Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil Pasca Mengalami Kebanjiran

Jul - 16
2019
Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil Pasca Mengalami Kebanjiran

Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil Pasca Mengalami Kebanjiran

Musibah tak terduga memang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Salah satu hal yang sulit diprediksi adalah kejadian bencana alam. Biasanya bencana alam yang parah rentan menyebabkan kerugian dari segi ekonomi. Itulah sebabnya asuransi mobil kebanjiran merupakan salah satu bentuk proteksi penting bagi mobil kesayangan Anda.

Mengapa Mobil Butuh Perlindungan terhadap Banjir?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Mungkin banyak orang berpikir kalau banjir adalah bencana alam yang dapat diantisipasi. Saat genangan air makin meninggi, mobil bisa dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir. Padahal, banjir juga dapat disebabkan oleh banyak hal selain hujan. Misalnya musibah banjir bandang yang muncul tiba-tiba.

Mobil yang terendam banjir biasanya mengalami kerusakan yang sangat parah. Bahkan, mobil butuh perawatan intensif dengan biaya besar supaya bisa kembali berfungsi. Jadi, jangan sampai banjir tak terduga rentan mengganggu kondisi finansial Anda karena terjadi kerusakan mobil. Asuransi mobil kebanjiran akan melindungi mobil Anda dari risiko kerusakan akibat banjir. 

Cara Melakukan Klaim Asuransi Mobil saat Mengalami Kebanjiran

Anda patut memahami beberapa hal penting ini agar klaim asuransi mobil yang terendam banjir dapat segera diproses:

Kenali Dulu Karakteristik Mobil Anda

Setiap jenis mobil memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerobos air. Mobil dengan ground clearance rendah seperti sedan dan city car jelas lebih rentan mogok saat menerobos air. Karena posisi mesin mobil yang rendah memang lebih mudah terganggu genangan air yang tinggi.

Sebaliknya, mobil dengan ground clearance relatif tinggi seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SPV) bisa menempuh genangan air maksimal 70 cm. Pengetahuan umum ini harus Anda pahami agar tidak ceroboh mengendarai mobil di tengah kondisi banjir.

Jangan Memaksakan Diri Melewati Banjir

Kalau kondisi banjir sudah tidak memungkinkan untuk dilewati, segera matikan mesin mobil. Lalu lepaskan aliran arus listrik yang masih terhubung dengan mobil (termasuk aki). Langkah ini penting untuk menghindari water hammer pada mobil. Karena mesin mobil yang terkena air akan mengalami kerusakan parah dan ditandai dengan mogok.

Segera Menghubungi Perusahaan Asuransi

Anda bisa meninggalkan mobil di tengah banjir yang tinggi jika sudah tak sanggup melewatinya. Kuncilah mobil Anda dan biarkan sesaat sampai air benar-benar surut. Nanti, Anda dapat mengontak perusahaan asuransi untuk mendapatkan pertolongan pertama. Jelaskan kepada pihak perusahaan asuransi mengenai kondisi banjir dan posisi mobil Anda. Biasanya perusahaan asuransi akan mengirimkan mobil derek untuk mengangkut mobil Anda ke bengkel rekanan.

Proses evakuasi mobil harus dilakukan secepat mungkin. Agar kerusakan mesin mobil akibat air banjir dapat diminimalkan. Namun, kondisi banjir yang terlalu parah biasanya membuat evakuasi tertunda. Hal ini tak menjadi masalah asalkan Anda sudah melaporkannya secara rinci ke perusahaan asuransi.

Waktu yang Tepat untuk Melaporkan Bencana Banjir

Biasanya perusahaan asuransi akan memproses klaim asuransi mobil yang kebanjiran bila laporan diajukan maksimal 72 jam pasca kejadian. Itulah sebabnya Anda tak boleh menunda laporan saat banjir mulai merendam mobil Anda. Supaya pihak asuransi bisa lekas memproses klaim Anda dan menyelamatkan mobil yang masih terendam banjir.

Menyiapkan Dokumen untuk Proses Klaim

Setelah melaporkan kejadian banjir via telepon, langkah selanjutnya yang mesti Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai dokumen untuk proses klaim. Biasanya Anda mesti menyiapkan nomor polis, fotokopi surat-surat kelengkapan mobil, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sejumlah dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan pada polis.

Bila memungkinkan, sebaiknya Anda juga mendokumentasikan kondisi banjir saat Anda meninggalkan mobil. Dokumentasi berupa foto atau video merupakan bukti otentik yang kuat untuk diajukan ke perusahaan asuransi. Karena bukti tersebut menunjukkan kejadian sebenarnya yang terjadi ketika Anda bergegas meninggalkan mobil di tengah banjir.

Mengisi Formulir Pengajuan Klaim

Selanjutnya, Anda juga wajib mengisi formulir pengajuan klaim sesaat setelah melapor ke perusahaan asuransi. Selain mengisi fomulir secara manual, kini banyak pula perusahaan asuransi yang menyiapkan formulir klaim online. Anda dapat mengaksesnya secara mudah tanpa mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi.

Nanti, nomor klaim pada formulir online tersebut harus disimpan baik-baik sebagai bukti pengajuan klaim. Jangan lupa mengontak perusahaan asuransi jika proses klaim Anda belum mendapatkan tanggapan.

Mengawasi Proses Perbaikan Mobil

Bila mobil Anda sudah diamankan oleh petugas derek, Anda mesti mencari tahu lebih lanjut mengenai proses perbaikannya. Pastikan bahwa mobil Anda mendapatkan servis terbaik dari bengkel rekanan perusahaan asuransi yang berpengalaman.

Selain itu, jangan lupa melakukan follow up agar proses perbaikan berlangsung lebih cepat. Anda tentu tak ingin menunggu lama hingga membuat aktivitas Anda jadi terbengkalai bukan?

Waktu perbaikan mobil biasanya bergantung pada tingkat kerusakan. Namun, perbaikan mobil yang berasal dari proses klaim asuransi biasanya berlangsung lebih lama karena harus mengantre. Itulah sebabnya Anda mesti melakukan follow up untuk memastikan bahwa mobil Anda benar-benar ditangani secara profesional.

Kondisi Indonesia yang rawan bencana alam memang membuat Anda harus ekstra hati-hati. Lindungi mobil Anda dengan asuransi berkualitas. Perusahaan asuransi yang reputasinya baik tentu menyediakan produk asuransi mobil kebanjiran dengan layanan berkualitas. Sehingga asuransi tersebut dapat memberikan proteksi maksimal sesuai kebutuhan Anda. 

Jangan tunda keinginan untuk memiliki asuransi mobil berkualitas. Kini, Anda bisa mulai mencari informasi selengkapnya melalui internet. Bandingkan beberapa produk asuransi mobil agar bisa menentukan keputusan secara mantap. Karena asuransi mobil yang tepat akan melindungi mobil sekaligus kondisi finansial Anda dari risiko tak terduga.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *