Mudah, Ini 4 Cara agar Tarikan Gas Motor Enteng

cara agar tarikan motor enteng

Last Updated on December 30, 2021 by Rhandy Verizarie

Motor merupakan kendaraan yang harus senantiasa dirawat agar performa terjaga, namun seringkali karena kesibukan kita lupa untuk merawat motor kita. Masalah yang sering dihadapi oleh motor adalah tarikan gas yang berat. Penyebab hal ini terjadi bisa bermacam-macam, namun ada baiknya jika kalian merasakan tarikan gas berat segera bawa ke bengkel agar kerusakan tidak semakin parah. Mari kita simak cara apa yang bisa kalian lakukan agar tarikan gas motor enteng di artikel ini!

4 Cara agar Tarikan Gas Motor Enteng

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung membahas apa saja cara yang bisa kalian lakukan agar tarikan gas motor lebih enteng! Berikut daftar upaya yang bisa kalian lakukan:

1. Lumasi Grip Handle Motor

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah melumasi grip dengan pelumas yang tidak lengket. Biasanya penyebab tarikan motor menjadi berat adalah karena handle motor yang sudah lama tidak dilumasi.

Baca juga: 7 Pilihan Aki Motor Terbaik, Dijamin Motor Sehat Selalu!

2. Bersihkan Karburator

Upaya kedua yang bisa dilakukan adalah membersihkan karburator. Caranya juga cukup mudah, bongkar karburator lalu bersihkan dengan cleaner. Setelah dibersihkan lumasi juga aliran kabel gas dengan menggunakan oli bersih dicampur dengan bensin agar tarikan motor kembali enteng.

3. Atur Ketegangan Tali Gas

Nah untuk cara selanjutnya mungkin lebih teknis, namun tetap kalian bisa lakukan sendiri kok! Dengan kalian mengatur ketegangan tali gas, maka gas motor menjadi lebih enteng dan responsif loh!

4. Atur Skep Karburator

Selanjutnya kalian bisa mengatur skep karburator, caranya adalah dengan menekan bagian ujung pegas atas dan bawah agar lebih rapat sesuaikan kerapatan yang diinginkan. Jika dirasa sudah pas, maka tarikan gas motor pun otomatis akan lebih enteng loh!

Selain itu, pastikan motor kalian juga diberikan proteksi berupa asuransi motor yang tentunya dapat meminimalisir biaya servis yang sewaktu-waktu diperlukan oleh motor kalian. Semoga bermanfaat!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →