Gimana sih Cara Beli Saham Untuk Pemula dan Berapa Modalnya?

Jun - 23
2021
cara beli saham

Gimana sih Cara Beli Saham Untuk Pemula dan Berapa Modalnya?

Belakangan ini sudah lebih banyak orang yang ‘melek’ terhadap investasi, termasuk saham. Mungkin dulunya banyak yang berpikir beli saham harus butuh modal besar, namun saat ini cara beli saham bisa lebih mudah secara online dan modalnya tidak terlalu besar. Prosesnya juga mudah dan praktis, Anda bisa membeli saham BCA, Unilever, BRI, atau perusahaan lainnya hanya dari rumah. Bagaimana caranya? 

Perlu diketahui saham memang terlihat menjanjikan return besar, namun tentunya resikonya juga besar, sesuai dengan prinsip high return high risk. Berikut adalah komponen return atau keuntungan dalam saham:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Capital Gain

Merupakan keuntungan atau hasil yang akan didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual saham. Jika nilai investasinya menurun atau merugi, Capital Loss adalah istilah yang cocok untuk digunakan. Capital gain bergantung terhadap harga pasar saham tersebut di bursa efek. 

Yield 

Merupakan persentase kas yang didapatkan oleh investor secara berkala terhadap sebuah investasi. Contoh dari komponen ini adalah bunga obligasi, bunga deposito, dividen, dan lainnya.

Bagaimana Cara Beli Saham Untuk Pemula?

saham blue chip

Kemajuan teknologi dalam industri finansial membawa perubahan sangat besar, tadinya untuk membeli saham harus dilakukan manual lewat telepon atau datang langsung ke galeri broker. Namun saat ini bisa dilakukan secara online dari manapun lewat aplikasi atau desktop. 

Pilih Broker Saham

Tahap awal untuk memulainya adalah dengan memilih broker saham. Pastikan broker tersebut tercatat di BEI dan sesuai dengan ketentuan OJK. Untuk kemudahan, pilihlah broker yang memiliki aplikasi saham online bagus dan bisa diandalkan.

Buka Rekening Saham

Untuk bisa melakukan transaksi, Anda harus memiliki rekening saham. Biasanya, broker saham atau aplikasi online untuk jual beli saham telah menyediakan fasilitas pembukaan rekening saham secara online. 

Buka Rekening Dana Nasabah

Selain rekening saham, Anda juga harus membuat Rekening Dana Nasabah (RDN). Fungsi rekening saham adalah untuk melakukan transaksi jual beli saham, sedangkan RDN adalah rekening khusus untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham, mulai dari modal hingga keuntungan. 

Lakukan Setoran Modal

Setelah rekening saham dan RDN berhasil dibuka, Anda tinggal menyetor dana modal ke RDN untuk melakukan transaksi. Jumlah setoran tergantung jumlah saham yang akan dibeli dan biasanya ada deposit awal sesuai aturan broker tersebut. Berikut caranya:

  • Setor dana ke nomor RDN milik Anda
  • Penyetoran dapat ditransfer lewat ATM, mobile banking, ataupun internet banking.
  • Tunggu sebentar setelah transfer ke RDN.
  • Kemudian cek dana yang masuk di aplikasi online trading

Lakukan Transaksi Beli Saham Online

Perlu diketahui, minimal pembelian dan penjualan saham adalah 1 lot yang sama dengan 100 lembar saham. Kemudian Anda bisa mulai memilih saham yang ingin dibeli, sebaiknya ingat kode saham perusahaan tersebut agar lebih mudah. Pada saat melakukan order, terdapat harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer), Anda akan diminta menentukan harga beli saham tersebut. Jika ingin pembelian efektif, pasang harga beli sama dengan harga penjualan (offer) terendah. Jika ingin harga beli yang lebih murah, pasang di harga di bawah harga jual terendah. Namun berarti Anda harus mengantri sampai ada penjual yang mau menurunkan ke harga yang Anda pasang. 

Transaksi Jual Saham Online

Saham yang Anda miliki juga bisa dijual lewat aplikasi saham online tersebut. Caranya dengan pilih saham yang Anda miliki lalu tentukan harga jual dan jumlah lembar saham yang akan dijual. Tips untuk menjual cepat, pasanglah di harga beli tertinggi di pasar saat itu. 

Fee Transaksi Saham

Dalam transaksi saham, Anda harus membayar fee atas transaksi perdagangan saham ke broker yang mengeksekusi order transaksi. Komponen biayanya adalah:

  • Brokerage Fee 0.15% dari nilai transaksi
  • Pajak atas fee transaksi 10%
  • Fee Bursa Efek Indonesia
  • Fee KPEI

Settlement Transaksi

Berbeda dengan jual-beli pada umumnya, pada transaksi saham, penyelesaiannya atau settlement bisa dilakukan dua hari sejak transaksi. Harganya pun sesuai dengan transaksi yang dilakukan dua hari sebelumnya. Namun, pastikan untuk selalu membayarnya tepat waktu ya karena ada denda 45% per tahun jika telat membayar.

Lakukan Analisa fundamental

Walaupun masih sebagai pemula, Anda harus belajar analisa fundamental untuk menentukan harga wajar saham emiten. Bagaimana caranya? Pelajari laporan keuangan dan mengetahui sektor bisnis yang dimiliki emiten tersebut. Lakukan juga riset dan konsul dengan investor lain yang sudah lebih dulu di dunia saham. 

Cara beli saham online saat ini sangat memudahkan para investor pemula. Namun tentunya Anda harus terus belajar lebih dalam dan melakukan analisa saham agar terhindar dari kerugian. Lakukan juga diversifikasi, jangan menaruh semua investasi Anda pada saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *