Simak 5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Kucing di Rumah Beserta Bahan Alaminya!

Jul - 13
2021
cara membasmi kutu kucing

Simak 5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Kucing di Rumah Beserta Bahan Alaminya!

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Bagi orang-orang yang menyukai binatang, terutama kucing pastinya kalian sering menemukan kutu kucing bertebaran di rumah. Hal itu bisa terjadi, karena kucing jarang dimandikan atau dibiarkan berkeliaran di luar rumah. Kutu yang berkeliaran di rumah tentunya sangat mengganggu bukan? Yuk simak cara membasmi kutu kucing di rumah selengkapnya disini!

 

5 Cara Membasmi Kutu Kucing di Rumah

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian terapkan dengan mudah:

– Gunakan insektisida

Jika kutu sudah banyak berkeliaran, maka solusi pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menyemprotkan insektisida. Kalian bisa dengan mudah mendapatkan insektisida di toko-toko hewan kok! Baca terlebih dahulu aturan pakai agar manfaat yang didapatkan lebih efektif.

– Mandikan kucing

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan memandikan kucing. Kucing yang tidak dimandikan berminggu-minggu membuat badan mereka menjadi sarang kutu. Gunakan sampo khusus yang dapat mencegah kutu, kalian bisa dengan mudah mendapatkan sampo tersebut di toko hewan peliharaan terdekat. Otomatis jika tidak dimandikan kutu dapat terus bermunculan.

– Menggunakan penyedot debu

Penyedot debu dapat menyedot kutu-kutu yang tidak terlihat. Pastikan kalian menggunakan penyedot di area-area yang sering ditempati oleh kucing kalian. Bersihkan rumah kalian secara rutin agar kutu tidak semakin banyak ya!

– Cuci rutin barang-barang kucing kalian

Kandang, alas tidur, mainan kucing, box pasir harus rutin kalian cuci. Dengan begitu kutu tidak dapat berkembang biak di barang-barang kucing kalian. Jangan lupa sofa, bantal di rumah kalian harus dicuci juga secara rutin ya!

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Pipa Air yang Kotor atau Tersumbat secara Ampuh

– Jangan terlalu sering membiarkan kucing berkeliaran di luar rumah

Jika kucing dibiarkan terus-terusan berada di luar rumah pastikan kalian selalu memandikan kucing setelah mereka bermain di luar ya! Hal ini bertujuan agar kutu tidak menempel di badan kucing lalu berkembang biak.

 

Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Membasmi Kutu

Jika sudah mengetahui cara-caranya mari simak apa saja bahan alami yang dapat kalian gunakan untuk membasmi kutu:

– Bunga lavender

Cara menggunakan bahan satu ini adalah dengan merendam lavender di air semalaman. Keesokan harinya kalian bisa menyemprotkan air rendaman ke bulu kucing agar kutu mati semua.

– Sabun cuci piring

Sedikit yang tahu, bahwa sabun cuci piring ternyata dapat membasmi kutu kucing. Caranya adalah dengan mencampurkan sabun cuci piring ke air lalu disemprotkan ke bulu kucing kalian. Jika ingin yang lebih mudah, gunakan sedikit sabun cuci piring lalu gosokkan ke bulu kucing kemudian bilas.

– Lemon

Asam sitrat yang terdapat pada lemon terbukti ampuh membunuh kutu kucing. Rebus satu atau dua potong lemon dan diamkan selama beberapa jam sampai meresap. Jika sudah tiriskan air dan masukkan air rendaman lemon ke botol semprot. Semprotkan pada seluruh bulu kucing agar kutu terbasmi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid