Penasaran Premi Asuransi Mobil Kamu Berapa? Berikut Cara Hitungnya

Sep - 11
2020
Cara Hitung Premi Asuransi Mobil

Penasaran Premi Asuransi Mobil Kamu Berapa? Berikut Cara Hitungnya

Ketika sudah memiliki kendaraan khususnya mobil, berarti Anda juga sudah harus bisa siap memikul tanggung jawab baru contohnya perawatan mobil, pajak mobil, hingga dana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat Anda berkendara dengan mobil tersebut yang bisa merugikan Anda secara finansial seperti kerusakan, kehilangan, atau kecelakaan. Salah satu strategi agar terhindar dari kerugian finansial saat memiliki mobil adalah dengan mempersiapkan asuransi mobil. Asuransi mobil sendiri memiliki beberapa pilihan dengan manfaat yang berbeda-beda seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, belum lagi puluhan perusahaan asuransi yang menawarkan layanan dengan premi asuransi mobil yang berbeda-beda mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih asuransi mobil yang tepat.

Untuk itu, agar bisa menemukan asuransi mobil yang tepat dan sesuai dengan budget, Anda wajib mengetahui beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga premi mobil, di antaranya adalah:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

  1. Jenis asuransi yang pilih

Jenis asuransi mana yang mau Anda pilih, di antaranya adalah:

  • TLO

Menjamin kerugian akibat kehilangan atau kerusakan yang menyebabkan mobil tidak bisa berfungsi atau nilai perbaikan mobil yang mencapai 75% akibat kecelakaan.

  • Comprehensive 

Menjamin kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan mobil seperti lecet, penyok, sampai dengan kerusakan yang besar.

  • All Risk

Merupakan paket lengkap dari asuransi mobil comprehensive, yang ditambahkan dengan perlindungan seperti: kecelakaan pengemudi/penumpang, banjir, gempa bumi, huru-hara, terorisme, serta tanggung jawab pihak ke-3.

 

  1. Wilayah mobil beroperasi

Harga premi akan disesuaikan dengan wilayah kendaraan beroperasi yang bisa dilihat pada kode wilayah di plat nomor mobil Anda dengan ketentuan perhitungan premi Anda mengacu pada ketentuan OJK (Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017) yang terbagi tiga wilayah yaitu:

  • Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya)
  • Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten)
  • Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)

 

  1. Nilai dan tahun mobil

Nilai dan tahun mobil sangat mempengaruhi harga premi. Semakin mahal mobil Anda atau semakin lama tahun keluaran mobil Anda, maka akan semakin tinggi juga harga premi asuransi. 

Agar dapat lebih mudah dipahami, di bawah ini Cekpremi.com berikan tcontoh perhitungan harga premi asuransi mobil yang perlu Anda bayar berdasarkan ketentuan OJK (Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017)

Dari tabel tersebut, dapat dilihat bahwa kisaran harga premi asuransi mobil Anda pasti akan berbeda dengan harga premi asuransi mobil yang berada di daerah lain meskipun nilai dan tahun mobilnya sama. Sebagai contoh, Anda memiliki mobil Daihatsu Terios seharga 250 juta rupiah dengan plat mobil DKI Jakarta dan akan mengambil asuransi TLO, berarti persentase batas pertanggungan mobil Anda adalah kategori 3 di wilayah 2 yaitu 0,38% – 0,42%, berarti harga premi yang harus Anda bayarkan adalah Rp250.000.000 x 0,38% = Rp950.000.

 

Nah, dari contoh perhitungan di atas, sekarang Anda sudah bisa kan menentukan asuransi mobil jenis apa yang sesuai dengan budget Anda? Dengan memiliki asuransi mobil, kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika kerusakan atau kehilangan terjadi pada mobil Anda, karena asuransi akan mengcover kerugian Anda.

 

Cari tahu juga asuransi mobil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda di Cekpremi.com yang menyediakan layanan pembanding harga-harga premi dari puluhan perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya di Indonesia. 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *