Simak Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah yang Baik dan Benar

instalasi listrik rumah

Pemasangan instalasi listrik merupakan hal krusial yang harus diperhatikan dengan baik bagi kalian yang baru saja membeli rumah. Jika pemasangan instalasi sudah benar maka kalian dapat tinggal di rumah baru dengan aman dan juga nyaman. Seringkali terjadi di daerah pemukiman padat penduduk terjadi kebakaran karena pemasangan instalasi listrik yang salah. Yuk simak bagaimana cara pemasangan instalasi listrik rumah yang baik dan benar di artikel ini!

4 hal yang harus diperhitungkan saat memasang instalasi listrik:

Ketahui luas rumah dan jumlah ruangan rumah kalian

Proses pemasangan instalasi tentunya melibatkan panjang kabel, oleh karena itu penting untung mengetahui luas rumah dan ada berapa ruangan yang ingin dialiri listrik. Jika sudah tahu, maka kalian bisa membeli kabel dengan ukuran yang pas.

Ketahui besaran daya listrik di rumah kalian

Hal ini dilakukan agar kalian tahu berapa banyak MCB yang dibutuhkan agar aliran listrik di rumah kalian dilindungi. Semakin besar daya listrik rumah, maka semakin banyak pula MCB yang dibutuhkan.

Persiapkan material yang dibutuhkan

Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan saat memasang instalasi listrik:

1. MCB
2. Saklar
3. Stop kontak
4. Kabel listrik
5. Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)
6. Boks MCB dan ELCB
7. Pipa
8. Embodus (kotak sambungan)
9. Tedus
10. Isolasi

Pastikan kabel yang dibeli ukurannya pas dan berstandar SNI

Kabel memiliki banyak macam ragam jenis dan ukuran, pastikan kalian membeli kabel yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting kabel sudah berlabelkan SNI. Jika kabel sudah SNI maka keamanan dan kualitasnya sudah terjamin.

Langkah-langkah proses pemasangan instalasi listrik yang benar

Jika sudah mengetahui hal-hal yang harus dipertimbangkan, maka langkah selanjutnya adalah proses pemasangan. Pastikan juga rumah kalian sudah dialiri listrik oleh PLN dan tersedia juga MCB yang diberikan oleh pihak PLN. Yuk ikuti langkah-langkahnya:

Desain jalur instalasi listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat desain jalur. Kalian bisa melakukan hal ini dengan cara mengetahui ruangan mana saja yang ingin dialiri listrik dengan begitu proses desain akan lebih mudah untuk dilakukan.

Proses pemasangan pipa untuk kabel

Mulailah dengan membobok tembok jika sudah kalian bisa memasukkan pipa, tedus dan juga saklar. Pastikan tinggi pipa minimal 125 cm dari permukaan lantai agar tidak membahayakan anak kecil.

Baca juga artikel kami lainnya:

7 Rekomendasi Merk Stabilizer Listrik yang Bagus dan Termurah

Pemasangan jalur kabel utama

Pemasangan kabel dimulai dari kotak MCB lalu dihubungkan hingga stop kontak terakhir. Kabel bisa kalian pasang di bagian plafon atau atap agar tidak terlihat.

Sambungkan kabel utama ke saklar, stop kontak dan lampu.

Hal ini dilakukan agar listrik dapat mencapai komponen-komponen penting seperti saklar dan stopkontak. Tujuannya adalah agar saklar dan stop kontak dapat menyalurkan listrik ke peralatan-peralatan elektronik kalian.

Pasang komponen tambahan yang diperlukan

Jika kabel dan pipa sudah terpasang dengan benar maka langkah selanjutnya adalah kalian bisa memasang komponen tambahan seperti stop kontak dan saklar. Pasang sesuai dengan kebutuhan dan usahakan jangan berlebihan.

Uji instalasi listrik rumah dengan menyalakan MCB

Jika semua sudah selesai dipasang, maka kalian bisa menyalakan saklar MCB. Kalau pemasangan yang kalian lakukan sudah benar, maka lampu akan menyala yang merupakan tanda bahwa listrik sudah berhasil dialirkan dengan benar.

Biaya yang diperlukan untuk memasang instalasi listrik

Berikut adalah rincian biaya yang harus kalian keluarkan:

Jasa instalasiPerkiraan biaya (termasuk komponennya)
Instalasi MCBRp235 ribu/titik
Kabel utamaRp70-90 ribu/meter
Lampu indoorRp100 ribu/titik
Stop kontakRp100-120 ribu/titik
Lampu outdoorRp120-200 ribu/titik

Berikan perlindungan lebih kepada properti anda!

Melihat betapa banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk menjadi pemilik properti yang sah, maka ada baiknya kalian melindungi aset properti kalian dengan asuransi. Dengan adanya asuransi biaya-biaya yang tidak terduga karena kerugian akibat resiko banjir, longsor, gempa bumi maka akan ditanggung oleh pihak asuransi!

Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi properti terpercaya hanya di Cekpremi!