Asuransi Perjalanan COVID-19 3 Pilihan Proteksi Saat Trip ke Luar Negeri

Perempuan di bandara

Asuransi perjalanan COVID-19.

Artikel kali ini akan membahas asuransi perjalanan COVID-19. Meskipun pandemi virus corona dinilai telah membaik, risiko terhadap penularan virus tetap harus diperhatikan. Khususnya, bagi kamu yang hobi berwisata atau melakukan perjalanan ke kota/negara lain, jaminan perlindungan dari asuransi perjalanan (travel insurance) wajib didapatkan. Apalagi beberapa negara telah mewajibkan asuransi perjalanan COVID-19. Simak beberapa asuransi perjalanan COVID-19 yang dapat kamu jadikan pilihan.

Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dengan menyediakan asuransi perjalanan saat berencana untuk berlibur atau bepergian. Jenis asuransi ini bisa menjamin perlindungan terhadap berbagai macam risiko masalah yang mungkin terjadi dalam perjalanan. Misalnya, risiko kehilangan bagasi, pembatalan penerbangan, hingga mengalami sakit (termasuk COVID-19) atau kecelakaan selama di perjalanan.

Bepergian di saat pandemi memang membutuhkan kewaspadaan ekstra.  Asuransi perjalanan COVID-19 mulai diperkenalkan oleh perusahaan asuransi pada pertengahan tahun 2020. Asuransi ini dijual sebagai tambahan atau sebagai polis terpisah dengan pertanggungan untuk penyakit atau karantina. Usia yang diperbolehkan memperoleh asuransi ini yakni antara 6 bulan hingga 65 tahun.

Manfaat asuransi COVID-19 biasanya mencakup perawatan (yang besarnya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan asuransi), dan dapat mencakup biaya pengujian dan layanan virus corona seperti evakuasi atau penguburan atau kremasi setempat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat rawat inap, penggantian biaya pemeriksaan medis, hingga kehilangan pendapatan akibat COVID-19.

Namun, saat kamu membutuhkan asuransi perjalanan, berikut ini rekomendasi asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu pilih.

Zurich

Zurich Travel Insurance memberikan perlindungan menyeluruh untuk perjalanan Internasional maupun Domestik dengan pilihan Plan yang fleksibel sesuai kebutuhanmu.

  •   Kecelakaan Diri dengan pertanggungan hingga Rp1.500.000.000
  •   Biaya Medis dan Darurat Lainnya dengan pertanggungan biaya medex Rp2.500.000.000
  •   Pembatalan & Perubahan Perjalanan dengan pertanggungan hingga Rp65.000.000
  •   Biaya Perjalanan dan Biaya Terkait Perjalanan dengan pertanggungan hingga Rp45.000.000
  •   Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi dengan pertanggungan hingga Rp30.000.000
  •   Pemulangan Jenazah dan biaya Terkait Lainnya dengan pertanggungan sesuai biaya sebenarnya.
  •   Manfaat Lain-lain dengan pertanggungan hingga Rp2.500.000.000.

Kamu dapat membeli Polis perjalanan ini tanpa batasan usia. Perjalanan yang dicover maksimal 180 hari.  Untuk perjalanan ke luar negeri, berikut ini daftar wilayah yang dicover:

  • Worldwide (semua negara di seluruh dunia).
  • Worldwide excluding USA/CANADA.
  • Wilayah Schengen Essential (Austria, Belgium, Czech Republic, Denmark, Estonia, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Italy, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luxembourg, Malta, Netherlands, Norway, Poland, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spain, Sweden, Switzerland).
  • Asia Pasifik (Seluruh negara Asia, Australia, Selandia Baru, dan Oseania.)
  • ASEAN

Berdasarkan situs resmi Zurich Topas Life, seluruh nasabah yang memiliki polis aktif Zurich Topas Life akan mendapatkan Manfaat Tambahan asuransi COVID-19 sebesar Rp20 juta dengan ketentuan berikut:

  1. Melewati Masa Tunggu hingga 14 hari kalender sejak Tanggal Mulai Pertanggungan.
  2. Manfaat Tambahan dari asuransi COVID-19 hanya berlaku satu kali dan tidak berlaku akumulasi per Tertanggung.
  3. Bila harus melakukan rawat inap, perlu melampirkan bukti rawat inap di Rumah Sakit dengan diagnosa positif terinfeksi COVID-19 dengan melampirkan Tes PCR Positif

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menghubungi Customer Care Zurich Topas Life di nomor 1500 987 atau  email ke customercare.indo@zurich.co.id.

 Tokio Marine

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia adalah perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1975.. Untuk perjalanan ke luar negeri, Tokio Marine menyediakan Plan Travel Partner International dan Travel Partner Worldwide dengan manfaat utama perlindungan kecelakaan diri, medis, dan ketidaknyamanan selama perjalanan ke luar negeri.

Supaya lebih jelas, kamu bisa menghubungi Customer Care Tokio Marine di 1500086/+62895351500086 atau email ke customercare@tokiomarine-life.co.id 

Sayangnya, asuransi perjalanan Tokio Marine tidak menyediakan perluasan tambahan benefit untuk jaminan Covid-19. Kamu tetap bisa memilih Tokio Marine sebagai asuransi yang melindungi perjalananmu. Namun, jika kamu khawatir akan bahaya Covid-19 di negara yang kamu kunjungi, kamu bisa mendapatkan jaminan perlindungan dari asuransi kesehatan. Salah satu asuransi kesehatan yang terdapat jaminan perlindungan Covid-19 adalah Lippo Healthplus.

Asuransi kesehatan Lippo Healthplus harganya lebih hemat daripada asuransi lain. Sungguh ekonomis! Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 1.000 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Selain itu, ada fitur saldo Prima juga yang bisa kamu jadikan tambahan untuk biaya vitamin dan obat-obatan.

Perawatan atas COVID-19 pada produk Healthplus bisa dijaminkan selama perawatannya terjadi selama periode polis dan telah melewati masa tunggu. Sistem klaimnya indemnity jika belum dicover oleh BPJS. Namun, jika sudah dicover oleh BPJS, maka kamu hanya bisa klaim santunan tunai harian rawat inap di RS saja. Jika RS rujukan COVID-19 masuk dalam RS Rekanan LippoInsurance  yang bisa melakukan perawatan pasien COVID-19, maka indemnity bisa cashless. Apabila RS rujukan bukan rekanan LippoInsurance, maka proses klaimnya harus dengan reimbursement. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa hubungi contact center Lippo di 1500563 atau email ke contactcenter@lippoinsurance.com.

Cekpremi hadir untuk memudahkan kamu mendapatkan rekomendasi asuransi perjalanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Asuransi perjalanan dari Zurich dan Tokio Marine yang disebutkan di atas pun tersedia di Cekpremi lengkap dengan promo cashback yang bisa kamu dapatkan. Untuk melihat berbagai daftar asuransi perjalanan terlengkap dengan harga terbaik, kamu bisa lihat di Cekpremi. Yuk cek produknya dan dapatkan harga terbaik dan nikmati cashback dengan jumlah yang menarik.

Pertanyaan Seputar Asuransi COVID-19

Apa Manfaat Asuransi Perjalanan COVID-19?

Kamu akan mendapatkan manfaat rawat inap, penggantian biaya pemeriksaan medis, hingga kehilangan pendapatan akibat COVID-19

Berapa Usia untuk Asuransi Perjalanan COVID-19?

Kamu dapat diasuransikan dengan Asuransi COVID-19 jika kamu adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia antara 6 bulan– 65 tahun