Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life (Beserta Prosedur Pengajuan Klaim)

cara cek saldo asuransi astra life

Di zaman sekarang ini, peran asuransi jiwa dalam kehidupan bisa dibilang penting demi kondisi finansial yang stabil. Salah satu asuransi jiwa terbaik adalah Astra Life. Nah, untuk Anda para pemegang polis asuransi milik grup Astra ini, mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara cek saldo asuransi Astra Life, pun cara mengklaim manfaat asuransi yang dipilih.

Mengetahui cara mengecek saldo dan klaim asuransi Astra Life bertujuan untuk memudahkan Anda ketika sedang dalam kondisi darurat dan membutuhkan perlindungan asuransi. Agar lebih jelasnya, simak informasi berikut ini, yuk!

Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life

Cara cek saldo asuransi Astra Life bisa secara online maupun offline, yakni sebagai berikut:

1. Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life Melalui Kantor Pusat

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah dengan mendatangi langsung kantor pusat Astra Life. Dilansir dari website resminya, saat ini kantor pusat Asuransi Astra Life terletak di Pondok Indah Office Tower 3, Lantai 1, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310.

Untuk jam operasionalnya sendiri yakni pukul 08.00-16.00 WIB dari Senin sampai dengan Jumat.

2. Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life Lewat Agen

Nah, jika Anda membeli produk asuransi Astra Life melalui agen asuransi, maka cara mengetahui saldo asuransi juga bisa dengan menanyakan langsung kepada agen yang bersangkutan.

3. Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life Melalui Call Center

Cara mengecek saldo asuransi Astra Life lainnya adalah dengan menghubungi layanan call center. Ada 3 (tiga) macam layanan call center yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Telepon: 1500-282 (Senin-Minggu, 24 jam)
  • Whatsapp: 08952 1500 282 (Senin-Jumat, 08.00-16.00 WIB)
  • Email: hello@astralife.co.id (Senin-Jumat, 08.00-16.00 WIB)

5. Cara Cek Saldo Asuransi AIA via Website

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui saldo asuransi Astra Life adalah dengan mengunjungi website resmi Astra Life yakni ilovelife.co.id dan masuk (log in) ke akun Anda.

Dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, cara yang satu ini lebih efisien karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja selama ada gadget dan koneksi internet.

Bagaimana Prosedur Klaim Asuransi Astra Life?

Nah, bagaimana dengan prosedur pengajuan klaim manfaat asuransi Astra Life yang sudah Anda pilih? Pada dasarnya, tahapan pengajuan klaim asuransi Astra Life sama seperti provider asuransi jiwa lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Melampirkan Dokumen Persyaratan Klaim

Pertama, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen persyaratan yang terdiri dari:

  • Formulir pengajuan klaim
  • Kartu identitas (KTP/KITAS/Paspor)
  • Kartu kepesertaan asuransi
  • Bukti tagihan rumah sakit dsb.

Setelah dokumen-dokumen tersebut lengkap, kirimkan ke kantor cabang maupun pusat asuransi Astra Life.

2. Verifikasi Dokumen

Dokumen yang sudah Anda kirimkan nantinya akan diverifikasi oleh pihak asuransi. Ini untuk memastikan dokumen sudah lengkap dan sesuai. Proses verifikasi sendiri biasanya memakan waktu beberapa hari dari sejak dokumen diterima.

Jika dokumen dirasa belum lengkap, pihak asuransi akan segera memberitahu Anda untuk melengkapi dokumen yang kurang. Maka dari itu, agar tidak terjadi hal seperti ini yang mana dapat menghambat proses klaim, pastikan dokumen sudah lengkap dan sesuai sebelum Anda mengirimnya ke kantor asuransi Astra Life.

3. Tunggu Pemberitahuan dari Asuransi

Apabila dokumen sudah lengkap dan sesuai, maka pihak asuransi akan segera memproses pengajuan klaim Anda, biasanya 7-14 hari. Anda hanya tinggal menunggu kabar dari pihak asuransi, entah itu melalui telepon ataupun email.

4. Pencairan Klaim

Terakhir, pihak asuransi akan segera mencairkan dana asuransi Anda sesuai dengan klaim manfaat yang diajukan apabila proses verifikasi selesai dan disetujui.

Itu dia informasi mengenai cara cek saldo asuransi Astra Life yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya, Cekmates!

Berikan Proteksi Maksimal untuk Anda dan Keluarga Tercinta!

Melindungi diri Anda dan keluarga tercinta dengan asuransi jiwa terbaik mulai dari sekarang penting agar segala risiko kesehatan bisa diminimalisir. Yuk, bandingkan dan temukan berbagai asuransi jiwa terpercaya dengan premi terjangkau hanya di Cekpremi.comsekarang juga!