Informasi Lengkap Layanan Call Center PLN, Bisa Dihubungi 24 Jam!

call center pln

Call center PLN dibutuhkan apalagi kalau kondisi listrik rumah Anda sering mengalami gangguan.  Menghubungi PLN lewat telepon di nomor 123 adalah cara paling cepat untuk mendapat respons dari BUMN tersebut. Bagi Anda yang sedang mencari layanan Call Center PLN 24 jam, yuk, simak artikel ini.

Apa Itu Layanan Contact Center PLN 123?

call center pln 123

PLN 123 adalah layanan dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN untuk pelanggan agar dapat mengadukan segala hal yang berkaitan dengan pelayanan PLN. Layanan PLN 123 juga terus aktif selama 24 jam sehari.

Melalui layanan ini, Anda juga dapat mengajukan permintaan pemasangan listrik sambungan baru, mengganti daya listrik, instalasi layanan listrik sementara, dan melaporkan masalah atau gangguanl ainnya. PLN 123 juga dapat memberikan informasi perihal tagihan atau biaya listrik dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Anda sebagai PLN tidak perlu mengunjungi kantor resmi PLN untuk mengadukan gangguan ataupun permintaan pemasangan jalur listrik baru.

Call Center PLN via Telepon

PLN dapat Anda hubungi di nomor 123. Apabila menghubunginya lewat handphone, Anda harus mengetik 021 terlebih dahulu (021-123). Nomor ini bisa Anda hubungi 24 jam baik itu hari kerja ataupun hari libur dan tanggal merah. Patut dicatat, bahwa menghubungi PLN akan dikenakan biaya pulsa. Oleh karenanya, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup.

Contact Center PLN 123 melayani perbaikan gangguan listrik, informasi pemadaman, keluhan terkait listrik, dan informasi pendaftaran pasang baru listrik atau menaikkan daya.

Call Center PLN via Media Sosial

Selain melalui telepon, Anda juga dapat menghubungi PLN melalui akun media sosial yakni:

Petugas customer service PLN akan menjawab pesan Anda melalui akun-akun media sosial tersebut baik itu lewat post atau direct message.

Apabila Anda ingin menghubungi PLN melalui email atau surat elektronik dapat mengirim pesan Anda ke alamat pln123@pln.co.id.

Call Center PLN via Virtual Assistant

Call Center PLN juga tersedia dalam bentuk virtual assistant. Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengklik laman Virtual Assistant PLN 123.

Setelah itu, Anda klik logo Contact Center PLN 123 yang berada di sebelah kanan paling bawah. Isi subjek yang ingin Anda sampaikan, bisa keluhan, informasi, atau lainnya.

Kemudian, masukkan nama Anda, alamat email Anda yang aktif, nomor telepon handphone Anda yang aktif, dan ID pelanggan. Jangan lupa untuk mengisi captcha answer dengan benar dan isi pesan keluhan atau informasi yang ingin Anda ketahui terkait pelayanan PLN di kotak Your Message.

Pesan yang dapat Anda sampaikan tidak boleh lebih dari 300 karakter. Kemudian, klik Start Chat.

Jenis Gangguan Listrik yang Bisa Anda Laporkan di PLN 123

Agar Anda mendapatkan pelayanan yang maksimal dari PLN, berikut beberapa jenis gangguan listrik yang dapat Anda laporkan.

Power Failure

Jenis gangguan listrik yang dikenal dengan istilah mati lampu. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau pusat.

Power Surge

Terjadi saat voltase listrik secara tiba-tiba meningkat 2 kali lipat. Salah satu penyebab utama dari gangguan listrik ini adalah sambaran petir dan semacamnya.

Power SAG

Terjadi saat voltase listrik mendadak tinggi, power SAG terjadi saat voltase turun hingga sebanyak 80 persen. Penyebabnya adalah penggunaan listrik yang melebihi daya yang terpasang di rumah ataupun kantor.

Over Voltage dan Under Voltage

Gangguan listrik yang jarang disadari karena tidak menyebabkan mati lampu. Gangguan ini seringkali baru diketahui setelah berlangsung selama beberapa waktu. Jika terlalu lama dibiarkan, dapat membuat peralatan elektronik rusak.

Electrical Line Noise

Terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Penyebabnya bisa jadi karena adanya sambaran petir, frekuensi radio, hingga pemasangan listrik yang kurang tepat.

Switching Transient

Terjadi saat voltase mengalami penurunan dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya, terjadi dalam beberapa nano detik saja dan tidak terlalu mengganggu aktivitas pengguna.

Itulah dia nomor Contact Center PLN yang dapat Anda hubungi selama 24 jam baik itu via telepon di 123 atau 021123, via media sosial Twitter, FB, dan Instagram, atau via laman resmi PLN. Semoga artikel ini membantu!