7 Pilihan Aki Motor Terbaik, Dijamin Motor Sehat Selalu!

Apr - 17
2021
aki motor terbaik

7 Pilihan Aki Motor Terbaik, Dijamin Motor Sehat Selalu!

Aki merupakan salah satu komponen penting bagi sebuah motor, tanpa adanya aki bisa-bisa mesin motor tidak mau menyala. Produk aki memang sudah tersebar banyak di pasaran, kalian pun bisa dengan mudah membeli aki di bengkel terdekat. Namun, apakah aki yang kalian beli sudah terjamin kualistasnya? Oleh karena itu simak bagaimana cara memilih aki yang cocok dengan motor dan ketahui juga apa saja merk aki motor terbaik yang saat ini beredar di pasaran!

Jenis-jenis aki motor

Aki sendiri memiliki beraneka ragam jenis, setiap jenis tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan nya tersendiri. Pastikan kalian memilih aki yang sesuai dengan motor kalian saat ini. Berikut jenis-jenis aki yang sering dipakai:

– Aki basah

Aki basah tentunya sudah sangat dikenal di kalangan pengendara motor. Aki ini menggunakan cairan elektrolit berupa H2SO4 yang sering juga disebut dengan air aki.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh aki basah adalah harganya yang murah dan bisa digunakan berulang-ulang.

Sedanggkan kekurangannya adalah kalian harus rutin melakukan pengecekan aki secara rutin. Hal ini dilakukan agar kondisi air di dalam aki tetap terjaga.

– Aki kering (Maintenance Free)

Jenis aki selanjutnya yang sering dipakai oleh motor-motor keluaran terbaru adalah aki kering. Disebut maintenance free dikarenakan aki satu ini tidak memerlukan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis aki ini adalah pengendara motor tidak perlu repot-repot melakukan perawatan rutin kepada aki basah. Aki satu ini cocok bagi kalian yang tidak ingin ribet dalam urusan perawatan motor.

Harganya cenderung mahal dan hanya bisa sekali pakai merupakan kekurangan utama dari aki basah. Namun dengan segala kemudahan yang kalian dapatkan, rasanya 2 kekurangan ini tidaklah terlalu krusial.

– Aki gel

Merupakan salah satu jenis aki terbaru, aki ini masih jarang dijumpa di pasaran. Sistem kerjanya sama dengan aki basah, namun air elektrolit diganti menjadi gel.

Kelebihan utamanya adalah umur pemakaian yang lebih panjang dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu intens.

Sedangkan kekurangan dari aki gel adalah masih jarangnya ditemui di pasaran, otomatis bagi orang yang ingin menggunakan aki gel, produk ini masih sangat langka.

– Aki kalsium

Jenis aki selanjutnya yang akan dibahas adalah aki kalsium. Memiliki kemampuan yang lebih baik dalam segi penyimpanan arus listrik dan harganya yang cukup terjangkau rupanya tetap saja aki ini masih kurang populer.

– Aki hybrid

Merupakan aki yang dihasilkan dari gabungan jenis aki basah dan aki kalsium, aki ini memiliki kelebihan berupa masa pakainya yang lebih lama dibandingkan dengan aki basah.

Namun sayangnya karena aki ini merupakan produk keluaran terbaru, jenis aki satu ini masih jarang ditemui.

7 Merk Aki terbaik untuk motor

Berikut akan kami berikan daftar merk aki yang terbaik untuk motor kalian. Pastikan kalian memilih sesuai dengan kebutuhan motor kalian ya!

1. GS Astra – Rp 190.000

aki motor GS Astra

Aki GS Astra mungkin sudah banyak dikenal oleh pengendara motor. Aki GS Astra terkenal dengan material body yang menggunakan bahan anti korosi. Selain dari segi material body, Aki ini juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi dibandigkan dengan merk aki lainnya.

2. Motobatt – Rp 200.000

aki motor Motobatt

Menghadirkan aki terobosan baru yang menggunakan teknologi gel untuk menggantikan air accu. Aki Motobatt terbukti memberikan performa aki yang lebih baik dibandingan dengan merk aki lainnya. Salah satu kelebihannya adalah tahan lama, tidak memerlukan perawatan khusus dan cocok untuk motor matic dan sport.

3. Bosch – Rp 130.000

aki motor Bosch

Bagi para pengguna motor matic, aki bosch mungkin sudah sangat kalian kenal. Terkenal dengan teknologi Absorbent Glass Mat (AGM) yang mampu membuat aki ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan aki lainnya. Teknologi AGM sangatlah membantu agar motor tetap bisa dinyalakan meskipun kondisi dingin.

4. Federal – Rp 140.000

aki motor Federal

Merk aki selanjutnya yang masuk ke dalam daftar adalah aki Federal. Aki ini juga sudah menggunakan teknologi Valve Regulated Lead Acid sehingga memungkinkan pengendara tidak perlu melakukan pengecekan rutin. Aki ini juga sudah terbukti memiliki daya tahan yang lama.

5. Yuasa – Rp 170.000

aki motor Yuasa

Aki keluaran perusahaan Jepang ini menggunakan air elektrolit meskipun ketinggalan zaman dibanding dengan aki merk lainnya yang sudah tidak lagi menggunakan elektrolit tetap saja daya tahan aki ini bisa disejajarkan dengan aki modern. Harga yang lebih terjangkau dan daya tahan aki yang kuat merupakan kelebihan dari aki Yuasa.

6. Aspira – Rp 145.000

aki motor Aspira

Merk aki yang masuk jajaran merk aki yang terpercaya adalah Aspira. Aki Aspira sudah terbukti kualitasnya baik itu dari segi daya tahan dan material body yang digunakan. Aki ini tetap dapat menyalakan mesin motor meskipun mesin dalam kondisi dingin.

7. Daytona – Rp 240.000

aki motor Daytona

Daytona seringkali disebut sebagai saingan dari Yuasa. Aki yang menggunakan teknologi Cast On Strap ini membuat aki ini tidak cepat rusak. Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan merk aki lainnya, dapat dijamin bahwa pembeli akan mendapatkan kualitas yang sebanding.

Tips memilih aki yang sesuai dengan kondisi motor:

– Pastikan pilih aki yang ukurannya sesuai dengan tempat penyimpanan aki di motor kalian
– Pilih aki yang sesuai kapasitasnya dengan kebutuhan motor
– Pilih merk aki yang memberikan kualitas terbaik

Pastikan motor kesayanganmu diberikan proteksi!

Lindungi motor kalian dari segala resiko kerusakan yang ada! Biaya servis dan komponen motor bisa saja mengancam uang kalian kapanpun oleh karena itu berikan perlindungan beruupa asuransi motor! Bandingkan dan pilih produk asuransi yang terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi