11 Tempat Wisata di Bandung Barat yang Lagi Hits

tempat wisata di bandung barat

Tak hanya terkenal akan wisata kulinernya, Bandung Barat juga merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata alam populer. Tak heran bila setiap hari libur banyak tempat wisata di Bandung Barat kerap ramai dipadati pengunjung. Jika Anda berencana berkunjung ke Kota Bandung Barat, jangan lupa kunjungi sejumlah tempat wisata yang sedang populer berikut ini ya!

Tempat Wisata di Bandung Barat yang Lagi Hits

Wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki destinasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi di akhir pekan atau menjelang libur akhir tahun. Objek wisata yang tercantum di bawah ini tersebar dari Lembang, Cisarua, Cipatat, hingga Gununghalu.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Tempat jalan-jalan di Bandung Barat pertama yang wajib Anda kunjungi yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung berapi aktif ini menawarkan pemandangan alam khas pergunungan serta sejumlah kawah aktif di sekelilingnya.

Gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini juga terkenal dengan cerita Sangkuriangnya yang sangat legendaris.

2. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

 

Jika Anda senang berpetualang di kawasan hutan yang masih asri dan alami, maka Orchid Forest Cikole ini bisa menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi.

Orchid Forest Cikole yang terletak dekat Gunung Tangkuban Perahu ini dilengkapi dengan taman anggrek, sky bridge instagrammable, tempat outbond, hingga camping ground.

Destinasi wisata ini juga sangat cocok dikunjungi jika Anda membawa anak-anak.

3. Curug Malela

Curug Malela

Curug Malela yang terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kabupaten Bandung Barat ini juga termasuk ke dalam destinasi wisata di Bandung Barat yang wajib dikunjungi.

Curug atau air terjun ini merupakan salah satu air terjun terbesar yang ada di Jawa Barat, hingga kemudian air terjun ini dijuluki sebagai Niagara-nya Jawa Barat.

Jika ingin berkunjung ke Curug Malela, datanglah ketika musim kemarau agar kualitas airnya bagus dan perjalanan lebih mudah.

4. Sungai Cikahuripan

Sungai Cikahuripan

Destinasi wisata berikutnya ini dijuluki sebagai Green Canyon-nya Bandung Barat, loh!

Sungai Cikahuripan menawarkan lanskap pemandangan sungai dengan air jernih kehijauan yang terbentuk dari anak sungai Citarum purba.

Aspek paling menarik dari destinasi wisata Sungai Cikahuripan yaitu keberadaan tebing bebatuan purba yang menjulang di kiri kanan sungai, persis seperti Green Canyon di Amerika sana.

5. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Kabupaten Bandung Barat masih banyak menyimpan tempat wisata tersembunyi dan belum terjamah banyak pengunjung.

Salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang masih tersembunyi tersebut yaitu Sanghyang Heuleut.

Kondisi alam Sanghyang Heuleut bisa dibilang mirip dengan Sungai CIkahuripan dengan air sungai berwarna hijau dan tebing bebatuan di sekelilingnya.

Di Sanghyang Heuleut, Anda bisa berfoto dengan tebing-tebing bebatuan purbanya serta berenang di sungai dengan air berwarna jamrud kehijauan.

6. Venue Gantole, Cililin

Venue Gantole Cililin

Sesuai namanya, Venue Gantole atau Bukit Gantole merupakan tempat perlombaan dan pelatihan olahraga gantole atau paralayang.

Dari tempat ini Anda juga dapat menikmati bentang pemandangan alam seperti hutan pinus milik Perhutani, danau Saguling, serta hamparan kota di sekeliling Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi.

Venue Gantole memang cukup jauh dari pusat kota Bandung Barat, namun Anda dijamin takkan menyesal setelah mengunjunginya.

7. Stone Garden, Padalarang

Stone Garden Padalarang

Stone Garden yang terletak di daerah Padalarang merupakan objek wisata dengan hamparan taman bebatuan purba yang konon sudah berusia lebih dari 27 juta tahun.

Seusai menikmati hamparan taman bebatuan, Anda juga bisa menjelajahi Gua Pawon yang terletak tepat di dekatnya.

