna mobil.

 

Rekomendasi Bengkel Body Kit Mobil di Jakarta

Tidak semua bengkel mampu memasang modifikasi ini.. Untuk itu kamu perlu bengkel yang terpercaya, berikut daftarnya. 

  • CS Bodyworks

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin restorasi lengkap untuk kendaraanmu. Beralamatkan di Jalan Pangeran Tubagus Angke No.09, RT.5/RW.5, Angke, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520. Kontak yang bisa dihubungi di nomor 0811-8678-797.

Melayani restorasi, body repair, body kit, dan lainnya. Bengkel ini juga memiliki akun Instagram yang dapat kamu jangkau di cs_bodyworks

  1.  Inspire Motorsport

Pemilik sport car yang ingin memodifikasi kendaraannya, kamu bisa datang ke bengkel ini. Body kit mobil lainnya pun juga bisa disini. Terletak di Jalan Joglo Raya No.68, RT.14/RW.2, Joglo, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat. Kontak yang dapat dihubungi di (021) 585848. 

Kamu dapat mendatangi tempat ini di Senin hingga Sabtu jam 09.00-17.00 WIB. Pelayanan yang ditawarkan berupa modifikasi, pemasangan body kit, aksesoris mobil, dan lain-lain. Kamu dapat kunjungi situsnya di Inspire Tuning

  • Vertue Concept – Interior Specialist

Bagi kamu yang ingin memodifikasi interior mobil, tempat ini adalah spesialisnya. Beralamatkan di Jalan Danau Sunter Utara No.6, RT.10/RW.14, Sunter, Jakarta Utara, Kec. Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350. Kamu bisa menghubungi nomor 0817-837-883 untuk konsultasi. 

Buka setiap Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-17.00 WIB. Melayani segala permasalahan interior mobil, seperti jok, door trim, dashboard, pilar, karpet, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa temukan bengkel ini di Instagram vertueconcept

  • DJM – DJuan Motor

Bengkel ini melayani body repair mobil, repaint, modifikasi, dan lainnya. Kamu bisa temukan di Jalan. Pendidikan Raya No.12, RT.5/RW.1, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440.

Hubungi nomor 0821-2598-1931 untuk konsultasi. Pelayanan buka setiap Senin hingga Sabtu, jam 09.00-17.00 WIB. variasi dan modifikasi mobil melayani modif lampu mobil, karpet, jok, wood panel, juga body repair.

  • Richz Auto Designs 

Workshop tak di Jalan Panjang No.1, RT.1/RW.7, Kedoya Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520. Kontak yang dapat dihubungi di nomor  0859-2077-1122. 

Buka dari hari Senin hingga Sabtu, jam 09.00-17.00. Kamu juga dapat kunjungi websitenya di Richz Auto Designs untuk mengetahui lebih lanjut.

Mobil yang telah dimodifikasi body kit tentu harus berhati-hati dalam penggunaannya. Pasti kamu tidak mau kendaraanmu mengalami benturan hingga kerusakan setelah mengeluarkan uang banyak demi aksesoris tambahan.

Sudahkah kamu tahu, jika aksesoris mobil yang kamu pilih untuk memodifikasi mobilmu dapat dicover oleh asuransi? Asuransi mobil dapat mengcover modifikasi mobil selama pada saat pengajuan asuransi tertulis ketentuan pertanggungan untuk aksesoris mobil. Dengan menyebutkannya pada awal pengajuan asuransi, total nilai pertanggungan aksesoris mobil yang ditanggung akan mengacu pada elemen tersebut. Pada umumnya, batas nilai pertanggungan untuk modifikasi mobil sebesar 10% dari nilai TSI (Total Sum Insured).

Untuk itu kendaraanmu butuh perlindungan ekstra untuk memberi penggantian kerugian atas kerusakan akibat tabrakan, terbalik, atau tergelincir. Kamu bisa dapatkan manfaat proteksi tersebut dengan asuransi mobil.

Mega Insurance, Simas Insurtech, Staco Mandiri, dan Intra Asia memiliki produk asuransi mobil terbaik. Kamu bisa miliki jenis asuransi Total Loss Only (TLO) yang menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan mobil tidak berfungsi, dengan kerusakan di atas 75%.

Jenis Comprehensive dapat menjamin kerugian minor hingga besar, juga perlindungan akibat kehilangan. Dan apabila ada proteksi lain yang ingin kamu tambahkan, kamu bisa mengajukan perluasan pada jenis All Risk.

Kunjungi Cekpremi segera untuk pembelian asuransi mobil, dan dapatkan cashback up to 25%

 Pertanyaan Seputar Body Kit Mobil

Apa Itu Bumper pada Mobil?

Bumper adalah salah satu komponen penting dari mobil yang dipasang di bagian depan dan belakang. Keberadaan bumper dinilai penting dalam sistem kerja mobil, khususnya untuk faktor keselamatan. Bumper mobil dipasang untuk menjadi peredam pada saat terjadi benturan.

Berapa Kisaran Harga Body Kit?

Kisaran harga untuk kualitas rendah antara Rp 500 ribu - Rp 5 juta. Untuk kualitas menengah berkisar Rp 10 juta - Rp 15 juta. Dan kualitas bagus antara Rp 20 juta Rp 25 juta, atau bisa lebih.