8. Curug Layung

tempat wisata bandung barat curug layung

Berada di ketinggian 1.409 mdpl, Curug Layung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang lagi hits. Untuk menuju Curug Layung ini terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Gapura Komando kemudian melintas di depan objek wisata Dusun Bambu atau lewat jalur objek wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

Jika Anda berangkat dari arah Kota Bandung, Anda bisa melalui Jalan Setiabudhi, dan masuk ke Jalan Cihideung (depan Terminal Ledeng). Sementara jika Anda dari arah Cimahi, Anda bisa melalui Jalan Kolonel Masturi menuju Kecamatan Cisarua. Tepat di Gapura Komando (Dusun Bambu) masuk terus ke arah utara sekitar 500 meter.  Jangan khawatir, kendaraan roda empat bisa mengakses jalur ini.

Kemudian, ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang Wisata Curug Layung. Di sini Anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp10 ribu. Perjalanan ke area Curug pun melewati jalur di tengah hutan dengan deretan pinus dan ada beberapa tempat untuk swafoto berlatar panorama alam yang memanjakan mata.

9. Curug Cipanas

tempat wisata bandung barat curug cipanas

Curug Cipanas dapat dikatakan destinasi wisata di Bandung Barat yang belum diketahui banyak wisatawan.

Berada di perbatasan antara Kampung Nagrak, Kecamatan Lembang dengan Kampung Kancah, Kecamatan Parongpong, di sini Anda bisa menikmati wisata air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Perahu.

Apabila Anda membawa anak jangan khawatir karena kolam alami untuk berendamnya tidak terlalu dalam.

Untuk tiket masuknya, pengunjung dewasa seharaga Rp20 ribu dan untuk anak-anak seharga Rp15 ribu.

10. Hiking di Gunung Putri

tempat wisata bandung barat lagi hits

Anda suka naik gunung? Nah, di Bandung Barat Anda bisa menaklukan Gunung Putri yang memiliki ketinggian 1.587 mdpl. Dengan ketinggian segini, menjadikannya tempat ideal bagi Anda pendaki pemula.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncaknya juga cukup singkat, sekitar 30 menit saja. Kalau sudah sampai di atas, Anda bisa menikmati hasil pendakian Anda dengan melihat pemandangan indah.

Tempat ini juga pas untuk rileks dan berfoto. Selain itu, Anda juga bisa berkemah, akan tetapi untuk tendanya Anda harus membawa sendiri. Dengan bermalam di sini, Anda bakal punya kesempatan menyaksikan momen matahari terbit yang spektakuler. Untuk harga tiket masuknya dihargai Rp17 ribu.

11. Batu Cokelat dan Gua Purba di Sanghyang Kenit

tempat wisata bandung barat sanghyang kenit

Tempat ini berlokasi dekat dengan PLTA Saguling. Sanghyang Kenit adalah aliran sungai yang dipenuhi dengan batu-batu cadas berwarna cokelat.

Aliran airnya yang tenang mengalirkan air ke kolam alami yang menyegarkan. Di sini Anda bisa berendam atau sekedar bermain air. Tempat ini dikelola oleh warga sekitar sehingga sudah relatif teratur dan nyaman dikunjungi dan harga tiketnya sangat murah cuma Rp5 ribu.

Di sisi kiri dan kanan sungai terdapat tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Di salah satu sudut, Anda bisa menemukan gua purba yang dialiri aliran dari sungai kecil.

Kalau Anda suka berpetualang, Anda juga bisa menjelajah ke dalam gua dengan dipandu oleh pemandu wisata berpengalaman. Yang pasti, tempat wisata di Bandung Barat ini bakal menghasilkan banyak foto keren.

 

***

Itulah dia beberapa tempat wisata di Bandung Barat terpopuler yang wajib dikunjungi. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah dan akses mudah ke hampir semua tempat wisata juga menjadi salah satu alasan mengapa Bandung Barat bisa menjadi destinasi wisata populer bagi Anda.

Pilihan wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam sampai wisata buatan juga menjadi daya tarik tersendiri seperti Gunung Tangkuban Perahu, Orchid Forest Cikole, Curug Malela, dan masih banyak lagi.

Jika Anda hendak jalan-jalan ke Bandung, jangan lupa membeli asuransi perjalanan juga, ya, dan kunjungi juga tempat wisata kuliner yang menyajikan makanan khas Bandung!